13 Faktor Pemicu Sakit Jantung yang Wajib Dihindari

By | June 3, 2018

Faktor Pemicu Sakit Jantung perlu diketahui supaya terhindar dari penyakit jantung. Tidak ada api tanpa ada asap. Barangkali ungkapan tersebut dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana penyakit yang kita alami berawal dari sebuah, atau bahkan berbagai penyebab. Tidak mungkin, tanpa ada pemicu, organ tubuh kita terserang penyakit begitu saja. Termasuk penyakit jantung sekalipun.

Macam-macam penyakit jantung yang seringkali menyerang memiliki penyebab yang berbeda, namun secara umum ada beberapa faktor pemicu sakit jantung yang paling mencolok dan dominan.

Faktor Pemicu Sakit Jantung

Faktor Pemicu Sakit Jantung

  1. Kebiasaan makan yang buruk

Makan makanan bersantan, lemak, jeroan, gorengan, apakah dilarang? Tentu tidak, kita berhak menikmati makanan tersebut, dengan satu syarat. Jangan sampai mengkonsumsi makanan ‘musuh jantung’ kita secara berlebih. Batasi konsumsi sewajarnya untuk mengurangi penimbunan lemak dan kolesterol LDL dalam darah.

Sewaktu masih muda, mungkin Anda berpikir tidak masalah makan sesuka hati. Namun ternyata, justru kebiasaan yang Anda bangun sejak muda itulah yang dapat memicu penyakit di kemudian hari. Jika lemak sudah menempel di dinding arteri koroner maka bisa berakibat terkena penyakit jantung. Ciri ciri penyakit jantung seperti mudah capek, nyeri dada kiri, sesak, dan pegal-pegal. Jika anda mengalami ciri-ciri seperti itu ada baiknya anda memeriksan diri ke dokter spesialis jantung.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga selain dapat dijadikan sarana menyalurkan hobi, usaha menurunkan berat badan, ternyata juga dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Dengan rutin  berolahraga setidaknya 5 kali dalam seminggu, tubuh Anda dapat mengalokasikan lemak dan gula berlebih, sehingga tidak tertimbun dalam tubuh. Olahraga kardiovaskular yang dilakukan dengan tepat dan bertahap juga dapat melatih jantung kita untuk dapat bekerja dengan optimal.

  1. Obesitas
Baca juga  Apa Itu Trombosis Vena Dalam?

Perlunya menjaga bentuk tubuh tetap normal ternyata  bukan semata untuk menunjang penampilan. Obesitas dapat mengundang berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, kolesterol, hipertensi, sampai diabetes.

  1. Usia

Tidak benar bila dibilang hanya orang dewasa yang dapat mengidap penyakit jantung. Walau memang, usia dapat menentukan seberapa elastis pembuluh darah.

  1. Hipertensi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, merupakan salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Jika tekanan darah Anda diatas 140/90, maka jantung Anda harus memompa dengan lebih keras, yang jelas tidak baik bagi kesehatan jantung.

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan, namun penyebab yang cukup dominan adalah gaya hidup yang salah, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan asin atau mengandung kadar garam tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah yang mengandung zat besi tinggi juga dapat memperparah hal ini, apalagi bila tidak ada aktivitas fisik yang menyeimbangkan.

  1. Diabetes

Pada penderita diabetes, pembuluh darah seringkali mengalami penebalan. Dengan demikian, aliran darah tidak berjalan dengan lancar, yang tentunya akan membahayakan kesehatan jantung.

  1. Genetik

Tak dapat dipungkiri, ada beberapa penyakit jantung yang memang bersifat bawaan sejak lahir, diturunkan dari orangtua yang sudah mengidap terlebih dahulu. Usahakan gaya hidup  sehat dan seimbang untuk tidak memperparah gejala yang ditimbulkan.

  1. Kurang istirahat
  2. Kurangnya konsumsi sayur dan buah
  3. Stress berlebih yang tidak ditangani
  4. Ketidakmampuan mengekspresikan emosi dalam jangka waktu lama
  5. Konsumsi alcohol berlebih
  6. Merokok

Mengetahui faktor pemicu sakit jantung bukan sekedar sebagai pengetahuan yang hanya lewat. Pemahaman akan hal ini nyatanya begitu penting. Bila kita tahu korek api dapat menimbulkan api, maka tentu kita akan berhati-hati dan menghindari bahaya kebakaran, bukan? Sama halnya dengan penyakit jantung. Begitu kita tahu hobi makan jeoran dan makanan berlemak membahayakan jantung, tentu kita akan lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang kita konsumsi. Jika sudah terkena penyakit jantung sebaiknya minum obat penyakit jantung ICP Capsule karena herbal dan bisa mengobati sampai tuntas tanpa menyebabkan ketergantungan. Dengan begitu, kita dapat menjalani hidup yang sehat demi jantung yang sehat pula.

Baca juga  4 Bahaya Jantung Lemah yang Mematikan dan Berbahaya

😡
☹️
😐
☺️
😍