Congestive Heart Failure (CHF) – Pengertian Hingga Pencegahan

By | April 14, 2018

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit jantung maka tentu saja harus memperhatikan kondisi jantung Anda. Karena penaykit jantung adalah salah satu jenis peyakit yang bisa menyebabkan Anda mengalami berbagai hal fatal sampai kematian. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas informasi mengenai congestive heart failure (CHF) atau yang dalam bahasa Indonesia kita sebut sebagai penyakit gagal jantung.

Penyakit ini sendiri sudah lebih dari 150 kasus per tahunnya di Indonesia. Sehingga bisa disebut sebagai penyakit yang rawan dan juga berbahaya. Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai gagal jantung :

Pengertian CHF / Gagal Jantung

Congestive Heart Failure (CHF)

Banyak sekali masyarakat yang salah mengartikan jika penyakit gagal jantung atau CHF ini. Banyak sekali masyarakat yang menyangka jika gagal jantung itu artinya jantung berhenti berdetak dan bekerja. Lebih tepatnya CHF atau gagal jantung adalah penyakit yang mana kekuatan memompa darah jantung lebih lemah daripada keadaan normal. Karena pompa jantung yang lemah,a kibatnya beberapa organ tidak menerima darah kaya oksigen dengan baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sehingga menimbulkan beberapa kondisi dan gejala tertentu yang jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan Anda mengalami konfisi yang fatal dan membahayakan ya.

Penyebab CHF / Gagal Jantung

Anda juga harus mengetahui informasi mengenai apa saja yang menyebabkan gagal jantung atau CHF ya. Salah satu yang bisa menyebabkan gagal jantung adalah riwayat mengalami serangan jantung. Jika seseorang pernah mengalami serangan jantung maka otot jantung kemunngkinan akan rusak sehingga ia mengalami CHF. Selain itu penyebab mengalami CHF juga bisa terjadi karena kondisi jantung yang bekerja terlalu keras pada penderita penyakit tiroid, penyakit ginjal, diabetes, hipertensi, dan penyakit berat lainnnya. Selain itu juga bisa menjadi komplikasi dari penyakit jantung koroner.

Baca juga  Ciri2 Penyakit Jantung Lemah dan Koroner

Baca juga : ciri ciri jantung lemah

Gejala CHF / Gagal Jantung

Setelah mengetahui informasi mengenai penyebab dari congestive heart failure (CHF). Sekarang ini saatnya kami memberitahukan informasi kepada Anda mengenai apa saja gejala dari penyakit gagal jantung ini. Inilah beberapa gejalanya :

  • Tubuh yang lemas dan merasa kelelahan

Gejala pertama yang bisa Anda rasakan jika mengalami CHF adalah Anda akan merasakan tubuh yang mudah lelah dan bahkan bisa merasa lemas ya. Anda bisa mengalami itu karena pasokan darah ke seluruh organ tubuh berkurang dan akhirnya membuat tubuh Anda jadi mudah lelah dan juga merasa lemas.

  • Pusing

Tidak hanya tubuh yang mengalami lemas ya, ketika Anda mengalami penyakit gagal jantung atau CHF maka pasokan darah ke otak juga sedikit. Karena otak tidak mendapatkan asupan darah yang cukup maka bisa menyebabkan Anda merasakan pusing. Jika Anda mengalami rasa pusing berkunang-kunang maka bisa jadi Anda mengalami gejala dari gagal jantung ya.

  • Aritmia

Gejala selanjutnya yang bisa Anda alami ketika mengalami penyakit ini adalah Anda akan mengalami kondisi yang namanya aritmia. Kondisi ini adalah dimana detak jantung berdetak dengan abnormal. Detak jantung bisa berdetak lebih cepat karene harus memopa darah yang cukup ke seluruh tubuh. Sehingga akhirnya detak jantung jadi tidak normal.

  • Terjadi pembengkakan

Sebenarnya agak mudah untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit CHF ini. Jika Anda mengalami gagal jantung maka akan terjadi penyimpanan air atau cairan di dalam tubuh Anda karena tidak ada pasokan darah yang cukup ke dalam tubuh. Sehingga mungkin penderita CHF akan mengalami pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, mengalami edema, dan juga bisa jadi mengalami peningkatan berat badan yang berlebih.

Baca juga  13 Faktor Pemicu Sakit Jantung yang Wajib Dihindari

Mencegah CHF / Gagal Jantung

Untuk mencegah penyakit gagal jantung maka Anda harus melakukan beberapa hal penting. Tentu saja setelah tahu penyakit ini Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Oleh karena itu simak beberapa ulasan mengenai cara mencegah CHF ya :

  • Mengontrol tekanan darah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mencegah terjadinya CHF adalah Anda perlu untuk mengontrol tekanan darah Anda ya. Jangan sampai Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi karena itu bisa menyebabkan Anda mengalami resiko mengalami gagal jantung ya. Milikilah tekanan darah yang normal sehingga jantung tidak kesulitan ketika memompanya.

Baca juga : gejala jantung lemah

  • Batasi konsumsi makan garam

Banyak orang yang mengaku suka mengkonsumsi makanan yang asin dan juga gurih. Jika Anda adalah orang yang suka dengan makanan yang asin atau banyak garamnya maka kami sarankan supaya mulai saat ini Anda mulai mengurangi konsumsi garam karena dengan mengkonsumsi banyak garam maka bisa menyebabkan Anda mengalami resiko terkena CHF atau gagal jantung. Kurangi pemberian garam dalam setiap makanan Anda.

  • Selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Jika Anda ingin mencegah terkena penyakit CHF atau gagal jantung maka kami sarankan supaya Anda selalu melengkali kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda. Sebisa mungkin mengkonsumsi air minimal 2 liter per harinya dan juga mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air sehingga bisa menghidrasi tubuh Anda. Jangan sampai kekurangan air a karena bisa membuat jantung bekerja lemah.

Baca juga : mengatasi jantung lemah

Pengobatan Penyakit Gagal Jantung

Pengobatan penyakit gagal jantung bisa dengan operasi pemasangan ring atau bisa juga secara alami yaitu dengan obat jantung herbal yang sudah ada standart amerikanya ICP Capsule. ICP capsule fungsinya mencegah dan mengobati jantung koroner tanpa operasi. Yang sembuh juga sudah jutaan orang diseluruh dunia. Jika anda masih belum tau apa itu ICP kapsul bisa membacanya di website ini.

Baca juga  10 Gejala Jantung Lemah yang Jarang Orang Sadari

Nah itu dia beberapa informasi yang kami berikan kepada Anda mengenai penyakit congestive heart failure (CHF). Sekarang Anda lebih mengenal penyakit ini bukan? Kami berharap setelah membaca artikel ini Anda bisa lebih waspada dengan penyakit jantung CHF ini. Semoga artikel yang kami berikan ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍