Penyakit Perikarditis : Gejala, Penyebab, Pengobatan

By | April 16, 2018

Kali ini kami akan menginformasikan mengenai salah satu penyakit yang mungkin saja masih asing di telinga Anda. Penyakit ini mungkin jarang Anda dengar namun jika Anda sepelekan maka bisa berbahaya, penyakit yang kali ini kami akan bahas adalah penyakit bernama Perikarditis. Mungkin banyak yang belum tahu apa penyakit ini, namun untuk infromasi awal, penyakit ini adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung kita. Oleh karena itu Anda perlu tahu infromasi lengkapnya ya, simak ulasan di bawah ini sehingga Anda bisa paham mengenai penyakit yang jarang Anda dengar ini. Berikut adalah informasinya :

Apa itu Perikarditis?

perikarditis

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengerti apa itu Perikarditis. Oleh karena itu kali ini kami akan menjelaskan informasi mengenai penyakit ini. Perikarditis adalah sebuah kondisi dimana ada peradangan atau iritasi yang terjadi pada perikardium (membran tipis seperti kantung yang melapisi jantung kita). Fungsi dari perikardium sendiri adalah untuk menjaga posisi dan letak jantung sehingga jantung bisa bekerja dengan baik. Nah jika membran tipis ini mengalami peradangan atau iritasi maka dinamakan Perikarditis.

Baca juga : Miokarditis

Gejala Perikarditis

Setelah mengetahui apa pengertian dari penyakit Perikarditis maka kali ini kami akan membagikan beberapa informasi lainnya mengenai gejala dari Perikarditis. Sehingga Anda bisa tahu gejala apa saja yang akan Anda alami jika mengalami peradangan iritasi ini. Berikut adalah beberapa gejala yang akan Anda alami jika mengalami Perikarditis :

  • Jantung berdebar

Walau yang mengalami peradangan atau iritasi itu merupakan membran selaput yang melapisi jantung, tentu saja secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kinerja jantung kita bukan? Karena membran itulah yang membungkus jantung. Nah, salah satu gejala utama yang akan Anda alami jika mengalami peradangan ini maka Anda akan merasa jantung berdebar lebih cepat dari pada biasanya. Dan jantung berdebar ini hampir terjadi setiap hari.

  • Nyeri dada / angina pektoris
Baca juga  6 Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah yang Harus Diwaspadai

Gejala selanjutnya yang bisa Anda alami ketika mengidap penyakit ini adalah Anda akan merasakan nyeri dada atau yang di dalam dunia medis disebut sebagai angina. Nyeri dada karena Perikarditis biasanya rasanya akan sangat sakit dan seperti ditusuk-tusuk. Biasanya rasa sakit itu menyerang pada bagian tengah dada atau bagian kiri dada.

  • Napas yang pendek

Jika Anda tiba-tiba saja sering merasakan napas yang pendek atau sering terengah-engah walaupun Anda sedang tidak beraktifitas berat maka Anda bisa curiga Anda mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung. Nah salah satu gejala jika Anda mengalami penyakit Perikarditis adalah napas yang terengah-engah atau pendek ketika berbaring.

  • Demam

Jika tubuh Anda mengalami demam maka itu artinya ada yang salah dengan tubuh Anda ya. Nah salah satu gejala yang bisa Anda alami ketika mengalami Perikarditis maka anda akan mengalami  demam ringan ya. Konsultasikan ke dokter jika demam yang disertai gejala di atas tidak sembuh sampai beberapa hari padahal Anda sudah mengkonsumsi obat.

  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Gejala selanjutnya yang bisa Anda alami adalah mengalami bengkak pada beberapa bagian tubuh ya. Bengkak itu bisa terjadi pada bagaian perut dan punggung kaki, karena darah tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik akhirnya menyebabkan edema atau penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh.

Baca juga : obat penyempitan jantung

Diagnosis Perikarditis

Penyakit Perikarditis ini memang memiliki beberapa gejala, namun untuk mengetahui apakah Anda memiliki Perikarditis ini maka tidak hanya bisa dilihat dari gejalanya saja ya. Anda bisa mengetahui apakah mengalami penyakit ini melalui diagnosis yang tepat ya. Anda bisa mengetahui jika mengikuti beberapa tes seperti tes darah, MRI scan, CT scan, Elektrookardiogram (EKG), rontgen dada, sampai ekokardiografi. Dengan melakukan beberapa jenis tes itu maka bisa diketahui secara pasti akan Anda mengalami Perikarditis atau tidak ya. Sehingga jika Anda merasa mengalami gejala yang sudah kami sebutkan tadi maka saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa tahu apakah memang benar Anda mengalami Perikarditis atau tidak.

Baca juga  5 Gangguan Kesehatan pada Pembuluh Darah

Penyebab Perikarditis

Anda sudah tahu mengenai gejala dan diagnosisnya bukan? Oleh karena itu sekarang kami akan memberitahu infromasi mengenai apa saja penyebab dari penyakit Perikarditis ya. Karena tidak mungkin penyakit itu terjadi tanpa sebab bukan. Kami menyampaikan infromasi ini karena ingin  supaya Anda semua tahu lebih detail mengenai Perikarditis. Ini dia beberapa penyebab dari Perikarditis :

  • Virus

Perikarditis bisa disebabkan karena serangan virus ya. Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan Anda mengalami Perikarditis adalah virus enterovirus, virus influenza, adenovirus, herpes simplex, virus hepatitis, dan virus HIV.

  • Bakteri

Tidak hanya bisa disebabkan karena virus saja ya, penyakit ini juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri. Biasanya orang yang terinfeksi bakteri tuberculosis bisa terserang penyakit ini.

  • Serangan jantung

Penyakit ini juga bisa disebabkan karena Anda memiliki riawayat serangan jantung ya. Jika serangan jantung sering terjadi maka bisa menyebabkan Anda mengalami kerusakan pada bagian perikardium dan menyebabkan Anda mengalami penyakit ini.

  • Obat-obat

Ternyata penyakit ini juga bisa disebabkan karena beberapa jenis obat yang Anda konsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Perikaridum bisa saja mengalami iritasi jika Anda mengkonsumsi beberapa obat kemoterapi atau mungkin mengkonsumsi antibiotik jenis penicillin. Pengobatan herbal dengan minum obat jantung koroner ICP Capsule dan info lengkap bisa dibaca di website ini.

Nah itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penyakit Perikarditis. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍