Bahaya Penyakit Jantung Bocor dan Cara Pengobatannya

By | April 2, 2018

Penyakit Jantung Bocor – Seperti diketahui bahwa Jantung adalah salah satu organ di dalam tubuh yang sangat vital, jika kondisinya terganggu maka akan sangat berbahaya. Kali ini icpcapsule.net akan membahas tentang penyakit jantung bocor dan cara pengobatannya. Jantung bocor merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung bawaan sejak lahir, atau disebut juga congenital heart diseases.

Penyakit jantung bocor biasanya akan menyerang mereka sejak usianya masih bayi dan anak-anak. Namun tentunya tidak menutup kemungkinan mereka yang sudah berusia dewasa pun mengalami kondisi jantung bocor. Sementara untuk resikonya pada 1000 kelahiran bayi yang lahir biasanya akan ditemukan setidaknya 4 sampai 75 persen kemungkinan mendapatkan kondisi ini.

Bahaya Kematian Akibat Jantung Bocor

Pada umumnya kelainan pada jantung bocor ini menjadi salah satu yang menyebabkan kematian tertinggi pada bayi yang baru saja dilahirkan. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan anomaly yang ada di dalam struktur jantung atau kondisi ketidaksempurnaan saat terjadinya proses pembentukan di dalam organ jantung ketika masih bayi atau ketika berada di dalam jantung. Jantung bocor adalah salah satu dari sekian banyak macam-macam penyakit jantung yang sama bahayanya dengan penyakit jantung yang lain.

Sementara itu, jantung sendiri mempunyai 4 ruang. Yaitu 2 ruangan yang berada di bagian atas yang kita sebut sebagai serambi kanan dan juga serambi kiri. Kemudian 2 ruangan lainnya ada di bagian bawah yang kita sebut sebagai bilik kanan dan bilik kiri. Pemisahan-pemisahan jantung berdasarkan ruangannya pun tentunya memiliki manfaat masing-masing.

Baca juga: gejala penyakit jantung pada wanita

Pada jantung di bagian kanan akan bermanfaat untuk bisa menerima dan juga mengantarkan darah yang berisikan kandungan karbon dioksida dari tubuh ke paru-paru. Sementara untuk bagian kirinya akan bermanfaat untuk menerima darah yang berasal dari paru-paru dan darah tersebut sudah terkandung oksigen yang nantinya akan diantarkan ke seluruh tubuh.

Baca juga  Bagian-Bagian Jantung Pada Tubuh Manusia

Agar semua darah yang ada di dalam 4 ruangan tersebut tidak tercampur maka akan dibantu oleh sebuah sekat yang berguna sebgai pemisah antara ruangan tersebut agar darah yang memiliki kandungan oksigen tidak tercampur dengan darah yang tidak memiliki kandungan oksigen.

Namun, sayangnya saat terjadi proses ketidak sempurnaan di dalam jantung, hal tersebut akan menyebabkan adanya lubang pada bagian sekat. Misalnya saja bagian kanan dan juga bagian kiri, maka darah yang kaya akan kandungan oksigen malah akan tercampur dengan darah yang miskin dengan kandungan oksigen. Proses aliran darah menjadi benar-benar terganggu, bahkan lebih parahnya lagi akan sangat mengganggu kinerja organ tubuh lainnya.

Bagaimana cara mengobati jantung bocor?

Apabila ternyata seorang bayi atau bahkan Anda sendiri dideteksi menderita kondisi jantung bocor, maka kemungkinan besar dokter akan memberikan resep beberapa obat yang akan membantu rasa nyeri dan juga mengurangi resiko kebocoran yang semakin parah. Beberapa obat tersebut, diantaranya: Baca juga: penyebab serangan jantung

  • Digoxin atau Lanoxin: obat yang akan membantu proses kontraksi jantung
  • Furosemide atau Lasix: Obat yang bermanfaat untuk mengurangi adanya cairan di dalam sirkulasi pembuluh darah dan juga paru-paru.
  • Lopressor: Obat untuk menjaga agar detak jantung penderita tetap berjalan normal seperti biasanya
  • Antibiotik: Obat yang akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya resiko endocarditis.
  • Terapi medikamentosa: salah satu metode terapi yang nantinya akan memanfaatkan obat berbahan kimia dengan melalui 3 tahapan terapi. Pertama, dengan memberikan diuretic pada penderita yang bermanfaat untuk meringankan beban yang terjadi di dalam jantung serta mengurangi resiko bengkak pada jantung. Kedua, dengan cara memberikan B-blocker yang akan membantu mengurangi beban pada jantung. Dan yang terakhir dengan memberikan agen inotroponik yang akan membantu menstimulus terjadinya kontraksi pada jantung.
Baca juga  4 Perbedaan Ateroklerosis dan Arteriosklerosis Wajb Tahu

Pengobatan melalui Sistem Operasi

Selain menggunakan pengobatan di atas, ada cara pengobatan lain yang dapat dilakukan yaitu dengan cara operasi. Ini dilakukan pada penderita jantung bocor yang sudah mengalami kondisi yang sangat kronis. Saat ini semua fasilitas medis sudah bisa dinilai sangat canggih dan tenaganya pun semakin berkembang. Sehingga proses operasi tidak akan sesulit apa yang dibayang.

Berikut ini adalah prosedur yang akan dilakukan dalam proses operasi untuk mengobati kondisi jantung bocor lewat operasi.

  1. MelakukanKateterisasi Pada Jantung

Prosedur ini akan dilakukan dengan cara memasukan sebuah pipa atau selang plastik atau kateter ke dalam jantung penderita. Kateter akan dimasukan lewat pembuluh darah yang ada dibagian pangkal paha, lalu diarahkan ke bagian jantung memakai teknik pencitraan.

Setelah itu dokter akan memasangkan plug atau patch agar bisa menutup lubang nya. Metode ini dapat Anda terapkan untuk mengobati kondisi ASD Secundum. Metode ini juga bisa Anda pakai untuk melakukan terapi apabila memang terjadi kondisi kelainan pada jantung.

Baca juga: penyebab jantung lemah

  • Melakukan Operasi Jantung Terbuka

Selanjutnya juga ada prosedur yang dinamakan operasi jantung terbuka. Operasi ini akan dilakukan dengan cara membuka bagian rongga jantung. Hal tersebut akan membantu sistem pernapasan dan sirkulasi darah. Sementara itu, di bawah anestesi umum dan juga sayatan dibagian dada, dokter yang melakukan operasi akan memasukan sebuah patch untuk bisa menutup lubang tersebut. Metode ini biasanya diterapkan pada merak yang mengalami kelainan ASD primun, sinus, sinus coroner dan juga ASD primum.

Semantara itu, saat Anda akan melakukan operasi, sebaiknya Anda juga perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Hindarilah memakai pakaian yang sangat ketat
  2. Jangan bergadang
  3. Hindarilah mandi memaki air hangat
  4. Jangan menyetir
  5. Membatasi aktivitas dan menghindari pekerjaan yang berat
Baca juga  Penyakit Jantung Rematik: Pengertian, Penyebab, Gejala, Pengobatan

Itulah informasi penting mengenai penyakit jantung bocor. Beberapa hal di atas sangat perlu Anda perhatikan agar Anda bisa mengetahui betapa berbahayanya kondisi kelainan yang terjadi pada jantung, dengan begitu sejak dini Anda sudah bisa menjaga kesehatannya agar tidak semakin memburuk dikemudian hari.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1