Penyembuhan Penyakit Jantung Secara Alami dan Medis

By | April 7, 2018

Penyakit jantung masuk ke dalam salah satu penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Jika Anda menderita penyakit jantung, memperbaiki pola hidup menjadi lebih baik biasanya akan sangat disarankan. Bahkan beberapa anjuran untuk melakukan operasi juga biasanya akan di sarankan dokter. Lebih lebihnya lagi, berikut adalah pembahasan mengenai penyembuhan penyakit jantung.

Penyembuhan dengan perbaikan pola hidup

Cara penyembuhan terbaik adalah dengan perbaikan pola hidup, ini merupakan cara alami yang bisa dilakukan. Pola hidup sangat baik untuk pencegahan agar penderita bisa terhindar dari gejala penyakit jantung. Beberapa cara pengubahan pola hidup, diantaranya seperti menerapkan pola makan yang sehat, berhenti melakukan aktivitas merokok, berolahraga dengan teratur, dan kurangi konsumsi alkohol.

Penyembuhan dengan cara medis

Namun tentunya jika Anda sudah menderita penyakit jantung yang cukup parah, memperbaiki pola hidup saja tidak akan cukup. Anda perlu mendapatkan penanganan secara medis. Baik lewat konsumsi obat-obatan tertentu ataupun prosedur operasi.

Obat Penyakit Jantung

Sementara itu, beberapa obat yang biasanya digunakan untuk penyembuhan penyakit jantung, seperti:

  1. Statin

Statin merupakan salah satu obat yang akan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh sehingga bisa mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Beberapa jenis obat statin yang biasanya diberikan resepnya oleh dokter, seperti pravastatin, otorvastatin dan simvastatin.

  1. Antiplatelet

Selanjutnya adalah anti platelet, obat ini biasanya akan diberikan oleh dokter pada pasien nya agar bisa mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah dengan  cara mengencerkan darah menggunakan obat. Obat ini juga biasanya diberikan untuk mencegah terjadi serangan jantung. Jenis antiplatelet yang biasanya digunakan seperti ticagrelor, prasugrel dan aspirin.

  1. Obat anti hipertensi dan diabetes
Baca juga  Artikel Tentang Kesehatan Jantung

Beberapa yang mengalami penyakit jantung biasanya juga memiliki komplikasi penyakit lainnya, seperti hipertensi dan diabetes. Sehingga selain jantung, ada penyakit lain yang juga harus diobati karena jika komplikasinya kambuh maka akan berpengaruh juga ke jantung.

Sementara itu, beberapa obat yang biasa digunakan untuk hipertensi dan diabetes diantaranya:

  • Obat penghambat beta atau Beta Blockers: Konsumsi obat ini akan sangat bermanfaat, terutama untuk mengatur laju denyut jantung dan kelancaran aliran darah. Ini juga akan membuat beban pada jantung lebih berkurang, sehingga Anda bisa menghindari serangan jantung atau angina. Beberapa obat yang biasanya diresepkan dokter seperti atenolol, metoprol, propranolol, dan atenolol.
  • Obat untuk menghambat kanal kasilum atau calcium channel blockers: Obat penghambat ini akan membuat dinding pada pembuluh darah semakin melebar, sehingga tekanan darah Anda bisa menurun. Sementara itu, beberapa jenis obat yang biasanya diresepkan seperti verapamil, ditiazem dan amlopdipine.
  • Obat nitrat: Nitrat merupakan salah satu obat yang bekerja sebagai penghambat pada kanal kalsium. Obat ini akan sangat bermanfaat untuk melebarkan diameter pada pembuluh darah, sehingga alirannya akan semakin lancar terutama untuk menuju jantung dan akan mencegah terjadinya serangan angina. Nitrat juga bisa menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi serta menghilang rasa nyeri pada dada yang kerap kali dirasakan. Efek dari obat ini bisa singkat bisa juga lambat tergantung tingkat keparahan pasien. Nitrat tidak hanya dijual dalam bentuk tablet, namun ada juga yang berbentuk gel, koyo bahkan disemprotkan yang akan membuat lebih praktis.
  • Ivabradine: Bagi Anda yang menderita penyakit jantung dan tidak bisa mengkonsumsi beberapa obat penghambat beta karena kondisi tertentu, misalnya karena ada infeksi pada paru-paru, konsumsi obat ini biasanya akan dianjurkan oleh dokter. Obat ini dapat mengurangi beban di jantung dan mengurangi laju denyutnya agar tetap dalam keadaan stabil.
  • Nicorandi: Nicorandil juga biasanya digunakan sebagai obat pengganti dari obat penghambat kanal kalsium. Fungsinya juga sama, yaitu untuk melancarkan aliran darah yang akan menuju jantung dengan cara pelebaran diameternya.
Baca juga  Jenis Penyakit dan Obat Herbal Jantung Bengkak

Penanganan jantung secara medis melalui proses operasi:

Selain lewat konsumsi obat, beberapa penderita jantung juga biasanya akan diajurkan melakukan tindakan medis berupa prosedur operasi. Tindakan dilakukan jika ternyata konsumsi obat sudah tidak bisa bekerja dengan efektif untuk mengatasi keluhan-keluhannya.

  1. Proses intevensi jantung perkutan atau angioplasty coroner

Operasi pertama yang mungkin dilakukan adalah PCI. Prosedur ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbesar diameter pada arteri jantung yang sudah mengalami kondisi penyempitan dan sangat mengganggu pada kinerja jantung. Proses akan dilakukan dengan cara memasukan sebuah balon kecil di bagian luar arteri agar bisa menyingkirkan adanya lemak yang bisa membuat sempit arteri. Dengan begitu aliran darah bisa saja kembali lancar. Setela itu, maka stent akan dipasangkan di dalam arteri agar arteri tidak kembali mengalami penyempitan.

  1. Melakukan prosedur bedah bypass arteri jantung atau CABG

Selanjutnya ada operasi lain yang juga dilakukan yaitu beda bypass. Ini merupakan prosedur penanaman pembuluh darah dari anggota tubuh lainnya agar bisa membuka bagian rute baru untuk aliran darah yang menuju jantung sehingga suplai darah akan benar-benar tercukupi.

  1. Prosedur transplantasi jantung

Tindakan transplantasi juga akan dilakukan jika ternyata kondisi jantung sudah sangat tidak memungkinkan dan sudah tidak ada lagi obat yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Tranplantasi akan dilakukan dengan cara melakukan pergantian jantung rusak dengan donor jantung sehat.

Itulah penyembuhan penyakit jantung secara alami dan medis. Penetapan mana cara penyembuhan paling tepat, tentunya tidak bisa Anda lakukan sembarangan karena Anda harus mendapatkan persetujuan dari dokter agar tidak salah dalam prosesnya.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1