11 Gejala Penyakit Jantung Lemah Pada Wanita

By | March 28, 2018

Pernahkah Anda mendengar istilah jantung lemah? Ini merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada jantung. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada wanita. Memang, resiko lemah jantung kebanyakan adalah wanita, jadi Anda harus berhati-hati. Sebagai informasi penting berikut ini adalah gejala penyakit jantung lemah pada wanita yang sangat penting Anda ketahui. Baca juga: penyebab sakit jantung

1. Merasakan mual yang berulang

Mual memang pada dasarnya tidak bisa dijadikan patokan apakah seseorang mengalami jantung atau tidak. Karena rasa mual bisa saja menyerang siapa saja dalam kondisi apa saja. Namun, salah satu gejala penyakit jantung lemah pada wanita yang pertama adalah ia mungkin akan merasakan mual, dan ini merupakan tanda awal. Tidak sedikit wanita yang merasa terganggu bahkan saat ia tidur dengan hadirnya rasa mual tersebut.

2. Nyeri pada bagian dada dan tubuh lainnya

Rasa nyeri yang terjadi pada bagian dada secara umum memang salah satu gejala dari kondisi jantung lemah. Namun ada beberapa bagian tubuh lain yang terasa nyeri dan biasanya akan dirasakan oleh perempuan. Misalnya saja nyeri pada bagian perut, punggung dan yang lainnya. Gejala nyeri pada bagian tubuh kerap kali muncul secara mendadak. Terutama nyeri dada sebelah kiri yang menusuk.

3. Rasa lelah yang tidak biasa

Rasa lelah tentunya hal umum yang dapat dirasakan oleh siapa saja. Namun apa jadinya jika ternyata kelelahan yang Anda alami ternyata muncul secara berlebihan? Misalnya saja Anda mengalami lelah padahal sama sekali belum melakukan kegiatan fisik yang sangat memberatkan. Ini merupakan salah satu gejala awal seseorang bisa menderita jantung lemah, bahkan saat kondisi lelah detak jantungnya akan terdengar sangat lemah.

Baca juga  Penyakit Jantung Tiroid – Pengertian, Penyebab dan Gejala

Baca juga: obat jantung lemah

4. Nyeri pada kepala

Penderita juga kerap kali merasakan nyeri pada kepala, ini dikarenakan kurangnya asupan oksigen ke dalam otak. Selain mengalami kepala yang terasa nyeri dan pusing, mereka juga kerap kali gagal fokus. Saat penderita lemah jantung sudah mencapai kondisi yang sering hal tersebut malah akan menyebabkan penderita sampai jatuh pingsan.

5. Nafsu makan yang semakin menurun

Apakah Anda mengalami penurunan nafsu makan yang sangat drastis? Hati-hati karena itu bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kondisi lemah jantung. Hal tersebut juga akan semakin memburuk karena akan mempengaruhi pada penurunan berat badan.

6. Mengalami sesak nafas

Sesak nafas merupakan gejala paling umum yang akan dialami oleh penderita gangguan pada jantung. Kondisi ini hampir di alami oleh semua penderita gangguan jantung, baik perempuan atau laki-laki. Namun, kebanyakan perempuan menganggap bahwa sesak napas yang dialaminya adalah karena gangguan kesehatan biasa saja. Kondisi sesak napas diakibatkan karena jantung tidak mampu memompa darah dengan maksimal sehingga aliran darah yang mengandung oksigen tidak bisa sampai ke bagian paru-paru.

7. Berkeringat dengan sangat berlebihan

Pada penderita jantung lemah, mereka juga kerap kali mengeluarkan keringat yang sangat berlebihan. Biasanya bagian tubuh yang paling mengeluarkan keringat dengan sangat berlebihan adalah pada bagian telapak tangan dan keringatnya pun adalah keringat dingin. Hal ini kadang membingungkan apakah ia menderita jantung atau paru-paru basah, pasalnya keduanya penyakit tersebut memiliki gejala yang sama. Pada perempuan yang mengalami kondisi jantung lemah, biasanya keringat dingin atau keringat yang sangat berlebihan bisa saja terjadi meskipun mereka tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut akan menjadi semakin parah saat penderita mengalami kondisi stress berlebihan.

Baca juga  Penyakit Perikarditis : Gejala, Penyebab, Pengobatan

8. Adanya pembengkakan pada bagian tubuh dan organ tubuh

Gejala selanjutnya yang dapat di alami oleh perempuan yang menderita jantung lemah sangat parah adalah mengalami pembengkakan. Kondisi pembengkakan biasanya akan terjadi pada bagian tubuh tertentu namun yang paling sering terserang adalah kaki dan tangan. Pembengkakan tersebut disebabkan karena adanya produksi hormon pengganti yang terjadi dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga akan menyebabkan adanya penumpukan air dan juga garam. Selain itu, kondisi pembengkakan yang terjadi pada kaki juga bisa menjadi salah satu adanya hambatan pada aliran darah darah menuju jantung.

Selain itu, kondisi penumpukan cairan di dalam tubuh juga akan terjadi terutama pada bagian paru-paru dan perut, sehingga akan menyebabkan perut penderita terlihat membesar. Selain bagian perut, kondisi penumpukan cairan serta terhambatnya aliran darah akan memicu terbentuknya bendungan pada bagian hati sehingga kondisi hati juga akan semakin bengkak.

9. Tekanan darah yang sangat tidak stabil

Anda juga sangat memungkinkan mengalami kondisi tekanan darah yang sangat tidak stabil, kadang naik bahkan tiba-tiba turun, namun tidak lama naik lagi.

Baca juga: pencegahan penyakit jantung

10. Sianosis

Sianosis merupakan salah satu kondisi yang akan menyebabkan tubuh mengalami warna kebiruan. Ini dikarenakan peningkatan zat karbon dioksida di dalam tubuh serta penurunan kadar oksigen yang ada di dalam darah. Kebiruan ini bisa dilihat dari kuku, telapak tangan, dan juga bibir penderita.

11. Kuku yang tumbuh dengan sangat tidak wajar

Gejala penyakit jantung lemah lainnya yang mungkin akan terjadi pada wanita adalah adanya kondisi pertumbuhan pada kuku yang sangat tidak wajar. Saat sianosis terjadi pada tubuh dan terjadi dalam waktu lama maka akan menyebabkan pertumbuhan kuku benar-benar tidak wajar. Kuku akan berukuran besar dan cembung keluar atau menyerupai drum stick.

Baca juga  Obat Angina Pektoris

Itulah 11 gejala penyakit jantung lemah pada wanita yang sangat penting Anda ketahui. Sebaiknya jika Anda mengalami beberapa gejala yang tidak biasa seperti di atas, segeralah mengkonsultasikan kesehatan Anda pada dokter sebelum terlambat.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1