5 Cara Pencegahan Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Lakukan

By | March 27, 2018

Pencegahan Penyakit Jantung – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia. Jika tidak segera disadari dan mendapatkan penanganan yang tepat kemungkinan penderita bisa saja mengalami kematian secara mendadak. Oleh sebab itulah jika seseorang menderita penyakit jantung ia harus mendapatkan pencegahan secepat mungkin. Bukan hanya mereka yang mengalami jantung saja, namun bagi Anda yang masih dalam keadaan sehat mencegahnya sejak dini adalah hal yang diharuskan. Berikut ini adalah 5 cara pencegahan penyakit jantung yang wajib Anda lakukan sejak dini. Selain pencegahan kita juga harus memahami apa saja penyebab sakit jantung

Baca juga  Sakit Dada Sebelah Kiri: Waspada Penyakit Jantung !

1. Berhentilah melakukan kebiasaan merokok

Merokok merupakan aktivitas yang sangat buruk. Bukan hanya berbahaya pada diri sendiri, bahkan akan sangat membahayakan orang-orang disekitar kita yang menghirup asapnya. Di dalam rokok terkandung zat berbahaya yaitu nikotin, sementara asapnya mengandung karbon monoksida. Zat tersebut tentunya akan sangat membahayakan kesehatan, apalagi jika lakukan secara berulang. Salah satu organ dalam tubuh yang akan terganggu adalah jantung, rokok bisa menghambat kinerja jantung bahkan, darah di dalam tubuh juga bisa terkontaminasi oleh racun dari rokok. Oleh sebab sebaiknya Anda berhenti merokok mulai saat ini juga.

2. Menerapkan pola hidup yang sehat

Pencegahan penyakit jantung selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Lantas bagaimana caranya? Untuk memicu jantung dan melatihnya agar tetap dalam keadaan bugar, Anda bisa berolahraga dengan rutin minimal 2 sampai 3 jam dalam seminggu. Tidak perlu melakukan olahraga yang ekstrim, Anda bisa  berlari santai tiap pagi atau dilakukan di akhir pekan juga tidak apa-apa.

Selain olahraga, sebaiknya imbangi juga dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, seperti mengkonsumsi buah, sayur dan mengurangi makan-makanan berlemak. Ini akan membantu Anda mengontrol berat badan dengan alami, jadi Anda tidak perlu lagi melakukan diet yang bahkan sangat ekstrim

3. Mengontrol Tekanan Darah

Tahukah Anda, kalau hipertensi atau tekanan darah yang sangat tinggi akan memicu serangan jantung? Bahkan bisa terjadi serangan jantung mendadak dan hal tersebut bisa saja menyebabkan kematian pada seseorang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk para penderita jantung dan mereka yang masih dalam keadaan sehat selalu menjaga tekanan darahnya. Jagalah tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal. Karena kalau sudah melebihi batas normal, tidak hanya jantung saja yang terpengaruh, Anda juga bisa saja mendapatkan komplikasi penyakit lainnya. Seperti, stroke.

Lalu, bagaimana cara mengontrol tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal? Anda bisa menjaga asupan makanan khususnya yang mengandung sodium atau garam tinggi. Pasalnya, makanan mengandung sodium merupakan penyebab kenaikan tekanan darah secara mendadak. Atau kalau Anda memang memiliki masalah dengan tekanan darah, Anda bisa berkonsultasi untuk mengkonsumsi obat anti hipertensi yang dianjurkan.

4. Mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung Anda juga harus mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh Anda. Jangan berlebihan karena hal tersebut akan memicu resistensi insulin di dalam tubuh semakin terganggu akibatnya Anda akan mengalami diabetes, sementara itu diabetes malah akan memicu terjadinya penyakit jantung. Bahkan sama halnya seperti hipertensi kondisi tersebut juga bisa saja menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya yang lebih kronis, seperti stroke.

Baca juga: obat jantung bocor

Bagaimana cara mengontrol kadar gula darah? Sebaiknya Anda batas konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Selain itu jika Anda ingin mengkonsumsi nasi, akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsi nasi merah atau nasi hitam dibandingkan mengkonsumsi nasi putih. Ini karena kandungan karbohidrat di dalam nasi putih sangat tinggi artinya akan semakin tinggi memicu peningkatan gula darah bahkan secara mendadak, dan hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung secara mendadak juga.

5. Jagalah kadar kolesterol di dalam tubuh

Kolesterol yang masuk ke dalam tubuh mempunyai 2 jenis yang berlawanan, yaitu kolesterol baik dan jahat. Menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tidak terlalu berlebihan merupakan suatu keharusan, apalagi bagi Anda yang sudah berusia di atasi 40 tahun. Pasalnya kolesterol merupakan salah satu hal lain yang mengakibatkan seseorang mendapatkan serangan penyakit jantung secara mendadak. Oleh sebab itu untuk mencegah hal yang tidak Anda inginkan adalah dengan menjaganya.

Baca juga: penyakit jantung rematik

Lalu, bagaimana cara menjaga kolesterol di dalam tubuh agar tidak terlalu berlebihan? Anda bisa menghindari beberapa makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, misalnya saja seperti gorengan, rendang, opor ayam, masakan padang, ayam goreng, dan beberapa makanan lain yang diolah secara digoreng atau ada campuran santannya. Sebagai gantinya Anda bisa menggantinya dengan konsumsi makan-makanan yang dipanggang atau dikukus, itu akan lebih baik dan juga menyehatakan tubuh Anda. Imbangi juga dengan melakukan olahraga yang teratur, ini akan sangat berguna untuk proses metabolisme lemak di dalam tubuh agar tidak terlalu menumpuk.

Itulah 5 cara pencegahan pencegahan penyakit jantung yang wajib Anda lakukan sejak dini agar bisa menghindari resiko serangan jantung yang terjadi secara mendadak. Beberapa hal di atas memang terlihat mudah sekali jika dijelaskan namun akan sangat memberatkan saat dijalankan. Tentunya banyak godaan untuk makan makanan enak yang notabene penyebab penyakit jantung. Anda akan selalu tergoda dengan kebiasaan atau pola hidup yang buruk, oleh sebab itulah tidak sedikit dari mereka yang berniat melakukan pencegahan malah gagal dan mendapatkan serangan jantung dikemudian hari. Ya, kalau Anda sudah bertekad untuk tetap dalam keadaan sehat sampai hari tua sih pastinya tidak akan tergoda. Jika sudah terlanjur terkena penyakit jantung maka mulailah minum ICP Capsule sebagai obat jantung koroner disamping obat medis dari dokter.

😡
☹️
😐
☺️
😍