Cara Minum Obat Isosorbide Dinitrate Beserta Kegunaannya

By | April 16, 2018

Cara Minum Obat Isosorbide Dinitrate – Banyak yang bertanya bagaimana cara minum ISDN ini? Nah kali ini Kami akan menjelaskan secara rinci mulai dari kegunaan, manfaat, dan cara minum dari Obat anti nyeri dada saat serangan jantung terjadi yaitu Isosorbide Dinitrate. Versi herbal dari ISDN ini adalah ICP Capsule yang manfaatnya sama sebagai obat Emergency saat terjadi serangan jantung mendadak.

Jika Anda mengalami penyakit maka tentu saja Anda harus mengkonsumsi obat ya, namun jika Anda mengkonsumsi obat-obatan tentu saja Anda harus memperhatikan obat yang Anda konsumsi ya. Karena obat yang akan masuk ke dalam tubuh Anda juga bisa mempengaruhi kerja tubuh ya. Jangan sampai Anda mengkonsumsi obat sembarangan karena efeknya bisa fatal sampai mengalami overdosis dan kematian ya. Kali ini kami akan membahas informasi mengenai obat bernama isosorbide dinitrate ya. Tepatnya kali ini kami akan memberikan info mengenai cara minum obat isosorbide dinitrate ya. Tidak usah berlama-lama ini dia informasi :

Kegunaan dari isosorbide dinitrate

cara minum obat isosorbide dinitrate

Seperti yang sudah kita bahas di atas jika sebelum mengkonsumsi obat terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sih kegunaan dari obat itu ya. Sehingga tidak sampai salah mengkonsumsi obat itu ya. Kali ini kita akan membahas obat isosorbide dinitrate. Lalu apa kegunaan dan manfaat dari obat isosorbide dinitrate ini? Isosorbide dinitrate ini berfungsi untuk mengatasi penyakit jantung. Namun tidak semua jenis penaykit jantung yang bisa diatasi oleh obat ini ya, hanya penyakit jantung koroner saja. Selain itu isosorbide dinitrate juga bisa mengatasi nyeri pada dada atau yang dalam dunia medis disebut sebagai angina pektoris. Obat ini bermanfaat untuk membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir dengan lancar ya.

Baca juga  10 Obat Tradisional Jantung Berdebar

Waktu untuk mengkonsumsi isosorbide dinitrate

Mungkin bagi Anda yang belum pernah megnkonsumsi obat ini dan baru-baru saja harus mengkonsumsi isosorbide dinitrate maka Anda harus tahu ya infromasi tentang waktu minum dari obat isosorbide dinitrate ini. isosorbide dinitrate adalah salah satu jenis obat yang harus Anda konsumsi sebelum Anda beraktivitas ya, Anda harus mengkonsumsi obat isosorbide dinitrate ini sebelum anda melakukan aktifitas fisik yang agak berat misalnya saja seperti berolalhraga dan juga bekerja. Karena orang yang mengalami jantung koroner pada umumnya mengalami nyeri dada ketika sedang beraktifitas fisik ya, oleh karna itu obat ini baik dikonsumsi sebelum melakukan aktifitas fisik untuk mencegah terjadinya nyeri jantung koroner itu.

Baca juga : Bahaya Jantung Lemah

Cara minum obat isosorbide dinitrate (ISDN)

Untuk cara mengkonsumsi obat isosorbide dinitrate ini sebenarnya sama saja dengan cara mengkonsusmi obat lainnya ya. Untuk mengkonsumsi isosorbide dinitrate ini Anda harus minum obat ini sesuai dengan resep dan anjuran yang sudah dokter berikan ya. Jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping dan juga bahkan bisa menyebabkan Anda mengalami overdosis ya. Untuk penderita jantung koroner yang sudah diberi resep dokter, biasanya harus mengkonsumsi obat ini sebanyak 3-4 kali setiap harinya.

Selain itu kami sarankan supaya langsung menelan obat ini ya. Jangan menggerus atau mengunyah kapsul isosorbide dinitrate ini karena bisa menyebabkan Anda mengalami resiko efek samping ya. Jika Anda mengalami sublingual maka simpan saja obat ini di bawah lidah sampai obat larut ya. Jangan sampai menurunkan atau menaikkan dosis isosorbide dinitrate ini dan konsumsi saja sesuai dengan aturan dan saran dari dokter ya.

Baca juga  6 Macam Obat Herbal Jantung Koroner Wajib Dicoba

Baca juga : cara mencegah penyakit jantung

Efek samping dari obat isosorbide dinitrate

Seperti yang kita ketahui jika semua obat memiliki efek samping ya. Namun tidak semua orang mengalami efek samping dari obat itu ya. Hanya beberapa orang dengan kondisi atau alergi tertentu saja yang mengalami itu. Sama seperti obat yang lainnya juga ya, isosorbide dinitrate juga memiliki efek samping bagi Anda. Oleh karena itu simaklah beberapa efek samping dari obat isosorbide dinitrate ini ya :

  • Alergi ringan

Jika Anda mengkonsumsi isosorbide dinitrate maka mungkin saja Anda bisa mengalami yang namanya alergi ringan. Alergi ringan itu umumnya menunjukkan gejala yang tidak berbahaya dan dengan penanganan maka alergi itu bisa segera hilang ya. Jika setelah Anda mengkonsumsi obat isosorbide dinitrate Anda mengalami pusing, perasaan tubuh ringan dan seperti melayang, rasa leher yang panas dan merah. Maka itu Anda mengalami yang namanya alergi ringan karena efek samping dari obat isosorbide dinitrate ya.

  • Alergi berat

Selain beberapa orang yang mengalami alergi yang ringan, ada juga beberapa kasus dimana penderita mengalami alergi berat karena mengkonsumsi obat isosorbide dinitrate. Karena jika alergi berat ini dibiarkan saja maka bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa efek samping yang lebih parah dan bisa saja fatal, maka karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa gejala jika Anda menglami alergi berat. Anda akan mengalami ruam dan gatal di sekujur tubuh, sesak napas, bengkak pada beberapa bagian seperti mulut, denyut jantung jadi lemah atau cepat, muntah dan mual, bahkan sampai tak sadarkan diri. Baca juga obat jantung koroner paling ampuh

Jika Anda mengalami beberapa ciri dari alergi itu maka Anda bisa dipastikan mungkin mengalami efek samping. Oleh karena itu kami sarankan supaya sementara menghentikan konsumsi obat jika dirasa mengalami beberapa gejala. Selain itu konsultasikan juga ke dokter mengenai hal ini sehingga dosis obat yang diberikan bisa lebih pas dan tidak menimbulkan rekasi yang berlebihan seperti ini ya.

Baca juga  Manfaat Obat Tradisional Jantung Bengkak

Baca juga : Tanaman obat jantung koroner

Nah itu dia beberapa infromasi yang bisa kami berikan mengenai cara minum obat isosorbide dinitrate ya. Pastikan membeli obat ini hanya dengan resep dokter karena obat ini termasuk ke dalam obat keras yang akan berbahaya jika disalahgunakan ya. Selain itu minum obat ini juga sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Semoga artikel yang kami berikan kali in bermanfaat bagi Anda semunya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍
1/5😡1