5 Penyebab Serangan Jantung Yang Paling Membahayakan

By | March 28, 2018

Serangan jantung merupakan salah satu gangguan pada jantung yang biasa menimpa siapa saja dengan sangat mendadak. Kondisi serangan jantung biasanya akan sangat fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan secepat mungkin. Serangan jantung biasanya akan terjadi karena dipengaruhi oleh penyakit jantung koroner yang terlambat mendapatkan perawatan, adanya penyempitan pada pembuluh jantung dan juga jantung yang mengalami robek.

Selain itu ada beberapa penyebab serangan jantung lainnya. Berikut adalah ulasannya:

Apa yang terjadi selama serangan jantung?

Sebelum mengetahui lebih lanjut apa saja yang menyebabkan serangan jantung, penting untuk Anda ketahui apa yang terjadi saat serangan jantung terjadi. Serangan tersebut akan terjadi ketika oto jantung tidak bisa mendapatkan asupan aliran darah dengan kandungan oksigen dengan cukup. Gejala penyumbatan jantung seperti nyeri dada, dada terasa seperti tertindih dan panas. Akibatnya pada bagian jaringan jantung akan mulai mengalami kerusakan dan juga fungsinya akan sangat terganggu karena kekurangan oksigen. Baca juga: penyebab sakit jantung

Sementara itu, serangan jantung bisa saja terjadi dalam hitungan jam. Saat itulah jantung tidak dapat memperoleh oksigen dan akan mengalami kerusakan hingga pada akhirnya penderita mengalami kematian. Ini karena adanya sumbatan plak yang terjadi di dalam pembuluh darah arteri akibatnya jantung minim sekali asupan darah dengan kandungan oksigen.

Baca juga  Mendeteksi Gejala Serangan Jantung Pada Pria Sebulan Sebelumnya

Penyebab Serangan Jantung

Berikut ini adalah penyebab serangan jantung yang tidak biasa:

1. Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun yang akan mengakibatkan adanya peradangan pada kulit dengan sangat kronis. Kondisi tersebut akan mengakibatkan adanya bercak merah pada bagian kulit kering yang akan disertai dengan sisik. Walaupun tergolong sebagai salah satu penyakit kulit, namun ternyata kondisi tersebut bisa menyebabkan seseorang mendapatkan serangan jantung.

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa resiko orang yang mempunyai kondisi  tersebut dapat meningkat hingga 3 kali lipat untuk mendapatkan serangan jantung. Pasalnya adanya peradangan yang disebabkan psoriasis bisa mengakibatkan kerusakan pada arteri jantung dari dalam tubuh yang pada akhirnya malah akan mengakibatkan resiko serangan jantung semakin tinggi. Sementara itu mereka yang menderita psoriasis mempunyai kecenderungan yang buruk pada kolesterol yang yang tinggi, diabetes dan juga obesitas yang juga akan membahayakan pada kesehatan jantung.

Baca juga: ciri ciri penyakit jantung

2. Terlalu sering menghirup polusi udara

Polusi udara memang sudah sangat terkenal karena dampak buruknya pada kesehatan, dan salah satunya akan mengganggu pada kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa ternyata paparan solusi udara bisa saja memperburuk kondisi kadar gula di dalam darah, kolesterol serta faktor resiko penyakit jantung. Sementara itu pada penelitian lain juga telah menunjukan bahwa ternyata polusi malah bisa mengurangi kolesterol HDL setelah terjadinya waktu paparan singkat.

Kondisi ini tentunya tidak hanya akan berdampak pada mereka yang sudah berusia lanjut, namun mereka yang berusia muda juga akan sangat berisiko terserang paparan polusi udara yang akan mengakibatkan adanya pembengkakan serta kerusakan pada pembuluh darah.

3. Terlalu sering mengkonsumsi obat pereda nyeri NSAID untuk gejala flu atau sejenisnya

Apakah Anda sering mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri NSAID? Hati-hati karena itu bisa mengakibatkan resiko serangan jantung semakin tinggi. NSAID merupakan salah satu jenis obat pereda rasa nyeri yang biasanya selalu digunakan orang untuk mengatasi demam, keseleo, nyeri kepala, peradangan, migraine atau kram karena menstrurasi. Misalnya saja aspirin dan juga ibuprofen.

Baca juga: pencegahan penyakit jantung

Sebuah penelitian yang telah diterbitkan di dalam Journal of Infections Disease mengatakan bahwa ternyata orang-orang yang mengkonsumsi NSAID terlalu berlebihan bisa saja meningkatkan serangan jantung sampai 3,4 kali lipat.

Penyebab mengapa obat ini sangat berpengaruh pada kondisi jantung sebenarnya belum terlalu jelas. Namun, menurut pada ahli jantung mengatakan bahwa obat ini bisa saja meningkatkan resiko pendarahan yang bisa memungkinkan penggumpalan darah yang sangat berbahaya di dalam arteri jantung yang sangat rentan. Obat ini juga sangat mampu meningkatkan resiko hipertensi yang sangat berbahaya dan retensi cairan. Obat penyakit jantung icp capsule adalah obat herbal jantung koroner yang ampuh mengatasi berbagai penyakit jantung termasuk saat terjadi serangan jantung.

4. Nyeri pada bagian bahu

Sebuah penelitian telah melaporkan bahwa mereka yang mempunyai kondisi sering nyeri pada bagian bahu juga akan sangat berisiko tinggi untuk terserang penyakit jantung terutama nyeri dada sebelah kiri. Selain itu untuk orang yang mempunyai faktor resiko penyakit jantung juga bisa saja mencapai 6 kali mungkin mengalami kondisi bahu rotator cuff tendonitis atau adanya pembengkakan pada bagian tendon yang menempel di bagian otot tendon.

Sementara itu berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 36 peserta yang mempunyai faktor resiko terserang penyakit jantung, seperti diabetes, hipertensi dan juga kolesterol, merek mempunyai resiko 5 kali kemungkinan mengalami rasa nyeri. Nyeri merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang perlu kita perhatikan supaya tidak terjadi serangan jantung yang berujung kematian mendadak.

5. Terlalu sering mendengar suara keras yang mengejutkan

Suara keras, selain akan sangat mengganggu pada pendengaran juga akan meningkatkan resiko seseorang mendapatkan serangan jantung. Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa seseorang yang terlalu sering mendapatkan paparan suara keras mempunyai resiko gangguan kesehatan yang cukup tinggi, salah satunya adalah gagal jantung, irama jantung yang tidak teratur, kolesterol, hipertensi dan juga diabetes. Suara keras akan mengakibatkan hormon stress semakin meningkatkan tekanan darah, bahkan hal tersebut juga akan terjadi saat Anda tidur.

Itulah 5 penyebab serangan jantung yang paling membahayakan dan penting Anda ketahui. Beberapa hal di atas sebaiknya Anda bisa menghindarinya agar tidak mendapatkan resiko serangan jantung sejak dini. Sebagai bentuk pencegahan akan lebih baik jika Anda juga menjaga sistem imun tubuh Anda, agar bisa tetap dalam keadaan bugar dengan cara melakukan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat yang tidak banyak mengandung lemak atau pun berolahraga. Karena mencegah akan lebih baik daripada harus mengobati.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2