6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah Paling Berbahaya

By | April 16, 2018

Penyebab pembuluh darah pecah harus anda ketahui, karena bisa menyebabkan pendarahan yang berujung kematian secara tiba-tiba. Kali ini kami hadir kembali untuk mengulas berbagai macam informasi kesehatan untuk Anda. Tubuh manusia itu terdiri dari ribuan pembuluh darah, mungkin pembuluh darah itu ukurannya sangat kecil sehingga terkadang dianggap sangat sepele.

Apakah Anda tahu tugas dari pembuluh darah? Pembuluh darah sendiri bertugas untuk menjaga pasukan oksigen dan nutrisi pada semua organ yang ada di dalam tubuh manusia. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya, namun pembuluh darah manusia memiliki panjang sampai 96 ribu kilometer! Panjang sekali bukan? Bahkan jika disamakan, maka panjang pembuluh darah manusia ini bisa setara dua kali mengeliling bumi jika misalnya ditarik secara garis lurus. Nah. Kali ini kami akan membahas informasi mengenai penyebab pembuluh darah pecah. Ini dia infonya :

  1. Tekanan darah tinggi / hipertensi

Siapa yang tidak mengenal penyakit ini? Tentu saja semua orang sudah tahu dan paham mengenai tekanan darah tinggi atau yang sering disebut sebagai hipertensi ini. Meningkatnya tekanan darah tinggi di dalam tubuh ini bisa menjadi sebagai salah satu sumber penyakit kronis lainnya. Sayangnya banyak sekali orang yang menyepelekan tekanan darah tinggi dan menganggap penyakit ini lumrah dan biasa saja padahal bisa sangat membahayakan ya.

Salah satu penyebab mengapa pembuluh darah bisa pecah adalah karena hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi selama bertahun-tahun dan tidak segera diatasi. Selain kolesterol, hipertensi adalah penyebab dari macam-macam penyakit jantung. Jika tekanan darah tinggi atau hipertensi ini terjadi selama bertahun-tahun maka bisa menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi melemah dan bisa pecah. Bahkan jika tekanan darah tinggi tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan terjadi pendarahan pada otak.

Baca juga : penyumbatan pembuluh darah di kaki

  1. Aneurisma

Penyebab kedua yang bisa menimbulkan pembuluh darah jadi pecah adalah aneurisma. Aneurisma ini adalah kondisi dimana dinding pembuluh darah manusia mengalami pembengkakan dan semakin melemah. Aneurisma ini tidak boleh disepelekan ya, harus segera diatasi. Jika aneurisma ini dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan pembuluh darah tadi jadi meledak atau pecah dan menyebabkan organ vital dibanjiri oleh darah dan bisa berpotensi menimbulkan stroke jika terjadinya di otak. Jadi jangan meremehkan pembuluh darah begitu saja ya.

Baca juga  Obat Jantung Tersumbat Secara Medis
  1. Adanya tumor

Penyebab ketiga mengapa pembuluh darah bisa pecah adalah mungkin karena ada tumor. Jika Anda memiliki tumor pada orak maka resiko pembuluh darah pecah juga bisa menjadi semakin besar ya. Karena beberapa orang yang mengalami pembuluh darah yang pecah biasanya juga memiliki penyakit tumor otak. Sehingga Anda harus tetap waspada ya. Karena pembuluh darah yang peah di otak itu bisa menyebabkan berbagai masalah yang membahayakan bahkan sampai kematian.

  1. Angiopati amiloid

Penyebab pembuluh darah pecah yang keempat adalah karena Anda mungkin saja mengalami kondisi yang bernama Angiopati amiloid. Mungkin banyak sekali orang yang belum tahu mengenai kondisi yang dinamakan Angiopati amiloid ini, maka dari itu kali ini kami akan menjelaskannya untuk Anda secara singkat ya. Angiopati amiloid ini adalah kondisi dimana ada kelainan pada pembuluh darah dan biasamnya angiopati amiloid ini disebabkan karena umur manusia yang semakin menua dan juga karena kombinasi keadaan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semakin bertambah usia maka resiko mengalami angiopati amiloid ini juga semakin besar ya, apalagi jika Anda adalah seorang penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kelainan pada pembuluh darah atau yang disebut sebagai Angiopati amiloid ini bisa menyebabkan seseorang mengalami pecah pembuluh darah dan mendatangkan bahaya penyakit kronis lainnya.

Baca juga : perikarditis dan Miokarditis

  1. Anemia

Tidak hanya karena beberapa kondisi yang sudah kami sebutkan di atas saja ya, Anda juga bisa mengalami pecah pembuluh darah jika mengalami kondisi yang kita sebut anemia.  Anemia sendiri adalah kurangnya pasokan darah di dalam tubuh, jenis anemia sel sabit ini adalah salah satu yang menyebabkan seseorang bisa mengalami pecah pada pembuluh darah ya. Selain itu anemia sel sabit ini juga mempengaruhi terjadinya penurunan kadar trombosit di dalam darah. Oleh karena itu jika Anda mengalmai anemia maka kami sarankan supaya Anda segera mengatasinya sehingga tidak sampai mengalami pecah pembuluh darah karena efeknya justru akan berbahaya ya.

  1. Mengalami penyakit hati

Pecah pembuluh darah sebenarnya juga bisa berhubungan dan menjadi efek samping dari penyakit yang lainnya. Salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan Anda mengalami pecah pembuluh darah adalah mungkin penyakit atau masalah yang berhubungan dengan jantung Anda. Penyakit hati yang dialami oleh seseorang pada beberapa kasus bisa menyebabkan terjadinya resiko pendarahan internal karena pecahnya pembuluh darah. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda tidak menyepelekan masalah atau gangguan kesehatan yang berhubungan dengan hati ya karena jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah dan justru membahayakan Anda.

Tips menjaga kesehatan pembuluh darah :

Karena Anda sudah tahu apa saja penyebab dari pecahnya pembuluh darah maka kali ini kami akan berikan beberapa tips sehingga Anda bisa menjaga kesehatan pembuluh darah. Mulai sekarang segera rubah pola hidup Anda ya, memiliki pola hidup yang sehat bisa berkontribusi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah kita. Pertama lakukan olahraga secara rutin seminggu minimal 150 menit, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan juga jangan lupa untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang Anda alami sehingga tidak sampai menyebabkan pembuluh darah pecah. Obat herbal jantung koroner icp capsule bisa menjaga supaya pembuluh darah tetap elastis sehingga tidak gampang pecah dan tersumbat.

Itulah informasi yang bsia kami sampaikan mengenai penyebab pembuluh darah pecah. Perhatikan beberapa tips yang kami sampaikan tadi dan lakukanlah sebagai langkah preventif ya. Semoga artikel ini berguna bagi Anda!

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2