11 Ciri-Ciri Jantung Bermasalah yang Wajib Disadari

By | June 3, 2018

Ciri-Ciri Jantung Bermasalah adalah hal yang perlu untuk diperhatikan. Banyak sekali kasus orang meninggal dadakan akibat tidak menyadari adanya ciri-ciri penyakit jantung yang ada pada dirinya seperti nyeri dada. Coba perhatikan teman Anda, atau mudahnya, Anda sendiri. Ketika Anda kurang tidur atau tidak memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas, tanda-tanda apa yang dapat Anda temui? Kantung mata, kurang konsentrasi, cenderung sensitive dan pemarah, mungkin menjadi sederet ciri orang kurang tidur yang paling umum Anda temui. Bukan hanya kurang tidur saja, tetapi setiap masalah kesehatan yang Anda alami tentu akan menampakkan ciri tertentu yang membuat Anda yakin, bukan?

Ciri-ciri jantung bermasalah nyeri dada

Sakit jantung tak jauh berbeda dari itu. Walau berbeda penyakit memiliki gejala berbeda, pada tahap awal mereka memiliki ciri yang serupa. Apabila Anda mengenali ciri tersebut dari awal jauh sebelum penyakit semakin parah, maka Anda beruntung. Tentu setelah mengetahui jantung Anda bermasalah, Anda akan mengupayakan langkah selanjutnya mulai dari memeriksakan diri, mengubah kebiasaan buruk, dan bahkan berusaha mengobatinya, bukan? Untuk itu, pemahaman akan ciri jantung bermasalah dipandang penting.

11 Gejala dan Ciri Jantung Bermasalah

  1. Nyeri dada

Nyeri dada, yang dikenal juga dengan angina, mungkin merupakan ciri penyakit jantung yang paling mencolok dan mudah dikenali, berhubung lokasinya sendiri seringkali di area jantung kita. Rasa nyeri seperti diremas yang berulang ini pelu Anda waspadai. Untuk penderita penyakit jantung biasanya merasakan sakit dada sebelah kiri.

  1. Kelelahan

Kalau Anda kelelahan setelah beraktivitas berat tanpa istirahat cukup, mungkin hal itu lumrah. Namun bagaimana jika Anda terlalu mudah lelah bahkan tanpa melakukan aktivitas yang berarti? Kelelahan berarti anggota tubuh kita tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup, atau sel darah merah yang terlalu sedikit jumlahnya. Kedua hal tersebut dapat berkaitan dengan kesehatan jantung kita.

  1. Mudah berkeringat
Baca juga  Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak - Jenis dan Penyebabnya

Tidak mampu mengeluarkan keringat tentu akan menyiksa. Tetapi, keringat berlebih juga tidak baik. Perhatikan, bila Anda berkeringat tanpa melakukan aktivitas yang berarti, apabila gejala penyakit jantung yang lain juga turut serta, mungkin saatnya Anda memeriksakan diri.

  1. Sesak napas

Sama halnya dengan poin ketiga dan keempat, sesak napas dapat dicurigai bila hal tersebut mulai terjadi pada saat tidak melakukan aktivitas berat.

  1. Mual

Penderita penyakit jantung seringkali juga mengalami gangguan di area pencernaan berupa rasa mual dan ingin muntah yang disertai rasa tidak enak di area perut atas.

  1. Jantung berdebar

Baik jantung berdebar terlalu cepat atau terlalu lambat, keduanya sama-sama menunjukkan keadaan jantung yang tidak sehat atau tidak normal.

  1. Sakit kepala

Aliran darah yang tidak lancar dapat memengaruhi pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Ketika otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup, maka mungkin kepala Anda akan terasa sakit.

  1. Pusing
  2. Edema
  3. Kebiasaan mendengkur
  4. Kulit pucat

Walau Anda perlu waspada, Anda tidak perlu cemas berlebihan, apalagi stress. Perhatikan apa yang terjadi pada tubuh Anda. Gejala dan Ciri-ciri jantung bermasalah diatas berkaitan satu sama lain, tentu terlalu ceroboh bila mendiagnosa terlalu dini hanya dengan melihat satu ciri yang muncul. Namun bagaimanapun, jaga dan pelihara kesehatan sebisa mungkin melalui gaya hidup yang berubah menjadi lebih baik dan bersahabat dengan jantung Anda.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍3