6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Paling Ampuh

By | April 14, 2018
cara mencegah penyakit jantung

Tentu saja semua orang ingin memiliki hidup yang sehat kan? Namun sayangnya beberapa orang justru mengalami penyakit. Bahkan dari beberapa penyakit yang bisa mengancam nyawa seperti misanya penyakit jantung. Bagi Anda yang sampai saat ini masih diberi kesehatan maka kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai hal yang harus Anda lakukan sehingga Anda bisa melakukan pencegahan ya.

Kali ini kami akan membahas mengenai penyakit jantung dan akan memberikan info penting mengenai cara mencegah penyakit jantung sehingga Anda tidak sampai mengalami penyakit yang satu ini. Tidak usah berlama-lama, berikut adalah informasi pentingnya untuk Anda :

cara mencegah penyakit jantung

  1. Hentikan merokok

Banyak sekali masyarakat yang masih suka merokok padahal sudah tahu jika kegiatan yang satu ini merugikan. Selain menambah pengeluaran, merokok juga bisa membuat Anda mengalami berbagai macam penyakit. Merokok bisa menyebabkan Anda mengalami berbagai masalah kesehatan yang serius ya. Salah satu hal yang bisa Anda alami jika merokok adalah Anda akan mengalami resiko terkena serangan jantung. Dan selain itu jika Anda masih suka merokok setiap harinya maka Anda akan mengalami juga kenaikan darah tinggi atau yang sering kita sebut sebagai hipertensi. Jika Anda terkena hipertensi maka tentu saja penyakit lainnya akan lebih mudah untuk datang. Selain itu dengan merokok juga bisa menyebabkan Anda mengalami aterosklerosis (penumpukan lemak di dalam darah). So, mulai sekarang sebisa mungkin jauhi merokok ya. Karena itu bisa sangat merugikan Anda.

  1. Memperhatikan makanan yang masuk

Tentu saja Anda menginginkan hidup yang sehat dan juga terhindari dari berbagai penyakit terutama penyakit jantung. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga terhindar dari berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung maka sebaiknya mulai sekarang Anda mulai memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Lakukan diet sehat dengan memilih pola makan yang sehat dan bergizi. Jika Anda ingin melakukan pencegahan penyakit jantung maka hindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan juga lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak itu bisa menyebabkan aliran darah terganggu dan juga bisa menyebabkan kolsterol tinggi tertimbun di tubuh Anda dan dapat menyebabkan Anda mengalami serangan jantung dan penyakit jantung yang lainnya.

Baca juga  Penyakit Jantung Kongenital – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Baca juga : penyebab Aritmia Jantung

  1. Perhatikan berat badan Anda

Cara mencegah penyakit jantung yang ketiga adalah dengan memperhatikan berat badan Anda. Orang yang memilki berat badan berlebih atau memiliki kondisi obesitas cenderung memiliki resiko untuk terkena penaykit jantung ya. Oleh karena itu ada baiknya untuk mencegahnya dengan memperhatikan berat badan Anda. Jangan memiliki berat badan yang berlebih ya, kami sarankan supaya memilki berat badan yang normal dan sesuai dengan BMI. Jika saat ini Anda mengalami keluhan berat badan yang berlebih maka kami sarankan supaya Anda melakukan diet sehat dan memperhatikan juga makanan sehat sehingga berat badan berlebih bisa turun dengan cepat tanpa menyiksa diri Anda sendiri.

  1. Olahraga secara teratur

Tips kelima yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung adalah dengan melakukan olahraga secara rajin dan juga teratur. Mungkin banyak dari Anda yang sampai saat ini malas berolahraga dan juga bahkan enggan berolahraga, karena banyak alasan misalnya saja tak punya waktu atau mungkin bahkan tidak bisa olahraga. Namun jika Anda ingin memiliki hidup yang sehat maka kami sarankan supaya Anda mulai berolahraga saat ini. Banyak sekali jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung misalnya saja bersepeda, jogging, jalan santai, sampai berenang. Selain bisa membantu Anda untuk mencegah penyakit jantung, olahraga juga bisa membuat tubuh Anda jadi lebih bugar dan sehat ya. Yuk mulai sekarang jangan lagi malas untuk berolahraga!

Baca juga : buah untuk jantung berdebar

  1. Kurangi minuman alkohol

Banyak sekali masyarakat yang menjadi seorang alcoholic. Mungkin salah satunya adalah Anda? Menjadi seorang alcoholic memang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan mungkin akan sulit untuk dihilangkan ya. Walau mungkin rasanya enak dan juga sensasi dari minuma alkohol sendiri mengasyikkan, maka kami sarankan supaya mulai saat ini Anda mulai mengurangi minum-minuman alkohol dan jenis minuman keras lainnya. Karena salah satu efek samping dari sering konsumsi minuman alkohol adalah Anda bisa mengalami resiko penyakit jantung karena dengan minum alkohol juga bisa membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi ya. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin mengalami penyakit jantung maka kami sarankan supaya Anda mengurangi konsumsi alkohol mulai saat ini.

  1. Kurangi asupan garam
Baca juga  Obat Angina Pektoris

Banyak orang yang suka makanan yang asin-asin, oleh karena itu banyak sekali yang menambahkan banyak garam ke dalam makanannya. Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit jantung maka mulai saat ini jauhi dan kurangi asupan garam ke dalam makanan Anda ya. Karena garam bisa membuat tekanan darah tinggi manusia jadi melonjak. Selanjutnya Anda bisa mengalami resiko terkena berbagai penyakit jantung misalnya saja serangan jantung yang bisa membuat Anda sampai mengalami kematian. Tidak masalah jika makanan Anda agak hambar, asal Anda selalu sehat ya.

Baca juga : Jenis jenis penyakit jantung

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai cara mencegah penyakit jantung. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi Anda semua ya~ Semoga dengan infromasi yang kami berikan ini Anda bisa selalu sehat dan terhidar dari berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung.

😡
☹️
😐
☺️
😍