4 Penyebab Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya

By | March 25, 2018

penyakit jantung koronerSiapa yang ingin mengalami penyakit jantung koroner? Tentu saja semua orang tidak ingin mengalaminya bukan? Namun sayangnya beberapa orang justru mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan jantungnya. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan jantung adalah penyakit jantung koroner. Jantung koroner ini terjadi jika pembuluh darah yang bertugas untuk memompa darah ke otot jantung menjadi sempit sehingga otot akhirnya tidak mendapatkan aliran darah dan juga oksigen yang baik dan membuat kita mengalami beberapa gejala. Kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai jantung koroner, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui detail penyakitnya ya :

Penyebab Jantung Koroner

Yang pertama kami akan memberikan Anda semua infromasi terkait dengan jantung koroner, sebelum tahu apa saja gejalanya maka terlebih dahulu Anda harus tahu infromasi mengenai apa saja yang menyebabkan jantung koroner. Jantung koroner ini sebenarnya terjadi karena berbagai macam hal, biasanya jantung koroner terjadi karena penumpukan kolesterol di dalam tubuh atau yang sering disebut sebagai plak. Plak itu bisa menempel dan menyumbat pembuluh darah yang mana bisa membuat otot jantung penderita tidak mendapatkan darah dan juga oksigen sehingga bisa menyebabkan kerusakan jantung permanen dan bahkan kematian.

Gejala Jantung Koroner

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab yang bisa mengakibatkan jantung koroner, maka kali ini kami akan memberikan informasi mengenai gejala jantung koroner sehingga Anda semua bisa tahu apa saja cirinya dan bisa segera berobat untuk mengatasi jantung koronernya. Berikut adalah beberapa gejala yang Anda rasakan jika Anda mengalami jantung koroner :

  1. Denyut jantung yang tidak stabil

Gejala jika Anda mengalami jantung koroner yang pertama adalah Anda akan emgnalami denyut jantung yang tidak normal atau tidak stabil. Ketika Anda mengidap jantung koroner maka biasanya Anda akan mengalami denyut yang tidak stabil atau yang sering dalam dunia medis sebut dengan aritmia. Detak jantung Anda bisa menjadi cepat atau bahkan melambat. Jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan henti jantung atau sudden cardiac arrest dan bisa mengakibatkan kematian pada penderita.

  1. Mual dan muntah
Baca juga  Obat Nyeri Dada Paling Ampuh

Gejala kedua yang akan Anda alami jika Anda menderita jantung koroner adalah Anda akan merasa menjadi sering mual dan juga muntah. Jika Anda merasa ada yang aneh dengan irama jantung Anda dan bahkan sering mual dan juga muntah maka bisa jadi Anda mengalami jantung koroner. Oleh karena itu supaya Anda tahu penyakit apa yang Anda alami maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa membuat Anda menjadi lebih pasti.

Baca juga : Gejala Awal Penyakit Jantung Koroner

  1. Muncul keringat dingin

Keringat memang bisa menjadi salah satu tanda jika metabolisme di dalam tubuh kita berjalan dengan baik, namun jika yang muncul adalah keringat dingin maka itu bisa menjadi salah satu gejala ada yang aneh dengan tubuh Anda. Jika Anda tiba-tiba berkeringat dingin disertai dengan nyeri jantung atau detak yang cepat atau melemah maka bisa jadi itu adalah tanda jika Anda mengalami penyakit jantung koroner. Obat penyempitan jantung icp capsule sangat efektif mengobati penyakit jantung anda.

  1. Nyeri pada beberapa bagian tubuh

Gejala jika Anda mengalami jantung koroner yang selanjutnya adalah Anda akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh Anda. Biasanya Anda akan mengalami nyeri pada dada atau rasa tidak nyaaman pada dada Anda. Biasanya penderita jantung koroner mengalami nyeri tidak hanya pada bagian tubuhnya saja. Namun juga bisa mengalami nyeri yang menjalar dari dada ke bagian lainnya yaitu pada bagian rahang, bahu, leher, tangan kiri, punggung, dan perut. Nyeri yang sering terjadi pada beberapa bagian tubuh ini dalam dunia medis disebut dengan Angina dan biasanya sering muncul pada penderita jantung koroner.

Baca juga  Sakit Dada Sebelah Kiri: Waspada Penyakit Jantung !

Baca juga : Obat Nyeri Dada

Mencegah Jantung Koroner

Kita semua sudah tahu apa saja yang menyebabkan jantung koroner dan juga mengenai bahayanya, jantung koroner ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera di atasi. Jika saat ini Anda sehat-sehat saja dan tidak ingin mengalami jantung koroner maka kami menyarankan supaya Anda melakukan pencegahan karena akan lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan :

  1. Olaharaga teratur

Cara untuk mencegah jantung koroner yang pertama adalah dengan melakukan olahraga yang teratur. Jika Anda ingin terhindar dari jantung koroner maka Anda harus mau rajin  berolahraga ya, lakukan olaharaga yang meningkatkan kesehatan kardiovaskuler seprti misalnya jogging, renang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Tidak hanya penyakit jantung saja ya kamu juga bisa mencegah penyakit lainnya kalau rajin berolahraga.

  1. Hindari makanan yang mengandung kolesterol

Tips untuk mencegah jantung koroner yang kedua adalah hindarilah makanan yang mengandung kolesterol. Karena makanan yang mengandung kolesterol itu bisa menyebabkan Anda mengalami jantung koroner. Hindari makanan yang bersantan dan berminyak ya. Selain itu Anda juga harus selalu menjaga kadar kolesterol sehingga tidak sampai mengalami resiko penyakit ini. Jika kadar kolesterol mulai tinggi maka Anda harus segera mengatasinya mulai sekarang ya.

Baca juga : Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

  1. Hindari stress

Selain 2 cara di atas, Anda juga sebaiknya mulai mengontrol pikiran Anda. Jangan sampai terlalu stress berlebihan karena stress yang berlebihan justru bisa mempengaruhi kerja jantung dan bisa menyebabkan Anda mengalami resiko terkena jantung koroner. Jika merasa stress maka lakukanlah beberapa hal yang bisa mengusir stress seperti lakukan hoby yang kalian suka.

Baca juga  4 Pilihan Obat Tradisional Jantung Bengkak dari Bermacam Buah-buahan

Nah itu dia informasi lengkap mengenai penyakit jantung koroner. Jika Anda merasa mengalami gejala jantung koroner maka segera periksakan diri ke dokter ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2