Apa Penyebab Jantung Bengkak yang Sering Dialami Manusia?

By | April 2, 2018

Apa penyebab jantung bengkak? Semua orang di dunia ini tentu saja menginginkan badan yang sehat dan bugar bukan? Salah satu organ penting yang bisa mempengaruhi kesehatan kita adalah jantung. Jantung adalah salah satu organ paling penting manusia yang mana manusia harus menjaganya dengan baik sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga.

Salah satu masalah pada jantung yang sering dialami oleh masyarakat saat ini adalah jantung bengkak. Jantung bengkak bukanlah salah satu kondisi yang bisa dianggap sepele, namun tahukah Anda mengenai apa penyebab jantung bengkak? Jika belum tahu maka anda harus mengetahuinya sehingga bisa melakukan pencegahan secara pasti ya. Oleh karena itu kali ini kami memberikan sebuah informasi yang bermakna bagi Anda. Berikut adalah ulasannya :

apa penyebab jantung bengkak

  1. Keturunan

Pernahkan Anda mendengar jika ada sebuah penyakit yang juga bisa disebabkan akrena faktor keturunan atau gen. Selain penyakit seperti diabetes, berbagai macam-macam penyakit jantung juga biasanya bisa disebabkan karena keturunan atau faktor genetik. Nah salah satunya adalah penyakit jantung bengkak ini.

Penyakit Jantung bengkak ternyata adalah salah satu dari ratusan masalah kesehatan yang bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik. Artinya orangtua yang menderita penyakit jantung bengkak ini juga bisa menurunkan kondisi yang sama pada anak mereka. Sehingga ketika Anda mengalami jantung bengkak, maka ingat-ingatlah apa mungkin orangtua atau kakek nenek Anda pernah punya riwayat penyakit jantung bengkak atau tidak? Jika iya, maka penyakit jantung yang Anda alami bisa jadi karena faktor keturunan ya.

Baca juga  11 Ciri-Ciri Jantung Bermasalah yang Wajib Disadari
  1. Tekanan darah tinggi

Hal kedua yang bisa menyebabkan Anda mengalami  jantung yang bengkak adalah darah tinggi atau hipertensi. Saat ini mungkin banyak sekali orang yang menderita darah tinggi dan sering mengeluhkan gejalanya. Namun sayang masih sedikit orang yang mempedulikan darah tinggi mereka. Lebih banyak lagi orang yang mengabaikan hipertensi karena mungkin penyakit ini dianggap sebagai sepele. Darah tinggi yang diderita manusia ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras lagi karena harus memompa darah ke seluruh tubuh secara ekstra. Efek sampingnya, akhirnya atrium bagian kanan dan kiri jantung bisa membesar dan membengkak. Jika itu terjadi dalam jangka waktu yang lama maka bisa menimbulkan jantung yang bengkak dan bisa membahayakan nyawa.

  1. Rusaknya katup jantung

Penyebab ketiga mengapa Anda bisa mengalami jantung bengkak adalah mungkin karena Anda mengalami rusaknya katup jantung. Katup jantung yang rusak ini bisa membuat jantung tidak bisa bekerja dengan baik dan akhirnya bisa membuat jantung Anda bengkak. Untuk mengetahui katup jantung yang rusak atau tidak maka Anda harus melakukan pemeriksaan ya, karena jika tidak melakukan pemeriksaan maka tidak bisa dideteksi apakah itu memang kerusakan katup atau bukan. Dan yang harus Anda ketahui, kerusakan katup jantung ini disebabkan karena beberapa faktor juga ya, seperti misalnya demam rematik, kerusakan jantung akut, penggunaan obat-obatan tertentu, sampai bisa karna radiasi penyembuhan penyakit kanker.

Baca juga : obat alami stroke

  1. Anemia

Apa penyebab jantung bengkak? Penyebab dari jantung bengkak yang keempat adalah anemia atau kekurangan darah. Anemia adalah kondisi dimana tubuh tidak memiliki jumlah sel darah merah sehat yang cukup sehingga tidak bisa membawa oksigen dengan baik. Anemia ini jika tidak segera diatasi dengan baik maka bisa menyebabkan Anda mengalami gejala anemia akut. Ketika anemia berubah menjadi anemia akut maka akan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan sehingga bisa membuat kerja jantung jadi lebih berat dan bahkan bisa menyebabkan jantung Anda menjadi bengkak. Oleh karena itu jika saat ini Anda memiliki riwayat penyakit anemia maka kami menyarankan supaya Anda segera  mengatasinya sehingga tidak sampai berubah menjadi jantung bengkak. Sebaiknya anda membaca juga artikel tentang pengobatan penyakit jantung

  1. Gangguan tiroid

Tidak hanya beberapa faktor di atas ya, jantung bengkak ini bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu mengapa penting sekali Anda memperhatikan apa saja yang bisa menyebabkan jantung bengkak. Salah satu penyebab yang bisa membuat Anda mengalami jantung bengkak adalah gangguan tiroid. Masalah pada tiroid yang Anda alami seperti misalnya kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau sering disebut sebagai hipertiroidisme dan juga tiroid yang kurang aktif atau disebut sebagai hipotirodisme ini bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada jantung. Salah satunya adalah pembengkakan jantung. Oleh karena itu mulai saat ini sebaiknya jika mengalami gangguan tiroid sebisa mungkin Anda rutin mengontrol kondisi ke dokter dan melakukan pengobatan secara rutin supaya gangguan tiroid yang Anda alami tidak sampai berubah jadi masalah jantung.

Baca juga : gejala penyakit jantung koroner

  1. Amilodosis

Jantung yang bengkak tidak bisa Anda abaikan begitu saja, jika Anda ingin terhindar dari masalah jantung bengkak atau mungkin sudah mengalaminya dan ingin mengetahui lebih jelas apa saja yang bisa menyebabkan jantung bengkak maka Anda harus memperhatikan ulasan ini. Jantung bengkak yang manusia alami itu ternyata juga bisa dipengaruhi oleh penyakit langka. Amilodosis adalah salah satu jenis penyakit langka yang mana protein abnormal itu ada di dalam darah sehingga bisa disimpan di dalam jantung dan bisa menganggu fungsi kerja bantung. Efek sampingnya bahkan bisa membuat jantung manusia menjadi bengkak.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai apa penyebab jantung bengkak. Sekarang Anda sudah tahu kan semua informasi mengenai penyebab jantung bengkak. Kami berharap, informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Semoga artikel yang kami berikan ini membantu dan berguna bagi Anda semuanya!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2