8 Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Paling Banyak Terjadi

By | April 14, 2018

Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk penderita penyakit jantung yang cukup besar. Perlu untuk mengetahui berbagai jenis penyakit jantung. Tentunya hal ini tidak mengherankan, mengingat tingkat kehidupan yang cukup sulit di Indonesia memaksa banyak orang berusaha lebih keras dalam bekerja dan melupakan kebiasaan hidup sehat yang optimal. Sebagian besar memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras dan juga jarang olahraga ataupun jarang makan buah maupun sayuran karena kesibukan yang sangat tinggi.

Kalau sudah terkena penyakit jantung maka obat herbal jantung terbaik ada pada ICP Capsule.Hal ini pastinya sangat berbahaya, terutama akhirnya berpotensi menimbulkan berbagai macam-macam penyakit jantung yang berbahaya. Sekalipun ada kalanya penyakit tersebut terjadi akibat cacat bawaan maupun akibat kelainan genetik atau turunan. Namun pastinya gaya hidup saat ini juga mengambil peranan yang cukup tinggi. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa jenis-jenis penyakit jantung yang paling sering dialami penduduk di Indonesia.

1. Jantung Koroner

Ini merupakan salah satu penyakit jantung pembunuh nomer satu di Indonesia. Penyakit ini setiap tahunnya merenggut jutaan nyawa akibat dari gaya hidup masa kini yang jauh dari sehat dan optimal. Sekalipun orang mulai memahami pentingnya menjaga kesehatan, namun tetap saja penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit mematikan di negara ini yang sulit sekali diberantas ataupun dihilangkan. Bahkan setiap tahun trennya cenderung meningkat akibat kondisi lalu lintas yang padat dan beban kerja yang seakan tidak pernah menurun namun makin berat setiap harinya.

Baca juga: terapi jantung koroner

2. Aritmia Jantung

Penyakit aritmia jantung merupakan salah satu kondisi dimana Irma jantung tidak berfungsi secara maksimal seperti pada orang lain pada umumnya. Akibatnya jantung sering kali berdetak kencang dan berdebar. Tentu hal ini kurang baik bagi kondisi tubuh karena akibatnya jantung memompa darah dengan sangat cepat dan mengakibatkan proses pembakaran energi juga meningkat tajam. Ada dua sebutan untuk kondisi penderita jantung aritmia. Jika detak jantung bekerja cepat maka secara medis disebut dengan istilah takikardia. Sementara sebaliknya, jika detak jantung melambat tidak seperti biasanya maka disebut dengan kondisi bradikardia. Untuk mencegah resiko penyakit ini sebaiknya lakukan olahraga teratur di pagi hari.

Baca juga: penyebab aritmia jantung

Baca juga  10 Makanan Yang Menguatkan Jantung Paling Direkomedasikan

3. Gagal Jantung

Jenis-jenis penyakit jantung berikutnya yaitu termasuk penyakit gagal jantung. Hingga saat ini penyakit gagal jantung merupakan momok para penderita jantung. Sehingga banyak yang berusaha untuk tetap memiliki jantung yang sehat dengan jalan transplantasi jantung. Namun sayangnya tentu hal tersebut bukan hal yang mudah dan membutuhkan persetujuan dari banyak pihak. Karena itu sebaiknya langkah yang paling tepat yaitu mencegah supaya resiko mengalami gagal jantung dapat ditekan lebih kecil.

4. Jantung Rematik

Berikutnya ada pula penyakit jantung rematik yang tidak hanya dapat diderita oleh orang dewasa namun juga dapat diderita oleh anak-anak. Ini merupakan kondisi jantung dimana penyakit berasal dari demam rematik yang lebih dahulu menyerang tenggorokan. Kemudia menular menuju jantung melalui inkubasi penyakit. Pada penyakit jantung rematik maka terjadi infeksi pada jantung yang dapat menyebabkan demam tinggi. Sehingga butuh pengobatan dan penanganan khusus dari dokter supaya kesembuhan dapat berjalan lebih baik dan efektif. Yang penting pula yaitu menjaga agar mendapat cukup vitamin dan mineral untuk mempercepat proses kesembuhan.

5. Otot Jantung

Ada pula penyakit yang berupa penyakit otot jantung atau yang dikenal pula dengan istilah penyakit kardiomipati. Ini merupakan penyakit dimana jantung menjadi tebal dan kaku. Akibatnya jantung mengalami kesulitan untuk berfungsi optimal dan melakukan kontraksi yang diperlukan. Akibat kondisi ini maka detak jantung akan melemah dan suplai oksigen juga menjadi tidak optimal. Sehingga akan berpengaruh pada kondisi fisik penderita yang mudah lemas dan tidak bertenanga. Oleh sebab itu sebaiknya selalu jaga kondisi tubuh terutama kesehatan otot jantung supaya terhindar dari masalah penyakit yang seperti ini.

6. Jantung Bocor

Baca juga  5 Cara Pencegahan Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Lakukan

Berikutnya banyak pula yang mengalami kondisi dimana jantung mengalami kebocoran. Akibatnya jantung tidak berkerja maksimal dan sistem organ tubuh seseorang juga mengalami masalah. Pada kondisi jantung bocor ini biasanya terjadi sebagai akibat cacat bawaan lahir. Sehingga tidak heran jika kondisi kebocoran jantung sangat umum dialami oleh bayi yang baru lahir terutama bayi prematur atau bayi kurang gizi sehingga pertumbuhannya tidak tepat waktu dan tidak maksimal.

7. Jantung Bengkak

Salah satu penyakit jantung yang berbahaya yaitu penyakit jantung bengkak. Hal ini dapat membuat pembengkakan jantung akan memicu terdesaknya paru-paru sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Jantung yang bengkak akan menyerap banyak air berlebih. Sehingga pada puncaknya jantung berfungsi bekerja dengan optimal dan bahkan dapat menimbulkan resiko kematian pada penderitanya. Umumnya kondidi jantung bengkak bukan kondisi cacat yang terjadi tiba-tiba. Namun kebanyakan merupakan resiko dan komplikasi dari penyakit jantung coroner maupun penyakit lainnya seperti komplikasi tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes.

Baca juga: obat pembengkakan jantung

8. Jantung Bawaan

Terakhir penyakit jantung yang banyak pula dialami penduduk Indonesia yaitu penyakit jantung bawaan atau yang lebih banyak dikenal sebagai cacat jantung. Penyakit ini umumnya dapat terjadi sejak bayi dalam kandungan atau sejak lahir akibat proses pembentukan jantung pada bayi yang tidak sempurna. Hal ini umum terjadi pada bayi premature yang selalu diberikan suntikan penguat jantung untuk mencegah resiko terjadinya penyakit jantung bawaan yang menimbulkan cacat pada katup jantung seumur hidup.

Itulah tadi beberapa jenis-jenis penyakit jantung yang umum dialami oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Karena banyaknya kasus maka sebaiknya ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan jalan perbanyak olah raga dan makan makanan bergizi baik. Sehingga resiko mengalami sakit jantung akan menurun dan lebih rendah.

😡
☹️
😐
☺️
😍