6 Cara Cek Kesehatan Jantung Yang Mudah dan Efektif

By | April 14, 2018

Cara Cek Kesehatan Jantung – Perlu diketahui, Jantung adalah organ tubuh vital pada manusia. Oleh karena itu, kesehatan jantung ini harus selalu kita jaga. Adapun memeriksa kesehatan jantung merupakan kewajiban yang harus dilakukan minimal sekali dalam setahun, sebab seringkali penyakit jantung menyerang secara tiba-tiba. Pada kesempatan kali ini, kami akan berikan beberapa tips yang merupakan cara cek kesehatan jantung yang mungkin bisa jadi referensi terbaik untuk Anda hanya di IcpCapsule.Net

Cara Cek Kesehatan Jantung Anda

1. Cek keadaan lidah.

Lidah merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung. Bila Anda ingin mencobanya, Anda bisa melihat kondisi lidah Anda di cermin. Jika lidah Anda tampak berwarna kemerah-merahan, maka berarti, Anda masih dalam keadaan sehat-sehat saja. Lain halnya jika warna lidah Anda tidak tampak berwarna kemerahan. Artinya pasokan oksigen pada tubuh termasuk menuju lidah dari jantung cukup optimal. Jika lidah Anda terlihat berwarna sedikit ungu, maka ini berarti bahwa ada masalah atau ada sesuatu yang kurang baik pada jantung Anda. Mungkin saja, jantung Anda sedang dalam keadaan yang kurang sehat. Untuk itu jika Anda mengalami keadaan seperti ini, Anda bisa langsung segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: cara agar jantung kuat

2. Cek keadaan kaki.

Selain lidah, kaki juga merupakan bagian dari tubuh yang bisa digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung Anda secara manual dan sederhana. Pada dasarnya, kaki tidak hanya digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung saja, tapi juga bisa digunakan sebagai indikator untuk memeriksa kesehatan organ tubuh lainnya, seperti mata dan lambung. Kembali pada kesehatan jantung, dimana kesehatan jantung kita ini bisa dilihat dari kaki kita. Sehat atau tidaknya jantung Anda bisa diprediksi melalui bulu kaki Anda. Jika area jempol kaki dan tempurung kaki ditumbuhi bulu halus, maka hal ini menandakan bahwa jantung Anda dalam keadaan sehat-sehat saja. Namun bila Anda tak menjumpai bulu halus di area kaki yang telah disebutkan tadi, maka bolehlah Anda melakukan pemeriksaan kesehatan jantung dengan cara yang lainnya.

Baca juga  Ciri Penyakit Jantung Koroner - Pasti Anda Tau!

3. Cek warna kuku.

Kuku juga bisa dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui apakah jantung Anda berada dalam kondisi yang sehat atau tidak. Jika kuku Anda saat ini tampak berwarna putih kemerah-merahan, maka Anda tak perlu merasa khawatir  sebab hal ini menandakan bahwa jantung Anda sedang berada dalam kondisi yang sangat prima. Namun jika kuku Anda tampak berwarna keunguan, Anda perlu berhati-hati sebab hal ini bisa saja menandakan bahwa jantung Anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat, namun Anda tak menyadarinya. Bila memang hal ini terjadi, Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai kesehatan Anda. Adapun, untuk sekedar informasi, jika kuku Anda memiliki warna sedikit kekuningan, maka ini berarti bahwa Anda adalah seorang perokok aktif. Sebaiknya, Anda segera mengurangi konsumsi rokok Anda demi menjaga kesehatan jantung supaya tetap optimal.

Baca juga: obat tradisional jantung bengkak

4. Cek kondisi mata.

Selain sebagai bagian dari panca indra dengan fungsinya sebagai alat penglihatan, mata juga dapat digunakan sebagai salah satu cara cek kesehatan jantung kita. Mata yang normal umumnya menandakan adanya kesehatan dalam tubuh seseorang. Namun, pada saat Anda memeriksa mata Anda dan tampak lingkaran putih di sekitar mata, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, sebab hal ini menandakan bahwa keadaan jantung Anda sedang kurang baik. Memang, pada dasarnya, adanya lingkaran putih di sekitar mata itu tidak selalu menggambarkan keadaan jantung. Beberapa orang beranggapan bahwa lingkaran putih di sekitar mata itu merupakan gejala awal dari penyakit katarak. Apapun anggapan yang Anda miliki, jika Anda melihat hal yang tak normal pada mata Anda, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter supaya dapat menerima informasi yang lebih tepat dan akurat mengenai kesehatan organ tubuh Anda, termasuk kesehatan bagian jantung.

5. Perhatikan telapak tangan.

Selain lidah, kaki, kuku, dan mata, ada pula telapak tangan yang dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung . Namun, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung melalui kondisi telapak tangan ini bisa dibilang cukup susah, sebab pemeriksaan jantung dengan cara ini haruslah dilakukan pada saat tubuh Anda sedang dalam keadaan kedinginan. Pada saat tubuh Anda kedinginan, lihatlah warna pada telapak tangan Anda. Apabila telapak tangan Anda pada saat itu berwarna kemerahan, berarti Anda dalam keadaan sehat dengan kondisi jantung yang sehat pula. Namun, jika telapak tangan anda berwarna keunguan, maka Anda perlu lebih waspada, sebab telapak tangan yang berwarna keunguan menandakan adanya kondisi jantung yang tidak prima atau kurang sehat.

Baca juga: obat pembengkakan jantung

6. Tes kesehatan EKG Jantung

Tes kesehatan jantung, seperti yang telah dibahas sebelumnya, bisa dilakukan secara manual. Namun hal ini tidaklah akurat. Pemeriksaan kesehatan jantung yang efektif dan akurat tentunya harus dilakukan secara medis, yakni melalui tes  Elektrokardiogram (EKG). Pemeriksaan EKG bertujuan untuk memeriksa ritme detak jantung, kekuatan, serta kecepatan detak jantung. Pemeriksaan EKG umumnya dilakukan oleh dokter spesialis jantung dimana umumnya hal ini hanya memakan waktu antara 5 sampai 10 menit saja. Hasil tes EKG umumnya berbentuk grafis yang susah untuk dipahami oleh kaum awam seperti kita. Namun, melalui hasil tes EKG ini, dokter akan memberi informasi dan penjelasan pada kita mengenai deskripsi dari hasil tes, dimana penjelasan dokter itu antara lain meliputi kondisi ritme jantung Anda, penyebab sesak napas yang Anda alami, penyebab nyeri pada dada Anda, dan lain sebagainya. Adapun perlu untuk diketahui pula bahwa pemeriksaan EKG ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan bahkan tergolong mahal.

Demikianlah beberapa cara cek kesehatan jantung yang mudah dilakukan sendiri. Jangan lupa untuk melakukan beberapa tips di atas demi memantau kondisi kesehatan jantung Anda. Sehingga resiko mengalami penyakit serangan jantung dapat lebih kecil atau diatasi sejak dini. Baca juga cara mencegah serangan jantung mendadak disini.

😡
☹️
😐
☺️
😍