Tanda-Tanda Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi dan Anak

By | March 26, 2018

Tanda-tanda Penyakit Jantung – Bukan hanya orang tua saja loh yang ternyata dapat terserang berbagai macam penyakit jantung. Bayi dan anak – anak juga bisa menderita penyakit jantung. Bahkan banyak di antara bayi yang baru lahir mengalami tanda – tanda penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan sendiri adalah sebuah kelainan pada jantung  yang telah terjadi sejak bayi di dalam kandungan dan kelainan tersebut akan terus berlanjut sampai kelahiran terjadi. Penyakit – penyakit tersebut menyebabkan darah kotor yang seharusnya mengalir ke paru – paru malah menyebar ke seluruh tubu dan sebaliknya. Hal tersebut jika tidak segera ditanggapi bukan tidak mungkin bisa menyebabkan penyakit jantung lemah ataupun gagal jantung bahkan kematian pada bayi dan anak – anak.

Sebanarnya factor apa saja yang harus menjadi perhatian kalian terkait penyakit jantung bawaan pada bayi dan anak?. Penyakit jantung bawaan pada bayi bisa terjadi bila sebelumnya orang tua bayi pernah mengidap penyakit jantung atau bisa jadi juga karena ibu dari si bayi pernah mengalami diabetes melitus atau karena kebiasaan ibu yang sering mengkonsumsi alkohol dan obat – obatan terlarang saat hamil.

Tanda – tanda penyakit jantung pada bayi dan anak

Sehubungan dengan awamnya masyarakat terhadap adanya tanda – tanda penyakit jantung bawaan pada bayi dan anak – anak, mungkin tak ada salahnya jika kalian menyimak ulasannya berikut ini supaya kalian lebih mengerti dan lebih perhatian terhadap penyakit jantung bawaan yang mungkin dialami oleh anak – anak kalian.

  1. Kuku membiru

Pada bayi atau anak yang baru lahir dengan penyakit jantung bawaan  biasanya memiliki kuku yang berwarna kebiruan. Kuku yang berwarna kebiruan banyak ditemukan pada kasus penyakit paru – paru dan penyakit jantung. Penyebab kuku menjadi warna biru pada penderita penyakit jantung sendiri adalah karena kurangnya pasokan oksigen pada kuku. Sebenarnya bukan hanya kuku yang berubah menjadi warna biru, lidah atau bahkan kulit bayi yang mengalai penyakit jantung juga akan menjadi warna kebiruan.

  1. Sulit bernafas atau nafas pendek
Baca juga  Cara Mengatasi Serangan Jantung Yang Membahayakan

Pada bayi dan anak yang mengalai penyakit jantung akan mengalami gejala berupa kesulitan saat bernafas. Seringkali penderita mengalami sesak nafas sehingga mereka mengambil nafas dala tempo hang cukup pendek atau biasa disebut dengan nafas pendek. Hal demikian ini terjadi karena jantung yang bertugas memompa darah yang mengandung oksigen tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga oksigen di dalam paru – paru juga tidak bisa terpenuhi. Biasanya gejala ini muncul berbarengan dengan keadaan jantung berdebar – debar.

  1. Keringat berlebihan

Bayi dan anak – anak kalian sedang tidak melakukan aktivitas berat, namun seringkali kalian temui mereka lebih berkeringat daripada anak – anak lainnya. Kalian wajib waspada karena hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa anak kalian telah mengalami penyakit jantung. Keringat berlebih yang dialami oleh bayi dan anak kalian terjadi karena jantung sedang bekerja lebih keras untuk memenuhi pasokan darah ke seluruh tubuh. Bisa dibaca artikel obat alami jantung koroner sebagai pelengkap pengetahuan tentang adanya gejala penyakit jantung.

  1. Berat badan mudah turun

Berat badan yang mudah turun pada bayi dan anak bisa terjadi karena adanya darah kotor dan darah bersih yang tercampur menjadi satu. Karena seperti yang sudah kalian ketahui bahwa jantung memiliki fungsi sebagai alat yang digunakan untuk memompa darah, di mana di dalam darah terdapat zat – zat nutrisi yang berasal dari makanan. Jika jantung mengalami kelainan maka sudah bisa dipastikan zat – zat nutrisi dari makanan tadi akan terhambat distribusinya ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan bayi dan anak mengalami berat badan yang mudah turun atau bahkan di bawah normal. Pada bayi, biasanya tanda – tanda penyakit jantung bawaan ditandai dengan daya isap bayi yang berkurang saat minum ASI. Nah kalian para ibu juga harus waspada jika menemukan tanda ini pada bayi kalian.

Baca juga  Gejala-Gejala Penyakit Jantung dan Pertolongan Pertama Saat Kambuh

 

  1. Sering pingsan

Pada bayi dan anak – anak yang mengalami penyakit jantung bawaan meraka akan mudah pingsan dibandingkan dengan bayi dan anak – anak normal seusia mereka. Namun pingsan pada bayi dan anak – anak yang menderita penyakit jantung bawaan bisa dikarenakan kurangnya asupan oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan bisa jadi karena adanya gangguan pada aliran darah di pembuluh darah sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi dan gizi yang diperlukan. Selain itu yang membuat bayi dan anak – anak mudah pingsan adalah karena jantung mereka bekerja lebih keras dari biasanya sehingga membuat tubuh melakukan proses metabolisme yang lebih cepat dari kebanyak orang dan membuat mereka lebih cepat lelah. Bisa dibaca juga artikel tentang obat jantung icp capsule disini.

Sebanarnya terkait dengan penyakit jantung bawaan ini sendiri, orang tualah yang memiliki peranan besar dalam hal mengenali tanda – tanda penyakit jantung tersebut. Sebelum hal tersebut terjadi ada baiknya supaya kalian mencegah dan mulai memperhatikan pola hidup sehat kalian. Karena seperti yang sudah kalian ketahui bahwa penyakit jantung bawaan bisa terjadi karena adanya factor resiko dari orang tua yang pernah mengalami sakit jantung atau karena kebiasaan – kebiasaan buruk si ibu seperti mengkonsumsi rokok atau alcohol saat mengandung.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1