7 Perbedaan Pembuluh Darah Arteri dan Vena yang Harus Diketahui

By | April 6, 2018
perbedaan pembuluh darah arteri dan vena

Bicara soal penyakit jantung, penyakit ini tentu saja berhubungan dengan pembuluh darah ya. Penyakit jantung kebanyakan berhubungan dengan pembuluh darah arteri dan juga pembuluh vena. Namun tahukah Anda jika pembuluh arteri dan juga vena itu berbeda? Mungkin banyak orang yang mengira jika kedua pembuluh ini sama saja namun memilki sebutan yang berbeda yaitu vena dan juga arteri. Jika selama ini Anda memikirkan itu maka Anda salah, pembuluh arteri dan vena itu jelas-jelas berbeda ya. Oleh karena itu kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda mengenai perbedaan pembuluh darah arteri dan vena sehingga Anda tidak lagi salah. Obat penyempitan pembuluh darah jantung dapat mengatasi berbagai masalah penyakit pembuluh darah. Pahami juga gejala dan penyebab penyumbatan jantung. Berikut Ini dia ulasannya :

perbedaan pembuluh darah arteri dan vena

  1. Aliran

Banyak sekali orang yang tidak bisa mengerti perbedaan vena dan juga arteri. Bahkan banyak yang menganggap jika kedua pembuluh ini sama saja. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi pentingnya untuk kalian. Salah satu yang menajdi perbedaan dari kedua pemuluh ini adalah alirannya tepatnya adalah arah aliran darahnya. Untuk pembuluh yang bernama arteri memiliki alur aliran darah yang keluar dari organ jantung. Namun untuk pembuluh vena, memliki alur aliran darah masuk ke jantung. Jadi kedua pembuluh ini berbeda ya, arteri keluar dan vena masuk ke jantung.

  1. Dinding pembuluh

Perbedaan yang kedua terletak pada dinding pembuluhnya. Dinding arteri dan juga vena itu sangat berbeda ya sehingga Anda juga harus mengetahuinya dengan jelas. Untuk dinding pembuluh miliki arteri akan memiliki dinding yang lebih tebal daripada vena. Walaupun memiliki dinding pembuluh yang tebal namun sifat atau tekstur dinding pembuluh ini akan elastis ya. Sebaliknya, dinding pembuluh milik vena ini lebih tipis dan tidak setebal milik arteri. Selain itu, dinding pembuluh milik vena ini lebih mudah meregang dan tidak se-elastis arteri.

Baca juga  Penyakit Perikarditis : Gejala, Penyebab, Pengobatan

Baca juga : Penyempitan Pembuluh Darah

  1. Ada tidaknya katup

Berbagai masalah jantung itu disebabkan karena ada masalah seperti misalnya saja penyumbatan pada pembuluh darah arteri atau mungkin vena. Pembuluh darah arteri dan juga vena ini bahkan memiliki perbedaan pada katup yang bisa kita ketahui. Asal Anda tahu saja ya, pembuluh darah yang disebut sebagai arteri ini tidak memiliki katup. Namun untuk pembuluh vena, mereka memiliki katup dan katup itu berada di seluruh pembuluh vena. Jadi kedua pembuluh ini jelas-jelas berbeda ya dan jangan sampai keliru menyebutnya.

  1. Fungsi

Perbedaan pembuluh darah arteri dan vena memiliki perbedaan pada fungsinya juga ya. Banyak sekali orang yang mengira jika kedua pmenbuluh ini hanya beda nama saja tapi fungsinya sama. Jika Anda adalah salah satu orang yang berpikiran seperti itu maka sebaiknya mulai sekarang perbaiki pengertian Anda ya. Pembuluh darah ini jelas berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Untuk pembuluh arteri berfungsi untuk mengangkut darah kita dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan untuk pembuluh vena, memiliki fungsi untuk membawa darah dari organ ke jantung. Untuk darah yang diangkut vena itu lebih kaya akan kandungan oksigen ya karena dibawa ke jantung.

Baca juga : Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda

  1. Saluran

Beberapa penyakit jantung itu disebabkan karena Anda mengalami masalah pada pembuluh misalnya saja seperti jantung koroner yang mana disebabkan karena Anda mengalami masalah pada penyumbatan pembuluh darah. Oleh karena itu penting untuk Anda semua mengetahui perbedaan antara vena dan juga arteri. Salah satu yang membedakan kedua pembuluh darah ini adalah salurannya ya. Untuk pembuluh darah yang disebut sebagai arteri umumnya memiliki saluran darah yang lebih sempit karena memilki dinding yang cukup tebal. Sedangkan untuk saluran pembuluh vena ssendiri ukurannya bisa dibilang luas daripada saluran milik arteri karena seperti yang kita sebutkan tadi jika saluran milik vena ini lebih tipis sehingga saluran akan jadi lebih luas ya.

  1. Tekanan pada pembuluh
Baca juga  Gejala dan Faktor Resiko Penyumbatan Pembuluh Darah di Kaki

Tidak hanya perbedaan dari saluran dan juga beberapa yang sudah kita sebutkan di atas tadi ya. Ternyata pembuluh vena dan juga arteri memiliki perbedaan yang sangat signifikan dan hampir semuanya berkebalikan. Salah satu perbedaan yang harus Anda ketahui adalah perbedaan pada tekanan pembuluh darahnya. Pembuluh darah arteri ini memiliki tekanan yang bisa dikatakan cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena darah yang berada di arteri ini telah dipompa oleh jantung dan akan dibawa oleh arteri. Sedangkan untuk vena memiliki tekanan yang lebih rendah karena arahnya yang masuk ke jantung dan membawa darah murni yang belum di proses jantung.

  1. Posisi pembuluh

Perbedaan yang terakhir terletak pada posisi atau letak pembuluh darah. Untuk arteri sendiri memiliki letak atau posisi yang lebih dalam. Sehingga biasanya jika kita melakukan suntik ke pembuluh arteri maka akan menjadi agak sulit karena letaknya yang berada di dalam. Namun jika ingin melakukan suntik ke pembuluh vena maka akan menjadi lebih cepat karena pembuluh vena itu berada lebih dekat dengan kulit sehingga bisa dengan cepat ditemukan dan dilihat ya! Ternyata kedua pembuluh yang selama ini kita kira sama itu sangatlah berbeda ya!

Baca juga : Pembuluh Darah

Nah itu tadi ulasan dari perbedaan pembuluh darah arteri dan vena yang harus Anda ketahui sehingga tidak salah dalam menyebutkan berbagai penyakit jantung ya. Sekarang Anda sudah tahu kan dimana letak perbedaannya. Bagikan artikel ini jika merasa berguna bagi Anda! Semoga artikel yang kami berikan hari ini bermanfaat bagi Anda semua!

😡
☹️
😐
☺️
😍