11 Penyebab Jantung Lemah Yang Sangat Membahayakan

By | March 27, 2018

Penyebab Jantung lemah Yang sangat membahayakan. Jantung lemah merupakan salah satu jenis gangguan dari berbagai macam gangguan yang terjadi pada jantung. Saat seseorang mengalami lemah jantung ini akan bisa terasa dari detak jantungnya yang tidak bisa berdetak dengan normal, alias akan sangat lambat sekali. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, anak-anak bahkan orang dewasa. Dalam hal jenis kelamin pun baik laki-laki atau perempuan semuanya bisa terkena resiko jantung lemah. Lantas apa sih yang menyebabkan penyakit jantung lemah? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga  Mengatasi Jantung Lemah Secara Alami

1. Kerusakan jaringan

Jantung lemah tentunya akan terjadi di dalam jantung, hal ini bisa dipicu karena penderita mengalami kerusakan jaringan di dalam jantung. Sementara itu kerusakan jaringan biasanya akan di alami oleh mereka yang sebelumnya pernah mengalami penyakit jantung dan perawatan jantung. Atau mereka juga sudah pernah mengalami operasi jantung sebelumnya. Jadi, kondisi lemah jantung akan semakin besar di dapatkan jika ternyata mereka pernah mengalami gangguan jantung sebelumnya.

2. Denyut jantung yang abnormal

Lemah jantung bisa ditandai dengan kondisi jantung yang lemah atau sangat lambat. Namun, hal tersebut juga dapat dipicu karena Anda pernah mengalami kondisi denyut jantung yang sangat cepat bahkan dalam waktu yang lama. Saat mengalami kondisi tersebut Anda tidak pernah memeriksakan diri pada dokter akibatnya kinerja jantung semakin berkurang dan lama-kelamaan menjadi sangat lemah, disitulah penderita akan mulai mengalami kondisi lemah jantung.

3. Karena keturunan

Gen di dalam keluarga memang akan sangat mempengaruhi kesehatan seseorang bahkan saat mereka sudah beranjak dewasa. Ini dinamakan dengan penyakit keturunan. Kondisi keturunan bisa disebabkan karena gen dari ayah atau dari ibu, bahkan kondisinya juga akan terserang sejak penderita dilahirkan dan bisa terbawa hingga ia dewasa.

4. Seseorang yang menderita hipertensi

Ada beberapa penyakit yang jika kambuh dan semakin parah akan memicu terjadi penyakit lainnya. Salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah yang sangat tinggi dan tidak bisa terkontrol dengan baik. Kondisi tersebut akan ditandai dengan rasa nyeri pada kepala yang berlebihan. Namun, tahukah Anda komplikasi penyakit jantung yang bisa disebabkan hipertensi salah satunya adalah jantung. Sehingga akan sangat membahayakan sekali jika seseorang penderita hipertensi mengalami kondisi tersebut secara mendadak.

Baca juga  6 Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah yang Harus Diwaspadai

5. Katup jantung yang terganggu

Jantung memiliki katup sebagai salah satu bagiannya. Jika ternyata katup ini mengalami kebocoran yang bahkan sangat besar maka akan mengakibatkan kinerja jantung sangat terganggu. Hal tersebutlah yang bisa mengakibatkan seseorang menderita lemah jantung  yang bahkan jika tidak segera di atasi kondisinya akan semakin parah dan menyebabkan kematian. Saat katup jantung bocor maka itu akan menyebabkan tercampurnya darah yang mengandung oksigen dan tidak mengandung oksigen.

6. Kekurangan mineral dan vitamin

Tubuh tentunya sangat membutuhkan asupan mineral dan vitamin. Ini akan sangat berguna untuk mendukung kinerja organ di dalam tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal tanpa harus mendapatkan hambatan. Sementara itu, organ jantung yang ada di dalam tubuh juga tentunya sangat membutuhkan vitamin, salah satunya adalah vitamin B1. Jika ternyata seseorang kekurangan vitamin tersebut maka kemungkinan besar ia bisa menderita lemah jantung saat dewasa. Artikel cara mengatasi serangan jantung bisa baca disini.

7. Penderita diabetes

Diabetes merupakan kondisi kenaikan gula darah yang melebih batas normal di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, dan biasanya akan dipicu karena mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Sama halnya seperti hipertensi, diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi pada penyakit jantung. Akan sangat membahayakan sekali rasanya jika seseorang menderita penyakit diabetes plus diabetes, jika komplikasinya semakin parah maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya lagi.

8. Penderita obesitas

Obesitas merupakan kondisi berat badan yang terlalu berlebihan, seseorang yang menderita obesitas biasanya akan sangat rawan untuk terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat terserang pada penderita obesitas adalah lemah jantung. Ini karena kadar kolesterol yang ada di dalam tubuhnya akan sangat tinggi sehingga bisa mempengaruhi pada kondisi jantung. Sehingga akan lebih baik jika Anda bisa mengontrol berat badan sejak dini. Jika memang sudah terlanjur mengalami kegemukan, sebaiknya Anda segera melakukan program diet.

9. Gangguan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu hal yang harus sangat terjaga. Jika kondisinya mendapatkan gangguan maka sistem imun pun akan semakin menurun dan seseorang akan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kondisi jantung lemah.

10. Mengkonsumsi alkohol

Apakah Anda adalah seorang pecandu? Berhati-hatilah, bisa jadi itu yang menyebabkan Anda mengalami kondisi lemah jantung. Tidak hanya berpengaruh pada lemah jantung, namun seorang pecandu bisa saja mengalami kerusakan pada organ tubuh lainnya, salah satunya adalah ginjal, ia bahkan bisa saja mengalami kondisi gagal ginjal dan menyebabkan kematian.

11. Mengkonsumsi obat-obatan

Apakah Anda menkonsumsi beberapa obat jantung? Ada beberapa obat yang kandungannya akan menyebabkan seseorang mengalami lemah jantung. Beberapa obat-obatan yang bahkan dinilai berbahaya diantaranya amfetamin, kokain, atau steroid anabolik. Sehingga akan lebih baik sebelum Anda ingin mengkonsumsi obat tertentu konsultasikanlah pada dokter, apakah akan memberikan efek samping yang buruk atau tidak.

Itulah 11 penyebab jantung lemah yang harus Anda hindari. Perhatikan beberapa hal di atas, karena bisa saja Anda mengalami kondisi jantung lemah tanpa diketahui, dan saat gejalanya menyerang sangat mendadak Anda bisa sangat terganggu. Jika Anda merasakan ada gejala aneh yang menyerang tubuh dalam jangka waktu lama segeralah mengkonsultasikan diri pada dokter.

😡
☹️
😐
☺️
😍