5 Gangguan Kesehatan pada Pembuluh Darah

By | March 25, 2018

pembuluh darahPenyakit yang berhubungan dengan jantung dan juga pembuluh darah adalah salah satu penyakit yang paling mematikan yang pernah ada di dunia ini. Seringkali masalah kesehatan yang terjadi pada jantung maupun pembuluh darah menjadi “silent killer” yang mana membunuh orang-orang secara perlahan.

Tidak terlalu terasa terasa gejalanya namun bisa merenggut nyawa seseorang. Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit yang berhubungan dengan keduanya maka sudah selayaknya Anda menjaga kesehatan. Supaya Anda menjadi lebih berhati-hati maka kali ini kami akan memberikan infromasi mengenai jenis gangguan kesehatan pada pembuluh darah. Apa saja? Simak berbagai macam masalahnya di bawah ini :

  1. Hipertensi

Siapa yang tidak mengenal hipertensi? Hipertensi adalah salah satu gangguan atau masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Hipertensi atau yang lebih kita kenal sebagai tekanan darah tinggi ini adalah sebuah masalah yang menyerang tekanan darah tinggi dan sayangnya karena sudah biasa terjadi pada banyak orang malah kerap disepelekan. Padahal hipertensi adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada pada tubuh kita menjadi sempit sehingga tubuh akan kekurangan oksigen.

Orang yang mengalami hipertensi ini adalah orang yang memiliki tekanan darah yang tidak normal atau melebihi batas. Biasanya tekanan darah normal seseorang adalah 120/80 namun jika orang itu terindikasi hipertensi tekanan darahnya bisa mencapai 140/90 minim 3 kali pengukuran. Sebaiknya jika sudah terindikasi mengalami tekanan darah tinggi maka jangan sampai mengabaikannya karena itu bisa berpotensi menimbulkan kompilakasi lainnnya seperti misalnya saja penyakit jantung.

Baca juga : Penyakit Jantung Lemah

  1. Atherosclerosis

Jenis kelainan pada pembuluh darah yang kedua bernama Atherosclerosis, penyakit ini adalah sebuah penyakit atau gangguan yang menyerang pembuluh yaitu pembuluh yang mengalami kelainan karena ada sumbatan yang biasanya berupa lemak atau mungkin senyawa inflamasi. Sumbatan yang berkumpul di pembuluh ini nantinya lama kelamaan akan membentuk sebuah plak yang ternyata bisa juga pecah. Kelainan bernama Atherosclerosis ini adalah salah satu penyakit yang sebenarnya bisa muncul sejak kecil dan munculnya hanya singkat, baru nanti bermansiestasi ketika penderita sudah dewasa.

Baca juga  6 Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah yang Harus Diwaspadai

Atherosclerosis ini jika menyerang pembuluuh yang bertugas untuk menutrisi jantung maka bisa menimbulkan penyakit jantung koroner. Oleh karena itu pentingnya untuk menjaga pola makan kita sejak dini karena Atherosclerosis ini adalah penyumbatan pada saluran pembuluh, oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda menjauhi berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol dan juga minyak berlebih karena bisa menyebabkan kadar kolesterol menumpuk.

  1. Aritmia

Penyakit atau masalah yang berhubungan dengan pembuluh yang selanjutnya adalah aritmia. Jika Anda belum tahu apa itu aritmia, artimia adalah kelainan yang terjadi pada detak jantung kita, detak jantung memiliki irama yang tidak normal. Bisa jadi irama jantung yang kita miliki menjadi lebih cepat atau yang sering kita sebut dengan berdebar, dan juga bisa jadi detak jantung akan menjadi lebih lambat daripada normal. Aritmia ini bisa terjadi karena disebabkan oleh kelainan pada otot jantung dan juga pembuluh.

Selain itu Anda perlu mengetahui juga jika aritmia ini adalah salah satu dari ciri-ciri penyakit jantung yang bisa saja Anda alami. Hampir semua penyakit jantung mengalami yang namanya aritmia, tiap orang kondisinya berbeda ya. Bisa jadi mengalami detak yang cepat atau mengalami detak yang lambat. Selain karena kelainan pada otot jantung, penyakit ini juga bisa disebabkan karena pasokan darah di tubuh yang terlalu banyak sehingga jantung harus bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh maupun dari seluruh tubuh menuju jantung itu sendiri.

Baca juga : Obat Penyumbatan Pembuluh Darah Syaraf di Otak

  1. Varises

Bicara soal masalah atau gangguan pada pembuluh darah maka banyak sekali yang harus kita ketahui karena jenis penyakit itu tidak hanya satu dua saja ya. Masalah kesehatan keempat yang bisa menyerang pembuluh dan sering dialami oleh Anda adalah varises. Mungkin Anda semua sudah bisa mengenal yang namanya varises kan? Jika belum maka kali ini kami akan menjelaskannya sedikit sehingga Anda semua mengetahuinya. Varises adalah penyakit yang menyerang peredaran vena manusia yang mana biasanya pembuluh vena melebar sehingga menjadi berkelok-kelok. Varises bisa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah di kaki. Varises bisa terjadi karena ada sumbatan di pembuluh sehingga bisa menyebabkannya menjadi melebar.

Biasanya varises bisa ditemukan pada bagian betis kaki ya, jika Anda tak mau mengalami varises maka kami menyarankan supaya Anda lebih memperhatikan kondisi Anda. Karena jika varises dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan Anda mengalami aliran darah yang terhambat sampai ke jantung dan bisa menyebabkan Anda mengalami arus balik darah.

  1. Arterisklerosis

Jika tadi ada Atherosclerosis, maka sekarang ada Arteriskelrosis. Mungkin masih banyak dari Anda yang merasa asing dengan penyakit yang satu ini. Bagi Anda yang mungkin belum tahu apa penyakit ini. Maka kali ini kami akan memberitahu Anda informasi mengenai Arterisklerosis, penyakit ini adalah kondisi dimana terjadi penimbunan senyawa semacam zat kapur pada pembuluh kita. Selain penimbunan, bahkan ada kondisi dimana pembuluh bisa mengalami pengerasan dan penbalan. Oleh karrna itu jika Anda merasa ada yang tak enak dengan tubuh misalnya sering mengalami pusing atau gejala lainnya seperti aritmia maka segara konsultasi dengan dokter.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner

Nah itu dia beberapa infromasi penting yang kami sampaikan mengenai jenis gangguan kesehatan pada pembuluh darah. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1