Penyakit Jantung Iskemik – Bahaya, Penyebab dan Cara Mencegahnya

By | April 7, 2018

Penyakit jantung iskemik merupakan salah satu kondisi penyempitan yang terjadi pada bagian pembuluh darah arteri jantung atau biasa disebut sebagai pembuluh darah koroner. Untuk Info lengkap mengenai Gejala dan obat penyakit jantung iskemik terbaik bisa dibaca secara detail di icpcapsule.net. Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, jantung juga sangat membutuhkan asupan zat makanan dan juga oksigen agar bisa bekerja dan memompa darah ke seluruh tubuh sesuai tugasnya. Sementara itu pasokan zat makanan dan juga darah juga harus benar-benar lancar karena jantung harus bekerja dengan sangat keras tanpa berhenti sama sekali, pembuluh darah coroner juga adalah bagian utama yang mempunyai tugas untuk memasok darah ke dalam jantung.

Bahaya Jantung Iskemik Penyebab Kematian Nomor 1 di Indonesia

Perumbulh penyakit Jantung Iskemik di Indonesia menjadi salah satu penyebab kematian nomor 1, dan sampai sekarang kasusnya sudah sangat meningkat dari tahun ke tahun. Jika melihat data statistik tahun 1992, persentase tersebut sudah mencapai 16,5%, sementara memasuki tahun 2000-an sudah mencapai angka 26,4%.

Berdasarkan penelitian tersebut juga sudah membuktikan bahwa ternyata kondisi jantung iskemik sudah banyak sekali mempengaruhi berbagai macam kondisi orang dari mulai jenis kelamin dan juga ras. Bahkan kerap kali penyakit ini menyerang mereka yang masih berusia 20  tahunan dan disebabkan karena berbagai macam faktor resiko. Gejala dan penyebab penyumbatan jantung biasanya karena pola makan makanan berminyak sejak usia muda.

Kondisi ini akan terjadi saat adanya sumbatan aliran darah menuju jantung. Jika ternyata aliran darahnya benar-benar terhambat maka akan cenderung mendapatkan serangan jantung secara mendadak. Sementara itu dampak yang bisa saja terjadi karena penyakit tersemu adalah adanya penumpukan plak pada bagian arteri atau disebut juga arteriosclerosis atau pengerasan pada pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan adanya penggumpalan darah yang benar-benar sangat beresiko dan mengakibatkan serangan jantung bahkan stroke. Pengerasan pembuluh darah tersebutlah yang akan mengakibatkan kematian pada penderita dan penyebab serangan jantung.

Baca juga  8 Buah Untuk Jantung Berdebar Yang Dapat Dikonsumsi Sehari-Hari

Penyebab Sakit Jantung Iskemik

Ada berbagai macam faktor yang kerap kali dikaitkan dengan jantung iskemik . Faktor ini sangatlah beresiko sebagai penyebab dari jantung iskemik, diantaranya seperti merokok, kadar kolesterol yang sangatlah tinggi karena diabetes mellitus. Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa genetic juga sangatlah berperan menjadi penyebab kondisi iskemik tersebut. Lebih lengkapnya berikut beberapa penyebab seseorang bisa menderita jantung iskemik:

  • Perokok aktif
  • Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Kurang berolahraga
  • Kondisi obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengalami stress
  • Kurang beristirahat
  • Komplikasi dari penyakit lain: hipertensi, diabetes, dislipidemi dll.

Cara Pencegahan Penyakit Jantung Iskemik

Tidak ada seorangpun yang ingin mendapatkan penyakit kronis yang bahkan akan sangat sulit sekali disembuhkan dan mengancam pada kematian. Oleh sebab itulah pencegahan harus bisa Anda lakukan guna menghindari terjadinya penyakit tersebut. Berikut ini adalah cara mencegah jantung iskemik:

  1. Konsumsilah makanan yang sehat

Cara ini sudah sangat jelas, bukan hanya untuk mencegah jantung iskemik tapi juga mencegah penyakit lainnya yang sangat kronis. Anda bisa menghindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mangandung lemak dan juga kolesterol. Ini juga akan sangat baik Anda lakukan jika sedang melakukan diet sehat.

  1. Berhentilah merokok

Sudah sangat jelas bahwa merokok bukanlah aktivitas yang baik. Menjadi perokok aktif bisa mengakibatkan Anda mendapatkan resiko yang sangat berbahaya, salah satunya adalah jantung iskemik. Zat yang ada di dalam rokoklah yang akan menjadi pemicu nya. Jadi, sebaiknya berhenti daripada Anda mendapatkan penyakit kronis karena kebiasaan tersebut.

  1. Hindarilah kondisi stress

Stress sebenar nya bisa diderita oleh siapa saja, kondisi ini juga wajar apalagi saat ada banyak beban yang terus saja menumpuk dalam pikiran. Namun, tahukah Anda, jika kondisi ini didiamkan dalam waktu lama malah akan menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah jantung iskemik. Jadi, sebaiknya Anda bisa mengelola stress dengan baik. Carilah cara agar stress Anda bisa teratasi, misalnya saja dengan melakukan hobi, mengobrol dengan teman atau pergi berlibur.

  1. Olahraga dengan teratur
Baca juga  7 Perbedaan Pembuluh Darah Arteri dan Vena yang Harus Diketahui

Jarang berolahraga bisa menyebabkan tubuh Anda menjadi kaku dan menyebabkan beberapa organ tubuh tidak bisa bekerja dengan maksimal. Bahkan ada saja dari mereka yang menderita gangguan kondisi kardiovaskular. Jika kondisi ini terus terjadi maka akan mengakibatkan kondisi kelainan pada jantung dan organ tubuh lainnya. Apalagi jika ditambah dengan kondisi berat badan Anda yang sangat berlebihan,  penumpukan lemak malah akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Oleh sebab itulah, sebaiknya Anda memiliki jadwal rutin untuk melakukan olahraga. Paling tidak 2 kali dalam seminggu. Atau sehari 15 menit, tidak ada salahnya kan? Ini bisa menjadi investasi Anda di masa depan.

  1. Konsumsilah anti oksidan

Tahukah Anda? Bahwa jika Anda sangat sering menghirup polusi dari asap kendaraan, rokok atau pembakaran maka akan menyebabkan adanya radikal bebas di dalam tubuh Anda. Ini juga akan memicu terjadinya bisul atau semacam endapat pada bagian pembuluh darah Anda yang akhirnya malah akan terjadi penyumbatan. Agar bisa mencegah panyakit jantung iskemik karena radikal bebas, sebaiknya Anda mengkonsumsi anti oksidan. Ya, anti oksidan dinilai sebagai zat yang mampu memerangi radikal bebas. Anda bisa menemukan anti oksidan di dalam buah dan juga sayuran segar. Obat untuk jantung koroner adalah ICP Capsule herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakit jantung Tanpa prosedur operasi.

Itulah pembahasan mengenai penyakit jantung iskemik dari mulai bahaya, penyebab dan cara pencegahan nya. Akan lebih baik jika Anda bisa mencegah lebih awal dibandingkan harus mengobati nya. Beberapa cara pencegahan di atas bisa coba Anda lakukan, inti dari semua cara pencegahan adalah pola hidup sehat yang harus Anda terapkan, karena selain bisa mencegah jantung iskemik juga akan mencegah Anda dari penyakit lainnya.

Baca juga  4 Pilihan Obat Tradisional Jantung Bengkak dari Bermacam Buah-buahan
😡
☹️
😐
☺️
😍