Deep Vein Trombosis (DVT) : Penyebab dan Gejala

By | March 25, 2018

deep vein trombosis dvtSekarang ini banyak sekali berbagai macam jenis penyakit, dan penyakit yang bermacam-macam itu bisa menyerang segala usia. Tidak pandang bulu mulai dari anak kecil sampai orang yang usianya sudah lanjut usia sekalipun. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda selalu menjaga kesehatan  Anda, kali ini kami kembali dan akan  membagikan sebuah informasi kepada Anda yaitu kami akan memberikan informasi lengkap mengenai penyakit deep vein trombosis atau yang sering disingkat sebagai DVT. Penyakit thrombosis vena dalam ini terjadi lebih dri 150 ribu kasus per tahunnya di Indonesia, bukan angka yang sedikit sehingga kita tidak boleh mengabaikannya. Oleh karena itu simak ulasan yang ada di bawah ini!

Apa itu DVT?

Mungkin disini masih banyak dari Anda yang tidak tahu dan juga mungkin masih asing dengan DVT. Penyakit yang bernama thrombosis vena dalam ini adalah keadaan dimana terjadi penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam tubuh kita. Kondisi DVT ini bisa kita nggap serius karena darah beku atau penggumpalan itu biasanya bisa terlepas dan nantinya tersangkut di paru-paru kita. Pada umumnya, penyakit ini terjadi di betis atau paha manusia. Selain itu kondisi menjadi semakin parah jika gumpalan tadi masuk sampai ke arteri paru-paru dan bisa menyebabkan emboli paru-paru. Untuk mengetahui lebih jelas apa yang menyebabkan DVT maka simak ulasan di poin berikutnya! Baca juga obat penyempitan jantung

Penyebab DVT

Setelah mengetahui pengertian secara singkat mengenai DVT maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai apa saja yang menjadi penyebab mengapa Anda bisa mengalami trombosis vena dalam ini. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda :

  • Faktor usia
Baca juga  Congestive Heart Failure (CHF) - Pengertian Hingga Pencegahan

Percaya atau tidak, ada beberapa penyakit di dunia ini yang bisa disebabkan karena faktor usia. Disini diartikan sebagai, pada rentang usia tertentu orang tersebut akan mengalami resiko terkena sebuah penyakit itu lebih besar. Nah, DVT ini adalah salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan karena faktor usia. Menurut survey yang dilakukan sebuah lembaga kesehatan, orang-orang lebih beresiko mengalami DVT ketika usianya mereka menginjak 41 tahun. Orang yang menginjak usia 41 tahun sampai usia lanjut biasanya lebih mudah terkena resiko penyakit yang menyerang vena dalam ini.

Baca juga : Solusi Jantung Stroke

  • Statis vena

Penyebab kedua mengapa bisa mengalami deep vein trombosis adalah mungkin karena Anda mengalami kondisi yang dinamakan dengan statis vena. Statis vena ini adalah sebuah kondisi dimana aliran darah vena menjadi terganggu atau melambat. Biasanya hal ini disebabkan karena beberapa kondisi seperti operasi pada panggul, varises, penyakit atau cidera, dan masih banyak yang lainnya. Nah statis vena ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalami DVT.

  • Kerusakan pada pembuluh darah

Selanjutnya, Anda bisa saja mengalami DVT karena mengalami kerusakan pada pembuluh darah. Kerusakan pada pembuluh darah secara tidak langsung bisa menyebabkan Anda mengalami DVT. Untuk lebih tahu infromasi mengenai kerusakan pembuluh darah, biasanya kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah ini disebabkan karena Anda mengalami penggunaan obat-obatan untuk kemoterapi sampai pemasangan kateter vena sentral atau CVC.

Baca juga Artikel tentang Pembuluh Darah

  • Hiperkoagulabilitas

Salah satu hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami penyakit DVT ini adalah mungkin karena hiperkoagulabilitas. Kelainan ini adalah kondisi dimana darah menjadi lebih mudah untuk membeku. Biasanya hiperkoaguliabilitas ini terjadi akibat faktor turunan dan faktor lainnya. Orang yang mengalami hiperkoagulabilitas biasanya rentan mengalami DVT.

Baca juga  Penyebab Nyeri Dada

Gejala Penyakit DVT

Kita semua sekarang sudah tahu apa saja yang bisa menjadi penyebab mengapa Anda mengalami DVT. Setelah Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan masalah kesehatan ini, maka kali ini kami akan membahas mengenai gejala apa saja yang dialami oleh si penderita DVT. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah gejala dari DVT :

  • Bengkak pada beberapa bagian dan terasa hangat

Gejala pertama yang bisa Anda ketahui jika Anda mengalami DVT atau trombosis vena dalam adalah Anda akan mengalami yang namanya bengkak. Orang yang mengalami DVT biasanya akan bengkak pada beberapa bagian seperti pada tungkai kaki hingga betis kaki Anda. Selain bengkak, biasanya Anda akan merasa hangat pada bagian tungkai.

  • Nyeri pada tungkai kaki

Tidak hanya mengalami pembengkakan saja, Anda akan mengalami nyeri pada bagian tungkai kaki atau kaki. Terutama ketika Anda berusaha untuk menekuk kaki Anda maka rasa nyeri akan semakin parah dan bahkan tidak tertahankan.

  • Sering kram

Jika Anda merasa seringkali kram maka Anda harus curiga jika itu merupakan salah satu gejala dari DVT. Penderita DVT biasanya akan mengalami kram yang berawal dari betis kemudian menjalar ke kaki hingga tungkai. Biasanya akan dialami para penderita DVT pada malam hari.

  • Warna kaki berubah

Mengidap DVT atau tidak juga  bisa dilihat dari warna kaki ya, jika warna kaki Anda mengalami perubahan maka bisa jadi Anda mengalami DVT ini. Biasanya kaki akan berubah menjadi pucat, merah, dan bahkan bisa menjadi lebih gelap. Jika mengalami gejala dia atas maka segera periksakan ya.

Nah sekarang Anda semua sudah tahu infromasi mengenai penyakit deep vein trombosis ya. Jika merasa mengalami gejala yang kami sebutkan di atas maka sebaiknya segera memeriksakannya kepada dokter ya karena diagnosisnya hanya bisa dilihat melalui beberapa tes medis seperti USG dan juga Tes D-Dimer. Jangan sampai Anda terlambat mengeceknya ya, karena itu bisa berbahaya! Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan membantu Anda!

Baca juga  5 Gangguan Kesehatan pada Pembuluh Darah
😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1