Mengatasi Jantung Lemah Secara Alami

By | April 10, 2018

Jantung lemah adalah salah satu jenis penyakit jantung yang bisa diderita oleh siapa saja. Namun kebanyakan mereka yang memiliki jenis penyakit jantung lemah merupakan penyakit jantung bawaan sejak mereka dilahirkan. Lantas, bagaimana mengatasi jantung lemah secara alami atau tanpa menggunakan penanganan medis? Sebenarnya jika Anda ingin mengatasi jantung lemah secara alami tidak lah sulit. Namun, harus benar-benar memahami bahwa ternyata proses tersebut membutuhkan waktu yang lama alias tidak bisa diatasi secara instan. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan.

1. Hindarilah konsumsi makanan yang bisa memacu tekanan darah Anda semakin tinggi

Cara mengatasi penyakit jantung lemah dengan alami pertama adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang nantinya malah akan memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ya, saat hipertensi terjadi pada penderita jantung lemah kondisinya malah akan semakin parah, bahkan bisa saja jika sudah tidak bisa diatasi penderita akan mengalami komplikasi penyakit lain, seperti stroke atau kelumpuhan pada seluruh tubuh atau sebagiannya saja.

Salah satu makanan yang bisa memicu hipertensi misalnya saja sate kambing dan makanan dengan kandungan lemak atau garam berlebihan. Kandungan-kandungan tersebut sangatlah berbahaya terutama dalam proses peningkatan aliran darah dengan lebih cepat. Ini akan membuat jantung harus bekerja dengan lebih keras dan lebih berat lagi.

2. Hindarilah kondisi stress yang terlalu berlebihan

Agar bisa mengatasi penyakit jantung yang terjadi di dalam tubuh manusia maka sudah sangat jelas proses penyembuhan yang dilakukan harus dari pusatnya atau pemicunya. Sementara yang dianggap pusat dari manusia adalah otak. Secara psikologi, otak manusia mempunyai pengaruh yang cukup besar pada tubuh manusia. Jika kondisi otak sangat stress hal tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi pada kesehatan termasuk salah satunya pada kondisi hipertensi yang mempengaruhi jantung semakin lemah dan semakin harus bekerja dengan lebih berat. Oleh sebab itu, saat Anda sedang merasa stress sebaiknya carilah aktivitas yang bisa meringankan beban pikiran Anda.

Baca juga  6 Obat Tradisional Lemah Jantung

3. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi

Kondisi penyakit jantung lemah biasanya akan membuat tubuh Anda semakin kekurangan sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Padahal sel darah merah di dalam tubuh sangatlah dibutuhkan untuk bahan bakar dalam melakukan aktivitas secara normal. Jika Anda kekurangan asupan dan juga produksinya makan jantung malah harus bekerja lebih keras untuk bisa mengalirkan serta mengganti kandungan karbon dioksida dalam tubuh dengan oksigen. Oleh sebab itu yang perlu Anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi makanan mengandung zat besi agar bisa memperbanyak sel darah merah, salah satu jenis makanan yang banyak mengandung zat besi adalah bayam.

Baca juga: penyakit jantung iskemik

4. Hindarilah bahaya radikal bebas

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh merupakan hal yang sangat membahayakan termasuk untuk kondisi jantung lemah. Adanya radikal bebas juga akan sangat beresiko menimbulkan kangker. Oleh sebab itu Anda sangat dianjurkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti oksidan, misalnya saja seperti apel. Anti oksidan bisa meminimalisir racun dalam tubuh dan mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh.

5. Istirahatlah dengan cukup

Jantung manusia adalah salah satu otot yang akan bekerja di dalam tubuh namun di luar kesadaran. Artinya, walaupun Anda sedang tidak melakukan aktivitas apapun, kinerja jantung akan terus saja berlangsung, yaitu melakukan proses pemompaan darah ke seluruh tubuh. Sementara salah satu cara untuk mengurangi beban kerja jantung agar tidak terlalu keras dalam bekerja adalah dengan beristirahat yang cukup. Jangan terlalu memforsir tubuh melakukan kegiatan tanpa tidur sama sekali dalam bahkan hingga berhari-hari. Hal tersebut akan sangat membahayakan tubuh.

Baca juga  Manfaat Obat Tradisional Jantung Bengkak

6. Hindarilah kebiasaan sering merokok

Aktivitas merokok merupakan salah satu aktivitas yang sangat tidak baik, namun banyak yang menyukainya. Namun, aktivitas ini akan sangat membahayakan, resiko penyakit jantung karena rokok sangatlah besar. Apalagi jika penderita jantung lemah merokok, itu malah akan semakin membahayakan bahkan tingkat kematiannya akan semakin tinggi.

Baca juga : penyakit jantung hipertensi

7. Hindarilah melakukan aktivitas yang sangat berat

Jika seseorang menderita jantung lemah maka segala aktivitas yang dilakukan haruslah diperhatikan, jangan melakukan aktivitas yang memberatkan, karena itu malah akan membahayakan jantung. Saat aktivitas berat dilakukan biasanya tubuh penderita jantung lemah akan cenderung semakin lemah. Secara normalnya tubuh yang kelelahan sangat membutuhkan pasokan oksigen yang lebih banyak, pada penderita jantung lemah akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding orang normal untuk bisa membawa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kalau sampai organ tubuh vital misalnya saja otak tidak cepat mendapatkan aliran oksigen dengan baik maka resiko hilang kesadaran pada penderita jantung lemah sangatlah besar.

8. Tetap rileks dan jangan merasa tegang

Saat penderita jantung lemah mengalami gangguan pada jantungnya, sebaiknya mereka tidak boleh merasa tegang dan tetap dalam keadaan rileks atau tenang. Sebab, secara psikologis, terjadinya efek tegang ini akan membuat jantung semakin berdebar lebih kencang. Ini mengakibatkan jantung harus beraktifitas dengan sangat berat bahkan kinerjanya bisa semakin terganggu.

9. Mengontrol emosi

Masih berhubungan dengan kondisi psikologi. Ya, emosi dan stress memang akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan, bahkan bisa membuat penderita jantung lemah semakin parah kondisinya. Pikiran yang stabil dan bisa mengendalikan emosi bisa membantu proses penyembuhan jantung lemah.

Baca juga  Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Yang Sangat Membahayakan

Baca juga : cara mengatasi jantung berdebar

Itulah 9 cara mengatasi jantung lemah secara alami, hal-hal di atas bisa Anda lakukan guna menghindari kondisi yang lebih buruk dan semakin membahayakan.

😡
☹️
😐
☺️
😍