Penyakit Jantung Rematik: Pengertian, Penyebab, Gejala, Pengobatan

By | March 24, 2018

Penyakit Jantung Rematik adalah penyakit jantung yang umum terjadi dan kali ini akan dibahas pengertian, penyebab, gejala, dan pengobatannya. Selamat datang di icpcapsule.net portal artikel tentang semua masalah jantung dan pengobatannya.

Apakah Anda pernah mengalami kondisi radang tenggorokan? Hal tersebut tentunya wajar, namun bagaimana kalau dalam jangka waktu yang sangat panjang? Bahkan disertai dengan demam yang sangat tinggi dan sangat sulit sembuh. Radang tenggorokan dan demam yang berkepanjangan merupakan salah satu awal mengapa seseorang menderita penyakit jantung rematik. Bahkan gejala awal kerap kali tidak diketahui oleh beberapa orang, akibatnya mereka mendapatkan penanganan yang lambat.

penyakit jantung rematik macam-macam penyakit jantung

Pengertian Jantung Rematik

Penyakit ini biasa disebut juga Rheumatic Heart Disease (RHD), yaitu salah satu kelainan pada jantung yang akan menyebabkan penderita mengalami kerusakan secara permanen, terutama di bagian katum jantung serta otot jantung yang diakibatkan karena infeksi demam rematik. Kerusakan ini akan membuat katup menjadi sangat sempit sehingga menyebabkannya bocor. Sementara untuk katup yang akan terserang biasanya bagian katup mitral atau stenosis katup mitral. Kondisi tersebut akan mengakibatkan katup mitral menyempit dan mengakibatkan aliran darah tertahan dari atrium ke ventrikel kanan.

Pada kasus tersebut biasanya katup mitral darah benar-benar tidak dapat dialirkan secara normal ke luar jantung. Sementara pada kasus insufisiensi, katup mitral ataupun kondisi dimana terjadinya suatu kebocoran pada bagian katup mitral justru akan terjadi jika keadaan sebaliknya. Kerusakan pada katup jantung ini disebabka karena adanya bakteri yang sudah menginfeksi peradangan kemudian menginfeksi bagian jantung.

Baca juga  Beli Obat Jantung Koroner ICP Capsule di Surabaya

Jenis bakteri yang biasanya akan menyerang adalah jenis bakteri streptokokus tipe A atau disebut juga bakteri streptococcus pyogenes. Bakteri tersebut adalah bakteri yang mengakibatkan seseorang bisa terserang demam rematik. Demam yang biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sistem imun tubuh atau bisa juga karena adanya reaksi pada autoimun karena bakteri tersebut.

Kondisi Demam Rematik Sebelum Terjadinya Kelainan Pada Jantung

Demam rematik adalah awal mengapa seseorang mengalami penyakit jantung rematik, kondisi ini biasanya akan menyerang pada bagian jantung, persedian, otak bahkan pada jaringan kulit. Sebenarnya demam ini merupakan kumpulan dari gejala yang terbilang cukup klinis dan kondisinya dapat sangat bervariasi tergantung kondisi orang terinfeksi.

Sementara untuk gejala yang muncul bisanya pada jangka waktu 1-6 minggu, setelah seseorang terserang infeksi bakteri streptokokus tipe A. Mereka yang terserang kondisi ini biasanya mereka yang masih berusia muda, 5-15 tahun. Dan biasanya juga yang sering terjadi pada mereka yang tinggal dikawasan yang sanitasinya sangat buruk, kesehatan sarana yang sangat sulit hingga tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Gejala Jantung Rematik Pasca Terjadinya Demam

Ketika tubuh Anda sudah terserang infeksi khususnya pada bagian tenggorokan, maka dengan otomatis sistem imun Anda akan bekerja untuk membasmi bakteri-bektari tersebut. Namun sayangnya ketika sistem imun tubuh mencoba untuk membunuh bakteri tersebut, dengan tidak sengaja malah menyerang dan merusak pada bagian tubuh lainnya seperti sendi dan jantung. Jika akhirnya sistem imun berhasil menyerang jantung maka akan mengakibatkan katup jantung semakin membengkak dan hal tersebut menimbulkan jaringan parut dibagian katup atau biasanya disebut valve. Sedangkan beberapa gejala penyakit jantung yang biasanya akan timbul yang Anda mengalami jantung rematik diantaranya:

  • Pusing

Gejala biasanya tidak akan disadari sebagai salah satu gejala dari penyakit jantung. Karena memang pusing bisa dialami oleh siapa saja, bahkan saat ia sedang demam maka kondisinya bisa saja dianggap normal. Sehingga mereka yang mengalami gejala pusing akan telat sekali menyadari bahwa ternyata jantungnya sudah terinfeksi.

  • Nyeri pada bagian dada

Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri pada bagian dada? Nyeri biasanya akan muncul secara tiba-tiba, dalam waktu yang sebentar atau bisa juga dalam waktu lama. Jika Anda mengalami hal tersebut secara terus menerus, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda pada dokter untuk memastikan apakah hal tersebut membahayakan atau tidak.

  • Lelah yang berlebihan

Normal rasanya jika seseorang mengalami rasa lelah. Namun apa jadinya jika rasa lelah menyerang secara berlebihan? Bahkan Anda mengalami lelah saat sedang tidak melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut sangat perlu Anda waspadai.

  • Napas menjadi sangat pendek

Napas menjadi pendek, artinya Anda akan bernapas tidak normal seperti biasanya. Secara normal hal ini bisa diakibatkan karena Anda kelelahan, namun yang tidak normalnya gejala tersebut datang secara tiba-tiba. Bisa dipastikan Anda memiliki masalah pada saluran pernapasan atau organ jantung lainnya. Baca juga macam-macam penyakit jantung disini.

Penyebab Jantung Rematik

Setelah mengetahui gejalanya, akan lebih baik Anda juga mengetahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab jantung rematik?

1. Faktor genetic

Genetik dalam sebuah penyakit juga bisa sangat berperan. Jumlah HLA di dalam tubuh manusia yang sangat tinggi akan mengakibatkan munculnya gejala jantung rematik. HLA yang terlalu tinggi saat melakukan interaksi dengan alloantigen sel B akan memperlihatkan reaksi yang tidak biasanya atau disebut antibody monoclonal sifatnya reumatik.

2. Faktor usia

Selain genetic, usia juga sangatlah berperan. Kondisi jantung rematik sangat banyak menyerang pada mereka yang berusia 5 sampai 15 tahun dengan angka penderita yang tertinggi di usia 8 tahun.

3. Karena faktor gizi

Kandungan gizi di dalam makanan serta pola hidup yang sehat juga menjadi faktor mengapa seseorang bisa mendapatkan gejala jantung rematik. Jika kondisinya sudah sangat parah ini akan menjadi permanen dan akan sangat sulit untuk disembuhkan.

4. Jenis kelamin

Menurut sebuah penelitian mereka yang menderita penyakit ini rata-rata adalah perempuan. Namun tentunya perbedaan jenis kelamin tidak bisa menjadi patokan jika ternyata gaya hidup yang buruk juga diadopsi oleh laki-laki.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Rematik

Itulah pembahasan mengenai penyakit jantung rematik. Cara mengobati penyakit jantung rematik adalah dengan minum ICP Capsule secara rutin. Anda sangat perlu berhati-hati terhadap bahayanya. Cegalah penyakit tersebut sejak dini agar di hari tua Anda tidak mendapatkan gangguan kesehatan yang sangat buruk.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2