Penyakit Gagal Jantung – Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahannya

By | April 5, 2018

Penyakit gagal jantung merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang disebabkan melemahnya otot jantung sehingga tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Kondisi ini bisa sangat membahayakan jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Lantas apa yang menjadi penyebabnya? Berikut ini adalah pembahasan lebih lengkap mengenai penyakit gagal jantung.

Penyebab Gagal Jantung Sejak Muda

Penyakit ini biasanya disebabkan karena beberapa masalah yang terjadi pada jantung, seperti penyakit jantung koroner dan penyebab sakit jantung lain, gangguan ritme jantung atau kondisi jantung yang selalu tiba-tiba berdebar, memiliki gangguan pada otot jantung, memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, bagian kelenjar tiroid yang terlalu aktif, mengalami anemia atau terjadinya kekurangan sel darah merah dalam tubuh, peradangan pada bagian otot jantung, cacat jantung sejak dilahirkan, dan komplikasi dari penyakit diabetes.

Jenis-Jenis Gagal Jantung Yang Sering Terjadi

Ada beberapa jenis gagal jantung yang juga sangat penting Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Gagal jantung yang terjadi pada bagian kiri atau pada ventrikel kiri jantung, menyebabkan tidak bisa memompa darah dengan sangat baik ke seluruh tubuh akibatnya penderita akan sangat kekurangan darah yang memiliki kandungan oksigen.
  2. Gagal jantung yang terjadi pada bagian ventrikel kanan jantung, kondisi ini akan menyebabkan proses pengambilan oksigen yang ada di dalam paru-paruh menjadi sangatlah terganggu.
  3. Gagal jantung sistolik, ini disebabkan karena otot jantung tidak bisa melakukan kontaksi dengan baik. Akibatnya saat proses penyaluran darah yang terdapat kandungan oksigen nya benar-benar jadi sangat terganggu.
  4. Gagal jantung diastolic, merupakan salah satu kondisi jantung mengalami kondisi sulit terisi dengan darah karena kaku pada bagian otot nya.

Gejala Gagal Jantung Yang Perlu Diketahui

Sementara itu, untuk rentang waktu perkembangan gejala nya, gagal jantung dibagian menjadi 2 jenis, yaitu yang kronis dan yang akut. Pada penderita gagal jantung kronis, perkembangan gejala nya biasanya akan bertahap dan juga akan sangat lama sedangkan pada penderita gagal jantung yang sudah akut, gejala nya akan berkembang dengan sangat cepat.

Beberapa gejala utama yang biasanya didapatkan oleh penderita gagal jantung diantaranya:

  • Merasakan sesak napas yang sangat berlebihan dan sangat sering ketika sedang beraktivitas dan juga beristirahat.
  • Merasa Nyeri sakit di dada terutama sebelah kiri ini adalah ciri-ciri penyakit jantung yang umum terjadi
  • Tubuh akan terasa lelah yang berlebihan sepanjang hari, bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas apapun. Akibatnya penderita malah akan memilih tidur seharian penuh.
  • Pergelangan yang terjadi pada kaki dan juga pergelangan kaki.

Gejala di atas juga merupakan salah satu gejala penyakit jantung lemah pada wanita.

Diagnosis Penyakit Gagal Jantung

penyakit gagal jantung macam-macam penyakit jantung

Saat Anda memeriksakan diri ke dokter dan memberikan keluhan terhadap kondisi jantung Anda, ada beberapa diagnosa yang akan dokter lakukan, diantaranya dengan melakukan ekokardiogram, elektrokardiogram dan juga melakukan tes darah.

Beberapa tes tersebut dinilai sangat penting karena akan sangat membantu para dokter untuk bisa mengetahui tingkat fungsi jantung pada pasien dan juga jenis gagal jantung apa yang diderita oleh pasien. Dokter juga bisa menentukan pengobatan seperti apa yang cocok diterapkan pada kondisi Anda. Apakah dengan mengkonsumsi obat saja, atau ternyata harus melakukan prosedur operasi, itu akan tergantung pada tingkat keparahan nya.

Baca juga  Sakit Dada Sebelah Kiri: Waspada Penyakit Jantung !

Pengobatan Gagal Jantung

Pada penderita gagal jantung, bukan berarti mereka harus berhenti dalam beraktivitas guna menjaga kesehatan jantung, karena dengan berhenti melakukan aktivitas itu malah akan menyebabkan pompa jantung yang semakin lemah. Oleh sebab itulah pengobatan yang tepat harus bisa diterapkan pada penderita gagal jantung, jika salah pengobatan kondisinya malah akan semakin memburuk.

Sementara itu, sebagian besar yang mengalami gagal jantung biasanya akan menjadi penyakit yang menempel seumur hidup dan tidak bisa sembuh secara penuh. Sehingga dalam beberapa kasus penanganan dengan menggunakan obat-obatan tertentu, peralatan penopang jantung dan melakukan operasi sangat perlu dilakukan yang tentunya harus sesuai dengan kondisi penderita.

Bekerja atau tidaknya obat yang diberikan pada penderita juga sangat tergantung pada penderitanya sendiri. Tidak mungkin obat bisa bekerja jika ternyata pola hidupnya tidak bisa dijaga, seperti dalam mengkonsumsi makanan dan pola hidup seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Dokter hanya akan mendukung Anda dengan beberapa metode medis namun jaminan kesembuhan tetap Anda yang menentukan, apakah ingin memperbaiki pola hidup atau tidak?

Pencegahan Penyakit Jantung

Tidak ada yang ingin menderita penyakit kronis yang menempel seumur hidup alias tidak bisa secara total disembuhkan. Oleh sebab itu sebaiknya Anda melakukan pencegahan terhadap kemungkinan beberapa penyakit seperti gagal jantung. Pencegahan dan pengobatan penyakit jantung bisa dengan minum icp capsule obat herbal penyakit jantung secara rutin. Anda juga bisa untuk melakukan kegiatan dibawah ini:

  • Konsumsilah makanan sehat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, batasilah asupan gula, garam dan juga lemak. Beberapa makanan yang sangat direkomendasikan tentu saja buah dan sayuran serta makanan yang mengandung protein seperti daging dan ikan. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari olahan susu.

  • Mengontrol berat badan

Tahukah Anda? Ternyata berat badan juga akan sangat mempengaruhi pada kondisi kesehatan. Tidak hanya gagal jantung, beberapa penyakit kronis lain juga bisa dipengaruhi oleh berat badan. Seperti diabetes, kolesterol dan darah tinggi. Sementara cara pengontrolan nya bisa dengan berolahraga dengan rutin, tidak perlu yang terlalu berat, Anda bisa berolahraga ringan namun rutin.

Jangan menyepelekan penyakit apapun, termasuk salah satunya penyakit gagal jantung. Kalau Anda bisa mencegahnya sejak dini kenapa tidak melakukannya? Hidup sehat sejak masih mudah bisa menjadi investasi untuk masa tua, Anda tidak perlu merasakan masa tua dengan mendapatkan beberapa penyakit yang sangat mengganggu. Karena mencegah akan lebih baik daripada mengobati, selamat hidup sehat!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2