3 Tindakan Medis Jantung Koroner yang Harus Anda Ketahui

By | April 16, 2018

Tindakan Medis Jantung Koroner – Selamat datang di icpcapsule.net website paling lengkap dalam mengulas berbagai masalah penyakit jantung. Jantung koroner adalalah salah satu jenis penyakit jantung yang berbahaya dan cukup banyak diderita oleh masyarakat saat ini. Dan yang lebih parah, penyakit jantung sekarang ini menjadi penyebab nomor 1 kematian masyarakat di Indonesia bahkan dunia.

Oleh karena itu pentng sekali kita untuk menjaga kesehatan jantung bukan? Maka dari itu tentu saja kita harus memahami informasi tentang jantung koroner dengan baik bukan? Kali ini kami akan memberikan infromasi yang penting kepada Anda mengenai tindakan medis jantung koroner sehingga Anda bisa tahu apa saja penanganan medis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jantung koroner. Ini dia infromasinya untuk Anda :

Pemberian obat Jantung

tindakan medis jantung koroner

Hal pertama yang akan dilakukan dalam dunia medis jika sudah tahu kalau seorang pasien mengalami jantung koroner adalah dengan memberikan obat. Obat yang diberikan untuk penderita jantung koroner ini obat khusus dan memiliki fungsi masing-masing untuk meredakan gejala dari jantung koroner ya. Sifatnya memang tidak bisa menyembuhkan jantung koroner secara permanen, hanya membantu untuk mengurangi beberapa gejala yang dirasakan. Maka dari itu kali ini kami juga akan memberikan info mengenai jenis obat-obatan yang akan diberikan kepada penderita jantung koroner :

  • Pengencer darah

Obat pertama yang akan diberikan kepada penderita jantung koroner adalah pengencer darah. Obat ini diberikan untuk membantu mencegah pembekuan darah pada saluran arteri atau misalnya jika sudah terjadi pembekuan maka obat ini bergungsi untuk menghancurkan atau mengencerkan pembekuan darah tersebut.

Baca juga  Obat Nyeri Dada Paling Ampuh
  • Statin

Selain pemberian pengencer darah, penderita jantung koroner juga akan diberikan obat jenis statin ya. Obat yang satu ini berfungsi untuk mengatasi kolesterol jahat sehingga bisa terhindari dari penimbunan di hati.

  • Beta blockers

Jenis obat ketiga yang akan diberikan kepada penderita jantung koroner adalah jenis obat beta blockers atau penghambat beta. Obat ini berguna untuk memperlambat denyut dan tekanan darah sehingga beban jantung jadi berkurang.

  • Obat jantung

Jenis selanjutnya adalah obat jantung, obat yang satu ini diberikan untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri dada (angina) selama Anda mengalami jantung koroner.

  • Penghambat kalsium

Obat terakhir yang akan diberikan oleh dokter kepada penderita adalah obat berjenis penghambat kalsium. Kegunaan obat ini adalah untuk melemaskan pembuluh darah manusia.

Baca juga : obat jantung koroner farmasi

Prosedur medis

Nah, ternyata banyak sekali ya jenis obat-obatan yang harus dikonsumsi oleh penderita jantung koroner. Namun Anda tidak boleh meminumnya semabrangan, harus dengan resep dokter sehingga tidak sampai mengalami bahaya ya karena ada beberapa jenis obat yang tidak cocok dengan pasien dan  menimbulkan alergi. Sekarang waktunya Anda mengetahui prosedur medis atau tindakan medis jantung koroner yang kedua setelah pemberian obat. Berikut ini adalah beberapa prosedur medis yang akan dilakukan jika jantung koroner memasuki tahap tengah atau sudah agak parah :

  • Pemasangan ring jantung

Tindakan medis pertama bagi orang yang mengalami jantung koroner adalah akan dilakukan pemasangan ring jantung. Mungkin Anda sudah seringkali mendengar ya tentang ring jantung, kali ini kami akan menjelaskannya secara singkat sehingga Anda semua bisa mengerti. Pemasangan ring jantung itu sebenarnya adalah pemasangan alat kecil yang berbentuk hampir seperti tabung ke arteri jantung supaya tetap terbuka. Dengan kata lain ring jantung ini membantu pelebaran saluran arteri sehingga tidak tersumbat dan kerja jantung juga jadi tidak berat ya. Ring jantung ini di dalam dunia medis disebut juga sebagai stent.

  • Angioplasti

Tindakan medis kedua yang bisa ditempuh untuk para penderita jantung koroner adalah angioplasti. Hampir sama dengan pemasangan ring jantung sebenarnya karena juga menggunakan stent (ring), namun agak berbeda di bagian awalnya. Pertama-tama akan ada seperti balon kecil yang dimasukkan ke dalam arteri kemudian digembungkan. Hal itu bertujuan untuk membantu melancarkan arteri. Setelahnya mungkin sebuah stent atau ring jantung juga akan dimasukkan guna menahan saluran arteri supaya tetap terbuka.

Baca juga : Tanaman obat jantung koroner

Tindakan Bedah

Kita semua sudah tahu infromasi mengenai prosedur medis bagi orang yang mengalami jantung koroner. Sekarang saatnya kita tahu apa saja tindakan bedah atau operasi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jantung koroner yang sudah parah. Jika jantung koroner sudah parah maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan bedah atau operasi ya. Berikut ini adalah jenis bedah atau operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi jantung koroner :

  • Operasi bypass pembuluh darah koroner

Jika Anda belum tahu mengenai operasi yang satu ini maka kali ini kami akan membantu Anda untuk menjelaskannya ya. Operias jantung bypass ini adalah tindakan operasi yang bertujuan untuk mengembalikan aliran darah kembali ke jantung dengan menggunakan vena maupun arteri yang masih sehat ya. Arteri atau vena yang sehat ini digunakan untuk memintas arteri yang tersumbat karena plak tadi. Dengan begitu jantung koroner bisa sembuh dan Anda tidak mengalami lagi gejala seperti nyeri dada atau angina.

Baca juga : pencegahan jantung koroner

Nah itulah beberapa tindakan medis jantung koroner yang bisa dilakukan kepada para penderita jantung koroner. Jika Anda menderita jantung koroner, maka Anda harus melakukan beberapa tindakan medis itu tentunya sebelumnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya. Karena dokterlah yang tahu bagaimana kondisi jantung Anda. Anda bisa berkonsultasi apakah memang perlu melakukan tindakan medis seperti pasang ring jantung, angioplasti atau mungkin melakukan operasi bypass pembuluh darah koroner? Cukup sampai disini, semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍