7 Gejala Pembengkakan Jantung yang Wajib Diwaspadai

By | March 25, 2018

gejala pembengkakan jantung

 

Gejala pembengkakan jantung mengingat Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, manusia bisa hidup tentunya karena jantung yang masih bedetak. Jantung memang penting dan harus dijaga kesehatannya, namun terkadang ada beberapa masalah yang menyerang jantung kita dan bisa membuat kondisi jantung kita jadi memburuk.

Banyak sekali orang yang mengalami masalah kesehatan pada jantung kita, salah satu masalah pada jantung yang paling sering terjadi pada kita adalah jantung bengkak. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai gejala pembengkakan jantung sehingga Anda semua tahu bagaiamana gejalanya dan bisa segera mengatasinya. Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasinya :

  1. Mudah lelah

Mudah lelah karena terjadi penyempitan jantung, untuk itu kini ada obat penyempitan jantung tanpa operasi. Jantung adalah organ terpenting seperti yang sudah kita ulasa sedikit di awal, jantung ini membuat kita bisa terus beraktifitas. Nah jika kita melakukan aktiftias yang berat biasanya jantung kita menjadi berdetak lebih cepat daripada biasanya dan membuat kita jadi ngos-ngosan. Itu sebenarnya adalah hal yang normal ya, namun jika Anda tidak sedang melakukan aktifitas berat namun mudah sekali lelah maka Anda perlu curiga jika Anda mengalami pembengkakan pada jantung. Karena salah satu ciri orang yang mengalami pembengkakan jantung adalah menjadi mudah lelah walau aktifitas yang dijalaninya tidak berat. Jika merasa mudah lelah maka Anda juga harus banyak mengambil waktu untuk istirahat ya.

  1. Mengalami nyeri pada dada

Jantung manusia yang bengkak itu sebenarnya disebabkan karena jantung memompa darah lebih keras daripada biasanya dan kebiasaan itu bisa membuat otot jantung kita jadi rusak dan akibatnya jantung pun bisa membengkak atau membasar dan terjadilah nyeri dada di sebelah kiri. Ciri kedua yang biasanya dialami pasien pembengkakan jantung adalah mereka mengalami nyeri pada dada yang kadang hilang sendiri bahkan juga ada yang hilang jika sudah konsumsi obat khusus jantung. Jika akhir-akhir ini Anda sering mengalami nyeri pada bagian dada, dada tiba-tiba saja terasa sakit dan tak tertahankan maka Anda perlu waspada. Terutama jika rasa nyerinya sering datang, bisa jadi Anda mengalami pembengkakan pada jantung.

  1. Berat badan yang bertambah
Baca juga  5 Gejala Nyeri Dada Akibat Gangguan Jantung, Waspadalah !

Gejala pembengkakan jantung yang ketiga adalah Anda akan mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang singkat. Anda harus curiga jika tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan padahal Anda tidak makan banyak akhir-akhir ini atau mungkin tidak mengkonsumsi vitamin atau suplemen penggemuk. Berat badan yang bertambah banyak atau berat itu bisa menjadi salah satu gejala jika Anda mengalami pembengkakan jantung. Berat badan yang bertambah itu terjadi karena jantung mengalami pembengkakan.

Baca juga : Penyakit Jantung Rematik

  1. Sesak napas

Jika Anda mengalami jantung bengkak atau pembengkakan jantung maka banyak sekali ya gejala yang akan ditunjukkannya. Yang keempat, jika Anda memang mengalami jantung bengkak maka Anda akan sering mengalami sesak napas. Sesak napas ini memang rasanya sangat tidak enak dan bisa menyebabkan aktifitas kita semua jadi terhambat. Namun sesak napas pada penderita pembengkakan jantung ini berbeda dari penderita yang memang mengalami sesak napas ya. Biasanya orang yang mengalami sesak napas karena pembengkakan jantung ini akan dirasakan ketika mereka beraktifitas atau ketika mereka sedang berbaring datar atau bahkan tidur. Jika Anda merasa sering merasakan sesak napas pada beberapa kondisi yang kami sebutkan di atas tadi maka bisa jadi Anda memang mengalami pembengkakan pada jantung Anda.

  1. Jantung yang berdebar-debar

Selain mengalami sesaka napas dan juga mudah lelah, orang yang menderita jantung bengkak atau pembengkakan jantung ini biasanya akan mengalami jantung yang berdebar-debar atau memiliki masalah jantung yang berdetak menjadi lebih cepat. Seperti yang kita katakana pada poin di atas tadi jika jantung yang bengkak ini bsia disebabkan karena otot jantung yang rusak. Karena otot jantung rusak dan jantung mengalami bengkak maka fungsinya menjadi tidak bekerja dengan baik. Akhirnya salah satunya bisa menyebabkan jantung Anda menjadi berdebar-debar lebih cepat daripada biasanya. Jika  Anda merasa sering mengalami ini maka segera periksakan ke dokter sehingga Anda bisa tahu apakah memang benar ini gejala bengkak jantung atau mungkin gejala penyakit jantung yang lainnya. Bukankah lebih baik segera memeriksakannya ke dokter?

Baca juga  6 Bahaya Alkohol Bagi Jantung Paling Fatal

Baca juga : Penyakit Jantung Bengkak

  1. Detak jantung yang melambat

Gejala dari orang yang mengalami pembengkakan jantung berbeda-beda ya. Seperti yang sudah kami bahas di poin yang pertama tadi jika orang yang mengalami bengkak pada jantungnya bisa jadi berdebar-debar jantungnya atau berdetak sangat cepat. Namun bisa jadi orang yang mengalami pembengkakan jantung justru akan mengalami detak jantung yang lambat. Intinya, orang yang mengalami jantung bengkak akan memiliki detak jantung yang tidak berirama daripada biasanya. Jika Anda merasa detak jantung jadi lebih cepat atau mungkin malah detaknya melambat maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung sehingga Anda tahu apa yang menyebabkan gejala ini. Karena mengetahui pembengkakan jantung atau tidak itu butuh pemeriksaan dari dokter khusus jantung ya. Tidak bisa dikira-kira sendiri.

  1. Batuk darah

Jika Anda sudah mengalami bengkak jantung yang lumayan parah namun tidak segera membawanya ke dokter maka Anda bisa mengalami batuk darah. Segera minum obat untuk penyakit jantung Jika tiba-tiba saja Anda batuk darah disertai dengan gejala lainnya yang sudah kami sebutkan di atas tadi maka artinya Anda sudah mengalami bengkak jantung yang parah. Jika dibiarkan saja maka bisa sampai mengancam nyawa. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda selalu memeriksakan diri jika ada yang tidak enak di tubuh.

Baca juga : Obat Penyumbatan Pembuluh Darah Syaraf di Otak

Nah itu dia beberapa gejala pembengkakan jantung yang bisa Anda ketahui. Semoha infromasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2