Penyakit Miokarditis : Gejala Hingga Komplikasinya

By | April 16, 2018

Bicara mengenai penyakit yang berhubungan dengan jantung mungkin tidak akan pernah ada habisnya ya. Kali ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai salah satu masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung Anda. Mungkin selama ini Anda mengira jika penyakit jantung yang bisa Anda alami itu hanyalah penyakit jantung koroner, serangan jantung, jantung lemah, dan bocor. Lebih dari itu, sebenanrnya penyakit yang berhubungan dengan jantung itu lebih kompleks ya. Kali ini kami akan membahas salah satunya yaitu Miokarditis ya.Untuk mengetahui informasi detail mengenai penyakit ini simak ulasannya di bawah ini ya :

Pengertian Miokarditis

miokarditis

Pertama-tama kami akan memberitahu Anda mengenai pengertian dari penyakit ini. Agar Anda mengetahuinya dan bisa membedakannya dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung yang lainnya ya. Miokarditis adalah salah satu kondisi dimana lapisan atau selaput dinding jantung yang bagian tengah atau sering disebut sebagai miokaridum itu mengalami peradangan atau iritasi. Nah karena miokardium itu mengalami peradangan maka bisa mempengaruhi sistem kelistrikan jantung dan bisa mempengaruhi kerja dari jantung. Bisa menghambat jantung ketika memompa darah ke seluruh tubuh dan bahkan bisa menyebabkan Anda mengalami aritmia atau detak jantung yanga abnormal.

Baca juga : cara minum obat isosorbide dinitrate

Gejala Penyakit Miokarditis

Anda semua sudah mengetahui informasi mengenai gejala dari Miokarditis. Sekarang saatnya Anda mengetahui informasi mengenai gejala dari penyakit ini sehingga Anda bisa tahu jika mengalaminya dan bisa sedikit mendiagnosis diri sendiri. Berikut adalah beberapa gejala yang akan muncul jika Anda mengalami penyakit ini :

  • Nyeri pada dada

Masih sama dengan penyakit yang lainnya ya, jika Anda mengalami Miokarditis maka yang pertama Anda akan merasakan nyeri atau sakit pada dada. Gejala ini disebut sebagai angina dalam dunia medis dan rasanya dada seperti ditusuk-tusuk.

  • Aritmia
Baca juga  Penyebab Nyeri Dada

Seperti yang sudah kita bahas di pengertian tadi jika ternyata kondisi ini juga bisa mempengaruhi detak jantung Anda. Salah satu gejala yang akan Anda alami adalah detak jantung yang berdegup secara tidak normal atau di dalam dunia medis disebut sebagai aritmia.

  • Mudah pingsan

Ternyata tidak hanya orang tua saja yang bisa mengalami Miokarditis. Anak-anak kecilpun juga bisa mengalami kondisi ini dan biasanya gejalanya hampir sama ya. Gejala lain jika Anda mengalami Miokarditis maka Anda akan mudah pingsan atau tak sadarkan diri ya.

  • Napas pendek

Pada umumnya gejala dari Miokarditis ini hampir sama de ngan perikarditis ya. Selain nyeri pada dada dan juga aritmia, Anda juga akan memiliki napas yang pendek juga. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mengawasi kondisi tubuh Anda sendiri. Terutama jika napas Anda ketika sedang tidur atau bersitirahat jadi cepat dan terengah-engah maka mungkin bisa jadi Anda mengalami Miokarditis ya.

  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Orang yang mengalami Miokarditis juga akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya. Biasanya orang yang mengalami Miokarditis itu akan mengalami bengkak pada bagian tungkai kaki, pergelangan kaki, dan juga bagian tangan pun bisa menjadi bengkak. Akibatnya terkadang beberapa orang mengalami kenaikan berat badan karena itu. Jika Anda merasa beberapa bagian tubuh Anda bengkak maka perlu diperiksakan ya.

Baca juga : Bahaya Jantung Lemah

Diagnosis penyakit Miokarditis

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang sudah kami sebutkan di atas maka Anda tentu saja perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter ya. Karena penyakit ini tidak hanya bisa Anda deteksi sendiri melalui gejala yang sudah Anda alami. Oleh karena itu Anda perlu melakukan pemeriksaan sehingga dokter bisa melakuakan diagnosa. Anda bisa melakukan pemeriksaan seperti ECG, sinar-x di dada, MRI, tes darah, Katerisasi jantung, dan juga Biopsi endomiokard juga ya. Dengan melakukan beberapa tes itu maka Anda akan dengan mudah mengetahui penyakit apa yang Anda alami. Jadi jangan ragu dan jangan takut ketika akan melakukan diagnosa ya.

Baca juga  4 Penyebab Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya

Komplikasi Miokarditis

Setelah memberitahu Anda informasi mengenai pengertian sampai diagnosisnya kali ini kami akan memberitahu Anda mengenai kompilakasi yang bisa disebabkan oleh masalah jantung yang satu ini. Jika anda sudah didiagnosis mengalami Miokarditis maka segera mungkin segera mengobatinya ya. Karena jika penyakit ini dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan Anda mengalami Miokarditis yang lebih parah dan bahkan bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa komplikasi dari penyakit Miokarditis :

  • Serangan jantung

Karena peradangan pada bagian tengah jantung ini juga bisa menyebabkan jantung tak bisa bekerja dengan baik. Maka nantinya jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Akibatnya nanti darah akan menggumpal dan menyumbat di jantung sehingga bisa menyebabkan Anda mengalami serangan jantung.

  • Stroke

Tidak hanya mengalami serangan jantung saja, gumpalan darah yang tidak bisa keluar dan tersumbat di dalam jantung itu bahkan juga bisa menimbulkan beberapa gejala stroke ya. Bisa sampai stroke yang parah dan menyebabkan anda lumpuh sebagian.

  • Gagal jantung

Miokarditis merupakan kondisi yang cukup serius dan tidak bisa Anda abaikan begitu saja ya. Komplikasi lain yang bisa ditimbulkan adalah gagal jantung. Karena Miokarditis jika dibiarkan dapat merusak otot jantung yang mana isa menyebabkan fungsi jantung jadi gagal dan jantung enggan bekerja.

Baca juga : tindakan medis jantung koroner

Nah itulah beberapa infromasi mengenai penyakit Miokarditis secara detail. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1