Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Jantung

By | May 28, 2018

Manfaat Cuka Apel untuk Jantung – Apa itu cuka apel ? Cuka apel adalah hasil fermentasi dari campuran gula, air, dan tentu saja apel. Kali ini icpcapsule.net akan membahas tentang Cuka Apel untuk keehatan jantung, Menurut sejarahnya, cuka apel ini pertama kali ditemukan di Inggris tepatnya desa Kentish pada 55 tahun SM oleh pasukan orang-orang romawi yang dipimpin oleh Julius Cesar. Namun, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa cuka apel pertama kali ditemukan oleh Hippocrates sebagai bahan obat-obatan pada tahun 400 SM. Sejak awal ditemukan, cuka apel banyak digunakan sebagai minum-minuman, bahan pengawet alami, bahan penyedap makanan, dan obat-obatan. Cuka apel memiliki rasa seperti kombinasi asam fermentasi dan apel.

Baca juga  CARA MENGOBATI JANTUNG DENGAN DAUN KEMANGI

Cara membuat cuka apel pun sesungguhnya sangat mudah, anda cukup menyiapkan bahan-bahan seperti apel sebagai bahan utama, gula, dan air. Pertama-tama cucilah buah apel segar dengan air sampai bersih. Lalu potong buah apel tersebut, tidak usah dikupas kulitnya, dan biarkan bijinya. Lalu rendam potongan buah apel tersebut dengan air larutan gula dalam sebuah wadah.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Jantung

Setelah itu diamkan rendaman apel dan larutan air gula tersebut selama kurang lebih satu minggu hingga air rendaman menjadi coklat seperti warna cuka apel. Jika terdapat jamur dalam rendaman tersebut, jangan khawatir, ini adalah hal normal. Cukup dibersihkan jamur tersebut dengan diambil atau disaring. Lalu pindahkan air rendaman apel tersebut ke wadah yang ada tutupnya. Teruskan apel dalam keadaan terendam selama 6 minggu pada wadah yang tertutup tersebut. Maka air cuka apel pun akan jadi jika semua tahap-tahap tersebut sudah selesai dijalankan semuanya sesuai prosedur.

Baca juga  Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kiri

Adapun, kandungan cuka apel ini sangat luar biasa manfaatnya. Yakni antara lain kalium, pektin, asam amino, asam malat, asam tartrat, betakaroten, natrium, magnesium, fosfor, dan zat-zat penting lainnya. Manfaat dari cuka apel ini pun banyak sekali, yaitu seperti mengobati penyakit tulang dan sendi, diabetes melitus, rambut rontok, sinusitis, sembelit, sakit kepala, diare, eksim, sakit mata, keracunan makanan, obesitas, dan termasuk penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit stroke. Cuka apel dapat mengobati penyakit jantung karena cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang dapat menimbulkan pembentukan plak-plak yang dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri koroner, serta mengatasi tekanan darah yang tinggi.

Baca juga  Sakit Dada Sebelah Kiri: Waspada Penyakit Jantung !

Cara mengkonsumsi cuka apel inipun ada berbagai macam, salah satunya adalah mencampurkan dua sendok makan cuka apel segar dan madu dalam segelas air dan meminumnya. Selain itu, anda juga dapat mencampurkan cuka apel ke dalam makanan atau jus dan teh anda. Anda juga dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti saus salad anda.

Cuka apel memang sangat baik jika dikonsumsi rutin dan sesuai porsi yang dianjurkan. Perlu diperhatikan pula bahwa ada sedikit efek samping yang dapat ditimbulkan jika terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel. Salah satunya adalah memicu asam lambung, memicu hipoglikemia, memicu gangguan pencernaan, merusak gigi, melukai tenggorokan, dan menyebabkan hipokalemia. Itu sebabnya sangat penting sekali untuk tetap memperhatikan porsi atau takaran cuka apel yang kita konsumsi. Itulah berbagai manfaat cuka apel untuk kesehatan jantung smoga bermanfaat.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1