6 Gejala Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai

By | March 29, 2018

Gejala Jantung Koroner – Tak banyak orang yang menyadari bahwa jantungnya tengah mengalami permasalahan yang serius seperti jantung koroner. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh Anda terdapat dinding pembuluh darah arteri yang bertugas membawa darah bersama oksigen ke dalam jantung.

Di icpcapsule.net dibahas berbagai macam penyakit jantung berikut gejala dan obatnya. Saat darah mengalir menuju jantunggejala jantung koroner tentu melewati dinding pembuluh arteri, yang mana di dalam dinding pembuluh tersebut banyak terjadi penumpukan zat – zat seperti kolestrol, inflamasi, lipoprotein dan kalsium.

Penumpukan zat – zat tersebut biasa juga disebut dengan ateroskelosis. Nah, karena adanya penumpukan zat – zat tersebutlah sering kali aliran darah menjadi terganggu sehingga pasokan darah dan oksigen ke dalam jantung juga tidak dapat terpenuhi. Sebenarnya zat – zat yang menempel pada dindindg arteri yang telah menjadi plak tersebut dapat pecah dan akan ikut terbawa aliran darah sehingga dapat menyumbat sebagian pembuluh darah arteri. Dari sumbatan yang terjadi di arteri koroner inilaj yang nantinya akan menyebabkan serangan jantung pada penderita jantung koroner.

Baca juga  4 Perbedaan Ateroklerosis dan Arteriosklerosis Wajb Tahu

Apa Saja Gejala Jantung Koroner?

Setiap orang pasti memiliki plak pada dinding arteri mereka, namun plak yang terdapat pada setiap orang berbeda tingkat ketebalannya. Karena alasan tersebutlah mengapa pada tiap orang mengalami tingkat keparahan jantung koroner yang berbeda. Adapun beberapa gejala penyakit jantung yang dapat Anda deteksi secara dini sebagai berikut:

  1. Nyeri dada (angina)

Pada penderita jantung koroner rasa nyeri dada kiri yang muncul bisa merambat sampai ke bagian leher, bahu, rahang ataupun punggung. Pada setiap orang nyeri yang dirasakan akan berbeda – beda. Hal ini tentu dikarenakan sedikit atau banyaknya plak yang terdapat pada aliran darah arteri. Nyeri dada kiri adalah tanda adanya ciri-ciri penyakit jantung yang sering dialami penderita jantung koroner dalam tahap gejala awal jantung koroner.

  1. Palpitasi

Palpitasi adalah keadaan yang dirasakan oleh penderita jantung koroner di mana jantung terasa berdebar – debar secara tiba – tiba, padahal kondisi pasien sendiri sedang tidak berada di tempat yang tinggi dan juga tidak sedang berolah raga. Namun, walaupun kedengaran sepele, gejala jantung koroner yang ini sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tak segera ditangani mengingat banyak penderita jantung koroner yang mengalami jantung tiba – tiba berhenti berdetak karena mengalami aritmia ini.

  1. Mudah lelah

Penderita jantung koroner juga mengalami gejala seperti kelelahan atau sering merasa capek walaupun hanya melakukan kegiatan ringan. Jika Anda cepat merasa lelah atau sering merasa capek, ada baiknya supaya segera memerikasakan diri ke dokter. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan suatu pertanda bahwa jantung Anda sedang mengalami masalah. Kenapa pada penderita jantung mengalami keadaan yang mudah lelah?. Hal ini berkaitan karena pada penderita penyakit jantung, jantung akan berusaha memenuhi kebutuhan darah dan oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Namun karena adanya kelainan pada jantung Anda, maka jantung akan memompa lebih keras yang menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang luar biasa.

  1. Pusing

Gejala jantung koroner berikutnya yaitu penderita mengalami pusing yang cukup parah. Pada penderita jantung koroner, asupan darah yang kaya oksigen akan terganggu karena adanya penyumbatan pada aliran darah arteri sehingga jantung mengalami kesusahan dalam memenuhi pasokan darah dan oksigen ke dalam otak. Itulah mengapa penderita sering merasa kliyengan saat berdiri atau berjalan terlalu lama.

  1. Sesak nafas

Adanya kelainan jantung pada tubuh Anda juga bisa menyebabkan terjadinya sesak nafas. Bisanya gejala ini muncul berbarengan dengan rasa nyeri di dada atau angina. Penderita jantung koroner seringkali merasa sulit untuk bernafas dikarenakan pasokan oksigen ke paru – paru kurang maksimal.

  1. Mual dan keringat dingin

Anda mengalami mual yang disertai dengan keringat dingin pada sekujur tubuh?, hati – hatilah bisa jadi itu merupakan salah satu pertanda bahwa Anda telah terserang jantung koroner. Munculnya keringat dingin ini merupakan salah satu akibat dari adanya penyempitan pembuluh darah, yang menyebabkan pasokan oksigen ke dalam jantung mengalami gangguan. Nah, kondisi inilah yang memicu tubuh mengeluarkan keringat berlebih walaupun penderita tidak sedang melakukan kegiatan berat. Seperti yang sudah kita tahu bahwa tubuh akan mengeluarkan keringat saat metabolisme berlangsung yang membuat tubuh kepanasan. Untuk pengobatan herbal jantung koroner yang ampuh bisa dibaca selengkapnya disini. Namun berbeda kondisi dengan penderita jantung koroner, mereka mengeluarkan keringat saat metabolisme tidak berlangsung sehingga keringat yang keluar terasa agak dingin.

Anda sudah tahu bukan apa saja gejala jantung koroner yang harus diwaspadai? Pahami juga selain gejala adalah penyebab penyumbatan jantung. Tentu penyakit jantung ini berhubungan dengan berbagai macam faktor mulai dari usia, gaya hidup dan lingkungan. Jika Anda telah berusia lanjut, kemungkinan plak yang berada di saluran darah Anda sudah banyak yang menempel dan akan sangat menggangu kinerja jantung. Untuk itulah menjaga lingkungan agar tetap bersih dari polusi dan menjaga gaya hidup sehat Anda sangat bermanfaat sekali untuka kesehatan jantung. Dan lagi, tak ada salahnya jika Anda juga rutin melakukan check up kesehatan untuk mendeteksi gejala jantung koroner sedini mungkin.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1