Obat Jantung Berdebar Secara Alami dan Cepat

By | April 5, 2018

Jantung berdebar merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang bisa diderita oleh siapa saja. Kondisi kelainan pada jantung ini biasanya akan dirasakan penderita dengan gejala jantung yang berdebar dengan sangat kencang dan cepat. Jika sedang kambuh kondisi bisa menyerang selama beberapa detik, menit bahkan hingga hitungan jam.

Sebenarnya Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena tidak semua kondisi jantung berdebar merupakan ciri-ciri jantung lemah yang membahayakan. Sebagai informasi yang sangat penting, berikut ini adalah obat jantung berdebar secara alami dan cepat yang bisa Anda manfaatkan saat jantung terasa berdebar-debar.

  1. Melakukan relaksasi

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan relaksasi. Kenapa? Karena penyebab jantung berdebar salah satunya bisa karena stress yang berlebihan atau bergembira dengan sangat berlebihan, sehingga dengan relaksasi hal tersebut diharapkan bisa membantu untuk mengurangi stress dan mengembalikan detak jantung seperti semula.

  1. Melakukan manuver vagal

Saraf vagus mempunyai cukup banyak fungsi, salah satunya adalah untuk menghubungkan otak ke jantung. Saat maneuver vagal melakukan rangsangan pada saraf vagus, hal tersebut bisa membantu mengatur detak jantung yang berdetak terlalu cepat menjadi normal kembali. Sementara cara merangsang saraf vagus tidak terlalu sulit.

Anda bisa mandi menggunakan air dingin dan curahkan air dingin nya ke wajah Anda. Atau bisa juga hanya dengan mengoleskan handuk dingin ke wajah selama beberapa detikan. Air dingin tersebut bisa membantu Anda mensitmulus saraf.

Baca juga  Mengatasi Jantung Lemah Secara Alami
  1. Mengkonsumsi air putih

Obat jantung berdebar secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air putih. Ini bisa mencegah terjadinya dehidrasi yang akan menyebabkan palpitasi pada jantung. Ini juga disebabkan karena darah sendiri yang mengandung, jadi kalau seseorang mengalami dehidrasi maka darah kemungkinan besar akan menjadi lebih kental. Sehingga akan lebih baik jika Anda merasakan denyut jantung yang tidak menentu atau berdebar, minumlah segelas air putih. Atau saat Anda melihat urin Anda berwarna kuning gelap maka itulah saatnya Anda harus mengkonsumsi air lebih banyak lagi.

  1. Mengembalikan keseimbangan elektrolit

Elektrolit merupakan zat yang akan membantu untuk memindahkan sinyal listrik ke seluruh tubuh. Sinyal tersebut sangatlah penting terutama untuk jantung. Sementara beberapa elektrolit yang dibutuhkan jantung diantaranya, kalium, kalsium, magnesium dan juga sodium.

Dimana bisa mendapatkan elektrolit yang cukup? Sebagian besarnya bisa Anda dapatkan dari makanan, seperti alpukat, ubi jalar, pisang, bayam. Sementara kalau ingin menerima asupan kalsium yang cukup, Anda bisa mengkonsumsi susu dan sayuran dengan daun hijau gelap karena lebih banyak mengandung magnesium dibandingkan dengan sayuran lainnya, begitu juga dengan ikan dan kacang.

Sementara untuk sodium, kebanyakan orang mendapatkan asupan nya dengan mengkonsumsi daging kemasan dan sup kalengan. Kalau mau, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang bisa membantu meningkatkan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Namun sebelum mengkonsumsi nya sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu pada dokter guna mencegah terjadinya kelebihan elektrolit yang malah akan membahayakan.

Baca juga  8 Buah Untuk Jantung Berdebar Yang Dapat Dikonsumsi Sehari-Hari
  1. Hindarilah stimulant

Ada saja beberapa zat tertentu yang akan menyebabkan debaran jantung menjadi sangat tidak teratur. Beberapa zat tersebut biasanya sering didapatkan dalam makanan dan minuman, seperti konsumsi kafein yang terlalu berlebih yang malah akan membuat jantung berdebar dengan sangat cepat, konsumsi alkohol yang sangat berlebihan, gaya hidup yang buruk dengan mengkonsumsi tembakau dan juga ganja, konsumsi obat batu dan demam dan beberapa obat lain yang mempunyai efek samping pada jantung. Yang perlu Anda lakukan adalah memahami apa yang menyebabkan jantung Anda berdebar dengan sangat cepat.

  1. Menarik nafas agar dan menghembuskannya dengan teratur

Jika kebetulan Anda merasakan denyut jantung yang berdebar secara tiba-tiba, sebaiknya jangan panik. Usahakan Anda tetap dalam keadaan santai, atur penapasan Anda agar bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh. Setelah napas stabil, segeralah minum 1 gelas air hangat.

  1. Beristirahatlah dengan cukup

Napas yang terasa panas disertai debaran jantung yang sangat tidak stabil merupakan salah satu tanda bahwa Anda kekurangan istirahat. Saat Anda mendapatkan gejala tersebut sebaiknya segera hentikan aktivitas Anda, karena kalau diteruskan bisa membahayakan, Anda tidak mau kan mendapatkan penyebab serangan jantung karena kurang istirahat. Anda perlu beristirahat beberapa waktu agar bisa membuat jantung Anda kembali normal.

  1. Berolahraga dengan rutin

Terkadang seseorang mendapatkan hal-hal buruk dengan jantung nya karena ia sangat kurang berolahraga. Tidak buruk berolahraga dengan rutin, malah itu akan sangat membantu Anda terutama dalam meningkatkan kinerja jantung dengan lebih baik lagi. Beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan diantaranya berenang, bersepada atau berjalan kaki.

Baca juga  10 Obat Tradisional Jantung Berdebar
  1. Mengendalikan emosi

Tidak sedikit juga beberapa orang yang mempunyai gejala jantung berdebar disebabkan karena kondisi emosis yang tidak pernah stabil, mudah marah dan sangat sulit memenejnya dengan baik. Itu akan menjadi masalah yang berbahaya jika Anda tidak kunjung mengatasinya. Bisa saja Anda menderita hipertensi, atau penyakit jantung berbahaya hanya karena emosi yang sangat tidak stabil. Sebagai salah satu cara mengatasinya, saat Anda sedang merasa kalau emosi Anda sangat tidak stabil Anda bisa beristirahat dan bernapas, tenangkan pikiran dengan segelas air putih juga tidak ada salahnya.

Itulah obat jantung berdebar secara alami dan cepat. Beberapa cara di atas sebenarnya merupakan cara praktis yang dapat Anda lakukan di rumah. Namun jika kondisi jantung Anda sudah semakin parah sebaiknya segera konsultasikan masalah kesehatan Anda pada dokter karena dikhawatirkan ada hal lain yang memicu jantung Anda tidak bisa berdetak dengan stabil dan menjadi cara pencegahan penyakit jantung.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍4