10 Gejala Jantung Lemah yang Jarang Orang Sadari

By | March 29, 2018

Jantung memang hanya organ tubuh manusia yang besarnya tak lebih segenggaman tangan orang dewasa, namun kalian pasti sudah paham bahwa organ yang satu ini merupakan organ yang sangat vital yang membuat manusia bisa hidup dengan baik yang membuat organ – oragan lainnya juga berfungsi bersama – sama dengan hormon yang bersangkutan.

Namun, banyak sekali orang yang tak menyadari bahwa dirinya telah mengalami gejala jantung lemah sehingga penanganan  penyakit jantung seperti jantung koroner, gagal jantung ataupun kardiomiopati cenderung terlambat maka dari itu tidak jarang banyak di antara penderita lemah jantung yang harus memasang klep pada jantungnya atau bahkan malah kehilangan nyawa karena telat mendapatkan pengobatan.

Apa Saja Gejala Jantung Lemah?

Ada banyak sekali orang yang masih belummenyadari bahwa dirinya rentan terkena penyakit jantung alias jantung lemah dikarenakan mereka mungkin sudah mengindap kelemahan jantung sejak lahir, sehingga penderita baru akan mencari tindak pengobatan ketika gejala sudah mulai berat dan jantung sudah terasa sakit. Umunya gejala penyakit jantung lemah pada wanita dan pria sama, lalu seperti apa sih gejalanya?

  1. Sulit nafasGEJALA-JANTUNG-LEMAH

Seperti penderita penyakit jantung lainnya, penderita jantung lemah juga mengalami susah nafas. Tak jarang penderita jantung lemah juga mengalami sesa nafas saat melakukan kegiatan ringan ataupun berat. Sulit bernafas bisa disebabkan karena jantung yang memompa darah terlalu kuat sehingga paru – paru ikut terdesak, selain itu kurangnya pasokan oksigen ke paru – paru juga terganggu.

  1. Dada terasa sakit

Pada orang yang memilki jantung lemah rasa nyeri dada yang muncul bisa merambat sampai ke bagian leher, bahu, rahang ataupun punggung. Pada setiap orang nyeri yang dirasakan akan berbeda – beda. Hal ini tentu dikarenakan sedikit atau banyaknya plak yang terdaat pada aliran darah arteri.

  1. Sakit kepala
Baca juga  Manfaat Obat Tradisional Jantung Bengkak

Ciri orang yang memiliki jantung lemah berikutnya yaitu penderita sering mengalami pusing yang cukup parah. Hal ini disebabkan karena darah yang kaya oksigen akan terganggu karena adanya penyumbatan pada aliran darah arteri sehingga jantung mengalami kesusahan dalam memenuhi pasokan darah dan oksigen ke dalam otak. Itulah mengapa penderita sering merasa kliyengan saat berdiri atau berjalan terlalu lama.

  1. Mudah lelah

Orang yang memiliki jantung lemah juga mengalami gejala seperti kelelahan atau sering merasa capek walaupun hanya melakukan kegiatan ringan. Cirinya mirip dengan gejala-gejala jantung koroner. Jika Anda cepat merasa lelah atau sering merasa capek, ada baiknya supaya segera memerikasakan diri ke dokter. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan suatu pertanda bahwa jantung Anda sedang mengalami masalah. Kenapa pada penderita jantung mengalami keadaan yang mudah lelah?. Hal ini berkaitan karena pada penderita penyakit jantung, jantung akan berusaha memenuhi kebutuhan darah dan oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Namun karena adanya kelainan pada jantung Anda, maka jantung akan memompa lebih keras yang menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang luar biasa.

  1. Aritmia

Aritmia  merupakan suatu kondisi di mana orang pemililik jantung yang lemah mengalami detak jantung yang lebih kencang dari biasanya atau berdebar – debar (palpitasi). Namun, walaupun kedengaran sepele, gejala jantung lemah yang ini sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tak segera ditangani.

  1. Sianosis

Gejala jantung lemah selanjutnya yaitu sianosis yang merupakan suatu keadaan yang menggambarkan membirunya selaput lendir, bibir ataupun kuku pada orang yang menderita suatu keadaan tertentu. Dikarenakan lemahnya jantung, maka aliran darah ke bagian tubuh tertentu terganggu dan mengakibatkan tubuh menjadi kebiruan.

  1. Kaki bengkak
Baca juga  4 Pilihan Obat Tradisional Jantung Bengkak dari Bermacam Buah-buahan

Penderita lemah jantung juga mengalami kondisi kaki yang membengkak. Hal ini dikarenakan aliran darah yang berada di kaki tidak dapat mengalir dengan sempurna sehingga terjadi penumpukan darah pada kaki. Pada penderita lemah jantung tentu akan memilki aliran darah yang tidak lancar karena fungsi sebagian otot jantung tidak berjalan normal. Obat untuk penyakit jantung koroner dan jantung bengkak yang mujarab ada pada icp capsule.

  1. Mual dan keringat dingin

Anda mengalami mual yang disertai dengan keringat dingin pada sekujur tubuh? Hati – hatilah bisa jadi itu merupakan salah satu pertanda bahwa Anda memiliki jantung yang lemah. Munculnya keringat dingin ini merupakan salah satu akibat dari adanya penyempitan pembuluh darah, yang menyebabkan pasokan oksigen ke dalam jantung mengalami gangguan. Nah, kondisi inilah yang memicu tubuh mengeluarkan keringat berlebih walaupun penderita tidak sedang melakukan kegiatan berat. Seperti yang sudah kita tahu bahwa tubuh akan mengeluarkan keringat saat metabolisme berlangsung yang membuat tubuh kepanasan. Tapi pada seseorang yang memiliki jantung lemah, karena keringat yang dikeluarkan memiliki sensasi yang dingin.

Gejala jantung lemah ini memang jarang sekali disadari, apalagi jika penderita mengalami kelainan jantung bawaan karena bia jadi sedari lahir dan sedari kecil penderita sudah terbiasa dengan adanya kelainan – kelainan tersebut sehingga menganggap hal tersebut adalah hal yang wajar. Yuk, sebelum terlambat perikasakanlah diri Anda ke dokter dan jangan lupa terapkan pola hidup sehat untuk jantung Anda.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1