Tujuan dan Prinsip Diet Penyakit Jantung Yang Harus Dipenuhi

By | April 10, 2018

Diet Penyakit jantung biasa dilakukan oleh penderita PJK. Penyakit jantung masuk ke dalam penyakit kronis yang bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Sementara penyebab dari penyakit ini pada umumnya karena kebiasaan hidup yang sangat buruk, seperti sudah biasa merokok, tidak pernah berolahraga dan sangat sering mengkonsumsi makanan berlemak. Fakta nya saat seseorang memiliki kelainan pada penyakitnya, maka penderita juga bisa mendapatkan komplikasi penyakit kronis lain. Sementara itu, ada anjuran diet untuk penderita jantung guna mengatasi kesehatannya agar semakin lebih baik lagi.

Jika sudah terkena penyakit jantung saya anjurkan anda minum obat jantung koroner icp capsule yang merupakan resep rahasia kedokteran modern untuk menyembuhkan penyakit jantung. Lantas, bagaimana aturan diet penyakit jantung? Apakah sama dengan melakukan diet biasa? Berikut adalah pembahasan mengenai Tujuan dan Prinsip Diet Penyakit Jantung:

Tujuan Diet Bagi Penderita Jantung

Melakukan program diet agar bisa membantu kondisi jantung lebih baik lagi biasanya akan dianjurkan oleh beberapa dokter. Pengaturan makanan dan juga minuman yang harus dikonsumsi tentunya akan diatur sesuai dengan kebutuhan. Penyakit jantung sendiri muncul disebabkan karena ada masalah pada jantung seseorang yang tidak bisa ditangani dengan baik, sehingga jantung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya munculah berbagai macam penyakit jantung, seperti jantung coroner, gagal jantung dan yang lainnya. Sementara itu, diet jantung hadir sebagai salah satu penunjang untuk mengobati mereka yang menderita jantung.

Baca juga: penyakit jantung iskemik

Tujuan pelaksanaan dietnya, diantaranya untu:

  • Memberikan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membebani jantung
  • Menurunkan berat badan jika ternyata penderita jantung terkena obesitas
  • Mencegah dan juga menghilangkan adanya edema atau pembengkakan yang diakibatkan penimbunan garam ataupun air di dalam tubuh penderita jantung
Baca juga  Penyembuhan Penyakit Jantung Secara Alami dan Medis

Prinsip Diet Penderita Jantung

Saat melakukan diet, tentunya penderita jantung tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah prinsip diet penderita jantung yang perlu dijalani.

1. Penuhilah asupan energi

Semua orang pastinya sangat membutuhkan energy agar bisa melakukan aktivitas tanpa hambatan, termasuk pada penderita jantung. Sementara itu, pada penderita jantung asupan energy harus sangat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Untuk mendapatkan energy, penderita bisa mendapatkan di dalam makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Kebutuhan karbohidrat nya sekitar 55 sampai 65% dari total kalorinya. Semua jenis karbohidrat boleh dikonsumsi, kecuali makanan yang mempunyai kandungan gas dan juga alkohol, seperti tape ketan, singkong, tape singkong, dan juga ubi.

Baca juga : Buah untuk penyakit jantung

2. Penuhilah asupan protein

Selain harus memenuhi kebutuhan energy dalam tubuh, Anda juga wajib memenuhi asupan protein dalam tubuh. Sementara untuk jumlah proteinnya, sebenarnya tidak ada perbedaan antara penderita jantung dengan orang normal, yaitu 0,8 gram atau kg berat badan. Namun, sumber protein yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah protein dari hewani yang rendah lemak, seperti daging sapi, telur dan ikan. Kalu ingin konsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak. Sedangkan pada protein nabati, Anda bisa mendapatkannya dari kacang kedelai, kacang merah dan olahannya. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi kacang yang mengandung lemak tinggi, seperti kacang mede, kacang tanah dan juga kacang bogor.

3. Perhatikan asupan lemak

Saat seseorang menderita penyakit jantung jika diharuskan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan berlemak bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi lemak ya. Karena hampir seluruh sumber makanan, kecuali pada sayuran dan buah, terdapat lemak di dalamnya. Sehingga penderita jantung tidak bisa menghindari lemak, namun yang harus dilakukan perhatikan batasan Anda saat mengkonsumsi lemaknya. Berdasarkan informasi dari Asosiasi Dietisein Indonesia, pada penderita jantung, mereka sebaiknya bisa mengkonsumsi lemak 25-39% lemak dari total kalori saja untuk per harinya.

Baca juga  Penyakit Gagal Jantung – Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahannya

Selain lemak, penderita jantung juga sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Misalnya saja seperti udang, kerang, susu full cream dan juga jeroan. Ini harus benar-benar bisa dihindari, apalagi jika penderita jantung mempunyai ganguan dyslipidemia atau kondisi kadar lemak total dalam tubuh yang terlalu tinggi. Sementara untuk penggunaan minyak saat pengolahan makanan, penderita jantung bisa memanfaatkan minyak jagung, mentega ataupun minyak kedelai. Sebaiknya hindari minyak kelapa sawit dan santan yang kental.

4. Penuhilah asupan vitamin dan mineral

Penderita jantung juga saat melakukan diet penyakit jantung harus memenuhi asupan vitamin dan mineral. Sementara untuk sumber utama vitamin dan juga mineral dapat diperoleh dari sayuran dan buah. Namun, penderita jantung harus menghindari jenis buah yang memiliki kandungan alkohol dan juga gas, misalnya saja seperti durian dan juga nangka matang. Begitu juga dengan sayuran, sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran yang memiliki kandungan gas seperti, lobak, kembang kol, sawi dan nangka muda. Konsumsi makanan dengan kandungan gas tinggi malah akan membuat sesak napas pada penderita jantung.

Baca juga : cara mengatasi jantung berdebar

5.Batasilah asupan garam

Jika Anda menderita jantung dan juga mengalami kondisi edema atau pembengkan pada bagian tubuh tertentu karena penimbunan cairan dan juga memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya batasilah asupan garam. Anda hanya dianjurkan mengkonsumsi 2-3 gram garam saja per hatinya. Sebaiknya juga perhatikan kandungan natrium di dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Maksimal natrium yang bisa dikonsumsi penderita jantung dengan gangguan edema dan hipertensi adalah 1500 mg/hari, tidak boleh lebih.

6. Konsumsi asupan serat secukupnya

Baca juga  Bahaya Penyakit Jantung Bocor dan Cara Pengobatannya

Serat juga sangat dibutuhkan oleh penderita jantung, sementara untuk jumlah yang dianjurkan nya adalah 25 gram per hari. Sumber serat bisa diperoleh dari sayuran, buah dan juga gandum. Pada penderita jantung yang mengalami kondisi sembeliti atau kontipasi maka kebutuhan asupan serat nya harus lebih tinggi lagi.

7. Hindarilah makanan yang tidak boleh dikonsumsi

Dan yang terakhir, yang harus penderita jantung lakukan saat sedang melakukan diet adalah menghindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Makanan dan minuman kemasan sudah jelas akan banyak kandungan natriumnya sehingga hindarilah konsumsi makanan tersebut. Sebaiknya juga hindari konsumsi soda, alkohol, teh dan kopi kental. Hindari juga makanan asam dan pedas serta memiliki bumbu dan rasa yang tajam.

Itulah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan diet penyakit jantung. Silahkan anda baca artikel tentang obat herbal untuk jantung koroner supaya anda bisa mempercepat penyembuhan sakit jantung anda. Jika Anda masih ragu melakukannya, konsultasikanlah pada dokter bagaimana sebaiknya Anda melakukan pengaturan pada makanan.

😡
☹️
😐
☺️
😍