Terapi Penyakit Jantung Menggunakan Tanaman Herbal

By | April 12, 2018

Terapi Penyakit jantung akan merujuk pada gangguan atau masalah struktur dan juga fungsi jantung yang semakin melemah. Kondisi ini juga kerap kali dikaitkan dengan adanya penumpukan plak pada bagian dinding arteri sehingga mengakibatkan penyimpanan arteri yang memicu ketidak lancaran aliran darah menuju jantung.

Beberapa masalah penyakit jantung di antaranya, masalah pada katup, gagal jantung, aritmia atau denyut yang tidak teratur, penyakit jantung kongenital atau jantung bawaan dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya ada berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan cara tradisional. Berikut ini merupakan terapi jantung menggunakan tanaman herbal secara tradisional yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Baca juga: obat penyempitan pembuluh darah jantung

1. Bawang putih

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa ternyata kandungan di dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi dan juga penyakit jantung koroner. Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu ini jika dikonsumsi bisa membantu memperlambat perkembangan proses pengerasan pada pembuluh darah serta membantu meningkatkan sirkulasi darah. Pengobatan herbal penyakit jantung koroner bisa menggunakan bawang putih ini walaupun belum ada uji klinis yang membuktikan kalau minum jus bawang putih bisa menyembuhkan penyakit jantung.

2. Hawthorn

Di negara barat, Hawthorn merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat terkenal akan manfaatkanya untuk mengatasi penyakit jantung. Ini merupakan jenis semak, memang sulit untuk didapatkan di Indonesia. Dengan konsumsi Hawthorn akan membantu peningkatan aliran darah menuju jantung dan membantu peningkatan kontraksi pada otot jantung sehingga bisa melakukan pemompaan dengan lebih kuat. Semak ini bisa meningkatkan kinerja jantung dengan cara mengurangi beban kerja jantung agar tidak terlalu berat. Kalau dalam bentuk semaknya langsung memang akan sulit ditemukan, namun Anda bisa menemukan hawtorn dalam bentuk suplemen di beberapa toko herbal.

Baca juga  Obat Pembengkakan Jantung Secara Alami dan Medis

Baca juga: gejala penyakit jantung pada wanita

3. Kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan jenis bunga yang cukup banyak tubuh di Indonesia jadi akan sangat mudah untuk Anda bisa menemukannya. Menurut sebuah penelitian dari Taiwan menyatakan bahwa kembang sepatu mempunyai kandungan anti oksidan yang dipercaya bisa meminimalisir adanya kolesterol jahat di dalam tubuh, serta terjadinya radikal bebas yang akan membahayakan jantung. Selain untuk jantung, kembang sepatu juga sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang juga akan memicu terjadinya penyakit jantung hipertensi.

Cara mengkonsumsinya, Anda hanya perlu menyiapkan segenggam kembang sepatu kemudian rebus menggunakan 2-3 gelas air. Jika sudah mendidih, saring airnya dan tambahkan 1 sendok teh madu hitam. Anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin pada pagi dan malam hari agar bisa memberikan manfaat yang maksimal.

4. Kunyit

Kalau untuk kunyit sudah tidak usah diragukan lagi. Kunyit merupakan salah satu rempah di Indonesia yang sangat sering digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit salah satunya untuk penyakit jantung. Sebuah studi menujukan bahwa ternyata kunyit bisa membantu mencegah terjadinya aterosklerosis. Curcumin merupakan kandungan di dalam kunyit yang akan membantu merawat kesehatan jantung dan juga mengurangi terjadinya oksidasi kolesterol serta penumpukan plak pada pembuluh darah. Kunyit juga merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat anti oksidan serta anti inflamasi yang sangat kuat, sehingga bisa mencegah terjadinya radikal bebas yang mengakibatkan bahan pada tubuh.

Baca juga: penyebab serangan jantung

Cara pengolahannya, pertama Anda bisa mencampurkan kunyit pada menu makanan Anda sehari-hari. Kedua, Anda bisa mengkonsumsi kunyit dengan cara dibuat ramuan, caranya siapkan kunyit kemudian bersihkan, tumbuk, dan di rebus, saring airnya, lalu Anda bisa meminumnya dengan rutin setiap hari. Atau Anda juga bisa mendapatkan kunyit yang sudah diolahan dalam bentuk kemasan dibeberapa toko herbal. Biasanya yang dijual adalah kunyit bubuk, jadi Anda hanya perlu menyeduhnya saja, tidak perlu repot menumbuk.

Baca juga  4 Jenis Operasi Jantung yang Harus Anda Ketahui

5. Cabai rawit

Cabai rawit merupakan rempah yang juga sering dijadikan bumbu, cabai akan memberikan efek rasa pedas pada makanan. Cabai juga merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan sambal pedas. Selain bisa dimanfaatkan untuk memberikan efek rasa pedas pada makanan, cabai juga ternyata sangat baik untuk mengatasi jantung. Kandungan capsaicin di dalam cabai sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi penyakit jantung dan juga masalah pada sirkulasi darah. Cabai juga bisa membantu menurunkan terjadinya resiko detak jantung yang tidak beraturan serta menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain capsaisin, kandungan fitokimia yang ada di dalam cabai rawit juga sangat bermanfaat untuk membersihkan darah serta menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat.

Cara mengkonsumsinya, Anda bisa mencari cabai yang sudah dikeringkan dan dihaluskan, agar lebih mudah dalam pengolahannya. Jika sudah mendapatkan cabai yang dihaluskan, Anda tinggal menambahkan 1 sendok makan cabai ke dalam cangkir berisi air panas, kemudian aduk rata dan meminumnya. Anda bisa mengkonsumsi 3 kali dalam seminggu. Untuk meminimalisir rasa pedas dari cabai, Anda bisa menyiapkan madu, jadi setelah mengkonsumsi minuman cabainya, langsung saja minum 1 sendok makan madu agar bisa menggantikan efek rasa pedasnya dengan rasa manis. Atau kalau tidak ingin perlu repot dan tidak mau mendapatkan rasa pedas karena tidak suka, Anda bisa juga mencari suplemen cabai dalam bentuk kapsul. Jadi akan lebih praktis, tinggal mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran pada kemasan, Anda tidak akan merasakan pedas sama sekali karena cabainya dilindungi oleh kapsul.

Itulah informasi mengenai terapi jantung koroner menggunakan tanaman herbal. Anda bisa pilih, tanaman mana yang sesuai dengan selera Anda, namun akan lebih baik jika Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, apakah boleh menambahkan terapi jantung dengan cara di atas? Karena bisa saja kondisi Anda mengharuskan tidak boleh mengkonsumsi obat apapun kecuali resep dari dokter.

Baca juga  Tanda-Tanda Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi dan Anak
😡
☹️
😐
☺️
😍