macam-macam penyakit jantung

10 Macam-Macam Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya

10 macam-macam penyakit jantung, cara pencegahan dan pengobatan yang tepat dapat menyembuhkan sakit jantung. Penyakit jantung dianggap menjadi salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Ini karena kondisi gangguan atau kelainan yang terjadi pada jantung akan mempengaruhi kinerja tubuh. Namun, orang awam tentunya hanya mengetahui bahwa penyakit jantung hanya kondisi gangguan pada jantung saja, tanpa mengetahui bahwa terdapat banyak sekali macam dan jenisnya.

Serangan jantung Bisa terjadi secara tiba-tiba, untuk itulah penting untuk menjaga pola makan dan selalu bawa Cedocard / ISDN / ICP capsule di mobil atau di saku celana supaya kalau terjadi keadaan darurat tiba-tiba kambuh bisa langsung minum obat ini agar bisa memecah gumpalan darah, darah mengalir lagi, dan detak jantung tidak terhenti. Segera menuju ke rumah sakit untuk segera ditangani jika terjadi ciri serangan jantung ringan.

Di artikel ini akan membahas 5 bagian penting:

  • 10 Macam-macam penyakit jantung dan Gejalanya
  • 7 Cara pencegahan penyakit jantung
  • Obat penyakit jantung terbaik yang terbuat dari bahan herbal
  • Berbagai Macam Diagnosa Penyakit Jantung
  • Bagaimana Cara mengobati penyakit jantung tanpa operasi?

macam-macam penyakit jantung

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Sebagai informasi, berikut ini adalah 10 jenis dan macam-macam penyakit jantung yang sering terjadi di masyarakat:

  1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung koroner (PJK) merupakan salah satu gangguan pada pembuluh darah jantung yang sampai saat ini masih dianggap menjadi penyebab kematian nomor 1 karena jantung di dunia. Bahasa medis sakit jantung adalah penyempitan jantung. Pengertian penyakit jantung koroner adalah sakit jantung yang diakibatkan karena adanya sumbatan pada aliran darah oleh lemak pada pembuluh darah nantinya akan menimbulkan plak. Sementara itu, plak tersebut berasal dari penumpukan lemak atau biasa disebut aterosklerosis. Kondisi ini akan menyebabkan adanya hambatan pada aliran darah sehingga terjadilah peradangan serta penyempitan pada pembuluh darah, aliran darah pun akan sulit memasuki jantung, dan jantung akan sangat kekurangan pasokan oksigen, dan terjadilah jantung coroner. Kesehatan jantung dapat terganggu akibat Gaya hidup penyebab jantung koroner seperti suka makan junk food, makanan berlemak tinggi, makanan kolesterol tinggi, dan kebiasaan merokok.

Penyakit jantung koroner paling populer dan paling banyak dialami oleh pasien dibandingan dengan jenis-jenis penyakit jantung yang lain. Penyebab dari penyakit jantung koroner atau namanya biasa disingkat dengan PJK adalah adanya kelainan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah arteri koroner. Penyempitan ini bisa mengakibatkan aliran darah dan oksigen yang menuju jantung maupun ke seluruh tubuh bermasalah tersumbat sehingga bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak bahkan bisa menyebabkan kematian spontan (heart attack). Perlu juga untuk mengetahui apa ciri-cirinya penyakit jantung supaya tidak terlambat pengobatannya.

7 Gejala Penyakit Jantung Koroner Terlengkap

  • Nyeri di dada seperti tertindih beban berat
  • Palpitasi / penyakit jantung berdebar
  • Keringat berlebih walaupun tidak sedang beraktivitas berat
  • Mudah capek, seperti tidak kuat naik tangga
  • Sesak napas, terutama setelah melakukan aktivitas berat
  • Nafsu makan menurun dan terasa mual perut penuh
  • Cemas berlebih dan panik

Pengobatan Jantung Koroner Tanpa Operasi

Jika anda mengalami dua ciri ciri jantung koroner diatas sebaiknya anda periksa ke dokter untuk mengantisipasi adanya aterosklerosis atau penyempitan jantung. Kalau anda takut bisa mulai konsumsi ICP Capsule untuk pencegahan biasanya manfaat terasa sangat cepat dan tentunya aman. Obat untuk pencegahan dan pengobatan gejala jantung koroner ICP capsule belinya di distributor pusatnya bisa hubungi Bu Monica 082244667757. Cara cepat mengobati jantung koroner, terbukti secara klinis, Aman karena ada BPOM dan terbuat dari herbal alami tanpa ada efek samping.

Rekomendasi obat : Minum herbal ICP capsule rutin karena ICP adalah obat utk jantung koroner paling ampuh

Segera cegah dan obati jangan sampai terasa ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah misalnya tidak kuat menggerakkan tubuh, mata cenderung tertutup, nyeri dada hebat, susah bernafas, dan fungsi pompa jantung dibawah 40%.

  1. Penyakit Jantung Rematik

Rematik, mungkin yang Anda ketahui hanyalah yang berhubungan dengan tulang saja, karena istilah tersebut sangat identik dengan penyakit tulang. Namun, Anda juga harus tahu bahwa ternyata ada jenis penyakit jantung rematik, ini terjadi karena adanya infeksi demam rematik yang biasanya menyerang tenggorokan. Penyebab dari infeksi ini karena bakteri streptococcus pyogenes. Ketika bakteri terus saja besaran di dalam tenggorokan, beberapa bakteri tersebut akan terus turun menuju jantung, khususnya pada wilayah katup jantung. Akibatnya Anda akan mengalami pembengkakan dan mulai muncul jaringan parut di kantup jantung, atau biasa disebut valve.

Ada 4 stadium dalam Klasifikasi jantung rematik. Penerapan Askep penyakit jantung rematik penyebabnya adalah faktor cuaca, genetik, dan autoimun. Bagi Perempuan yang berusia 5-15 tahun akan sangat rentan terserang penyakit jantung rematik ini, selain itu mereka yang memiliki gizi buruk juga kemungkinan besar bisa mendapatkan serangan jantung rematik.

  1. Penyakit Gagal Jantung

Sama halnya dengan gagal ginjal yang menyebabkan menurunnya fungsi organ tersebut, begitu juga dengan jantung. Saat seseorang menderita penyakit gagal jantung fungsi jantung akan terganggu, tidak bisa memompa darah dengan benar seperti biasanya. Organ penting dalam tubuh yang seharusnya mendapatkan pasokan darah dan oksigen juga akan sangat terpengaruh, sehingga kerjanya menjadi lambat.

Penyakit Gagal jantung, dibagi menjadi 4 jenis:

  • Sebelah kiri: Ini merupakan gagal jantung yang terjadi pada bagian ventrikel kiri, dimana bagian tersebut tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh tidak bisa menerima pasokan darah oksigen dengan normal.
  • Sebelah kanan: Ini merupakan gagal jantung yang mengganggu pada vertikel kanan jantung, menyebabkan darah yang seharusnya dapat masuk ke dalam paru-paru menjadi terhambat.
  • Sistolik: Keadaan dimana otot jantung tidak bisa melakukan kontraksi dengan benar, akibatnya darah tidak bisa dipompa keluar dengan normal.
  • Diastolik: Gangguan yang terjadi pada otot jantung, menyebabkan darah semakin sulit kembali ke jantung.

Yang menyebabkan gagal jantung pada umumnya dipicu beberapa penyakit kronis, seperti jantung coroner, kerusakan katup jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain.

  1. Penyakit Katup Jantung

Penyakit katup jantung adalah suatu kondisi ini merupakan salah satu yang mengakibatkan adanya ketidaknormalan pada bagian katup jantung. Katup jantung dibagian menjadi 4 bagian, sementara itu katup akan berfungsi sebagai pintu pemisah antara ruang yang ada pada jantung. Katup ini akan bermanfaat agar darahnya tidak semakin tercampur dan tidak ada darah lain yang kembali. Namun sayangnya pada penderita katup jantung mereka akan mengalami ketidaknormalan proses tersebut. Bisa karena bentuk katup yang tidak sempurna kelainan katup jantung, seperti terlalu kecil atau mengambang.

Penyakit katup jantung pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis:

  • Stenosis katup jantung: merupakan salah satu dari 2 kondisi ciri-ciri kelainan katup jantung yang akan mengakibatkan katup tidak bisa membuka dengan baik, ini disebabkan karena adanya penebalan atau katup yang semakin menjadi kaku. Akibat dari kondisi inilah darah tidak bisa masuk melalui ruang jantung atau keluar dari jantung.
  • Infusiensi katup jantung: merupakan kondisi katup yang bocor atau tidak bisa menutup bagiannya dengan sempurna, kondisi ini akan mengakibatkan aliran darah yang keluar bisa kembali lagi ke dalam jantung.

Itulah 2 macam ciri ciri kelainan jantung yang biasa terjadi. Penyebab kelainan katup jantung biasanya akan dipicu karena penyakit kronis tertentu, seperti penyakit sifilis, jaringan ikan, serangan jantung, arteri koroner, hipertensi, tumor, atau bahkan bisa karena efek dari konsumsi obat-obatan kimia berlebihan.

  1. Penyakit Jantung Bocor

Penyakit Jantung bocor merupakan macam-macam penyakit jantung lainnya yang akan menyebabkan adanya ketidaknormalan pada perkembangan jantung, akibatnya kinerja jantung semakin terhambat. Penyakit ini biasanya akan terjadi saat seorang bayi baru dilahirkan. Selama masa perkembangan janin dalam rahim, pertumbuhan organ jantungnya tidak berjalan dengan baik, akibatnya ia terlahir dengan kondisi cacat jantung.

Pada umumnya jantung manusia terdiri dari 4 bagian, setiap bagiannya akan dipisahkan. Sementara pada penyakit jantung bocor, akan ada lubang dibagian sekatnya yang membuat darah setiap bagian jantung tercampur. Darah yang mengandung banyak oksigen bisa tercampur dengan darah yang kekurangan oksigen, ini membuat fungsi jantung tidak bisa berjalan dengan baik terutama saat akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Jantung manusia terdiri dari empat ruang, tiap ruang dipisahkan oleh sekat-sekat. Pada penyakit jantung bocor, terdapat lubang pada sekat-sekat tersebut yang membuat darah dari ruang satu bercampur dengan darah di ruang lainnya. Darah yang kaya oksigen dapat bercampur dengan darah yang miskin oksigen, membuat jantung tidak dapat berfungsi secara benar untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Resiko biasanya akan dialami oleh perempuan yang hamil di atas 40 tahun. Ada 8 obat jantung bocor alami paling ampuh yang bisa dibaca disini.

  1. Kelainan pada otot jantung

Kelainan yang terjadi pada otot jantung atau biasa disebut dengan istilah kardiomiopati merupakan salah satu penyakit yang akan menyerang bagian otot. Ini akan membuat jantung penderitanya sangat sulit berkontraksi. Jantung akan mengalami penebalan kemudian kaku. Akibat dari kondisi tersebut, jantung penderita akan semakin lemah. Penyumbatan otot jantung biasa dikenal dengan infark miokard atau terjadi serangan jantung. Baca juga info lengkap mengenai penyakit jantung lemah disini.

Pada umumnya kelainan pada otot jantung dibagi menjadi 4 jenis:

  • Restrictive Cardiomyopathy: merupakan salah satu gangguan pada otot jantung dimana penderita akan mengalami kaku otot yang menyebabkan jantung tidak bisa berkembang dengan baik, akibatnya aliran darah semakin terganggu.
  • Hypertrophic Cardiomyopathy: merupakan salah satu kondisi yang terjadi karena otot jantung terutama yang ada pada bagian ventrikel kiri menebal.
  • Dilated Cardiomyopathy: Gangguan akan terjadi pada bagian ventrikel kiri dan menyebabkan ketidakmampuan memompa darah dengan normal, akibatnya jantung semakin membesar. Kondisi ini biasanya diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang berefek samping.
  • Arrythmogenic Right Ventricular Cardiomyopathy: Ini diakibatkan karena adanya protein yang malah menempel pada otot jantung, hal tersebut akan menyebabkan sel jantung mati yang digantikan dengan jaringan parut.

Penyebab dari kondisi ini biasanya karena ada kerusakan pada jaringan jantung, denyut yang tidak normal, keturunan, hipertensi akut, kekurangan vitamin dan mineral, berat badan terlalu berlebihan, konsumsi obat obatan, adanya kelainan pada kelenjar tiroid, obesitas, kecanduan konsumsi alkohol, kemoterapi dan beberapa penyakit kronis lainnya.

  1. Penyakit Aritmia jantung

Selanjutnya adalah pengertian penyakit aritmia jantung adalah merupakan salah satu gangguan pada jantung yang berhubungan dengan ketidaknormalan irama jantung. Penyakit aritmia ini akan menyerang bagian implus listrik yang bertugas agar membuat jantung bisa berdetak dengan normal serta mengontrolnya agar tetap dalam kondisi stabil. Namun sayangnya, gangguan yang terjadi pada implus malah akan membuat jantung seseorang semakin tidak beraturan.

Pada umumnya kondisi aritmia dibedakan menjad 2 jenis. Pertama, penyakit jantung aritmia yang disebabkan karena gangguan irama jantung yang terlalu cepat dari biasanya, ini dinamakan takikardia. Kedua, gangguan pada irama jantung yang mengakibatkan detaknya semakin melambat, ini dinamakan bradikardia. Inilah yang biasa disebut dengan penyakit jantung berdebar-debar secara tiba-tiba.

Beberapa gejala yang timbul karena kondisi aritmia adalah gejala umum yang mungkin akan sulit membedakan dengan penyakit biasa, seperti denyut yang tidak stabil, lelah, pusing, dada terkadang nyeri, sesak napas, kalau parah mungkin bisa sampai pingsan.

Sementara penyebab penyakit jantung aritmia atau jantung berdebar adalah adanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh, karena efek samping konsumsi obat, terlalu berlebihan konsumsi alkohol, mengkonsumsi narkoba, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, stress dan beberapa penyakit kronis lain yang memang akan menyebabkan ketidaknormalan pada irama jantung.

  1. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan jantung sejak lahir. Jenis penyakit jantung ini biasanya akan terjadi karena ketidaksempuranaan saat pembentukan struktur jantung selama bayi di dalam kandungan, akibatnya ia akan terlahir dengan kondisi cacat jantung. Adanya ketidak sempurnaan tersebut bisa dilihat dari struktru ruang jantung, katup serta dinding penyekat yang akan memisahkan ruangan di dalam jantung, serta arteri jantung. Jika dokter mencurigai bayi baru lahir mendapatkan kondisi ini biasanya dokter akan langsung melakukan pemeriksaan lanjutan.

  1. Penyakit Jantung Angina Pectoris

Orang pada umumnya hanya tau “penyakit jantung” saja, tanpa tau bahwa penyakit tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah penyakit angina pectoris. Kondisi ini biasanya disebut dengan angin duduk (nama lain dari penyakit angina pectoris). Penyakit angina ini diakibatkan karena adanya pengerasan dan penyempitan pada bagian pembuluh darah atau trombus, sehingga otot yang ada pada jantung semakin lemah dan tidak bisa memompa darah dengan maksimal.

Apa yang menyebabkan penyakit ini?

Pada umumnya kondisi ini akan diakibatkan karena penyakit kronis lain yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti tingginya kolesterol, diabetes, tekanan darah yang sangat tinggi, stress berlebihan, berat badan berlebihan, kecanduan pada rokok, olahraga yang yang kura, riwayat penyakit jantung dari keluarga atau turunan.

Apa Saja Gejala Penyakit Angina Pectoris?

Gejala yang dirasakan saat orang menderita penyakit angina pectoris adalah sering pusing, seperti masuk angin, mual /muntah, selalu gerah keringatan, sesak napas, mudah capek, tidak kuat naik tangga maupun jalan jauh, sering gelisah / cemas berlebihan.

Baca Juga artikel tentang ciri-ciri sakit jantung pada wanita

Apakah ada Obat penyempitan pembuluh darah yang Ampuh?

Seringkali orang pesimis bilang kalau penyempitan pembuluh darah solusinya hanya operasi pasang ring jantung. Ada juga yang bilang kalau plak di pembuluh darah itu tidak bisa hilang. Bodohnya lagi dokter-dokter tidak berpengalaman yang bilang begitu. Padahal dokter di Amerika sana bilang kalau plak itu bisa dibersihkan dengan ICP Capsule ada penelitian FDA USA Sampai tahap 3 dimana menghabiskan biaya ratusan milyar rupiah untuk meneliti hal ini. Baca di website ini atau hubungi saja call center nya ICP Capsule di 082244667757 ini aktif 24 jam.

Ya Tentu saja bagi anda yang mengalami masalah dengan penyempitan pembuluh darah di jantung maupun otak bisa segera beli dan coba obat icp capsule ini. ICP Capsule yang asli hanya dijual disini. Jadi hubungi langsung customer service nya di 082244667757 Ibu Monica jangan nomer lain.

  1. Penyakit Jantung bengkak

Dan yang terakhir adalah jenis penyakit yang menyebabkan jantung bengkak atau biasa disebut kardiomegali. Ini merupakan salah satu kondisi adanya penebalan pada otot jantung sehingga ukuran jantungnya lebih dari angka normal. Penyakit jantung bengkak ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Dilated cardiomyopathy: Kondisi yang disebut juga kardiomiopati kongestif ini diakibatkan karena bilik utama pada jantung serta serambi kiri yang semakin membengkak akibatnya akan menyebabkan dinding otot jantung yang semakin melemah. Kondisi ini cukup jarang terjadi, biarpun terjadi penderita biasanya tidak akan menyadarinya.
  • Hypertrophic cardiomyopathy: merupakan kondisi yang mengakibatkan ventrikel jantung sebelah kiri mengalami pembengkakan akibat penebalan yang terjadi pada bagian dinding jantung. Pemicunya biasanya karena hipertensi.

Beberapa hal yang menyebabkan jantung bengkak, diantaranya efusi pericardial, mengalami anemia, kelainan pada tiroid, hemokromatis, amyloidosis, dipicu karena kelainan jantung coroner, serangan jantung, jantung bawaan, tekanan darah yang terlalu tinggi, hipertensi, keturunan atau bahkan bisa juga karena penyakit HIV.

Biasanya orang yang mengalami gejala pembengkakan jantung dadanya terasa nyeri jika dipegang, dianjurkan untuk mengurangi minum air maksimal sekitar 1 liter perhari karena kalau terlalu banyak minum air bisa mengakibatkan fungsi jantung menjadi berat bahkan kaki bisa menjadi bengkak juga.

Diagnosa Medis Jantung

Cara diagnosa medis jantung biasa dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah benar mengidap penyakit jantung dan menentukan tingkat keparahan dan jenis penyakit jantung yang diderita. Metode macam Diagnosa penyakit jantung:

  • Elektrokardiogram atau yang biasa dikenal dengan EKG untuk indikator kesehatan jantung
  • Kateterisasi atau angiogram
  • Ekokardiogram
  • CT Scan Jantung

7 Cara Pencegahan Penyakit Jantung

Ada 10 jenis-jenis Penyakit jantung dan yang namanya sakit jantung itu adalah salah satu penyebab kematian terbesar sampai dengan saat ini. Itulah pentingnya memahami penyebab dan faktor-faktor pemicu penyakit jantung seperti makan makanan berlemak, makanan cepat saji / junk food, bersantan, jeroan, dan makanan berlemak tinggi seperti gajih daging sapi. Selain itu untuk mencegah penyakit jantung bisa melakukan perubahan pada Gaya Hidup yang sehat, seperti:

  • Makan makanan sehat seperti sayur dan makanan kaya akan omega 3 seperti ikan salmon. Hindari memakan makanan manis dan berlemak tinggi.
  • Rajin Olahraga Minimal 2 kali dalam seminggu
  • Mandi Air Dingin
  • Jangan Stress
  • Tidur yang cukup
  • Berhenti merokok

Pahami juga tanda-tanda serangan jantung agar bisa segera dilakukan tindakan pengobatan darurat terbaik.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Sebelumnya kita telah membahas macam-macam penyakit jantung dan cara pencegahan penyakit jantung. Sekarang kita akan membahas Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Jantung Tanpa Operasi? Kini pengobatan jantung tanpa operasi pemasangan ring maupun operasi jantung by pass bukanlah suatu Hal yang mustahil. Karena sekarang sudah ada ICP Capsule obat herbal yang sudah ada uji klinis, evidence based research, lolos FDA USA Tahap III (BPOM AMERIKA), Halal, dan Sudah banyak digunakan oleh ribuan dokter spesialis jantung di seluruh dunia.

Cara kerja dari Obat Jantung ICP Capsule adalah dengan memperbaiki fungsi jantung dan Mampu Membersihkan plak penyumbatan yang ada di seluruh saluran pembuluh darah di seluruh tubuh, di tangan, kaki, kepala, dan jantung. Inilah kunci kesembuhan penyakit jantung tanpa operasi pasang ring.

Itulah 10 macam-macam penyakit jantung yang sering terjadi, 7 cara pencegahan, dan Cara Mengobati penyakit jantung tanpa operasi. Dari ke 10 macam penyakit ini manakah penyakit jantung yang paling berbahaya? Semuanya memiliki resiko yang tinggi untuk itulah dibutuhkan tindakan pengobatan yang tepat seperti minum obat herbal icp capsule. Selain itu, Pola hidup yang tidak sehat adalah kunci Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa mendapatkan serangan penyakit kronis, oleh itu sebelum terlambat sebaiknya Anda bisa menjalankan pola hidup yang lebih baik lagi dan minumlah rutin ICP Capsule untuk pencegahan agar anda terhindar dari berbagai jenis dan macam-macam penyakit jantung.