Apa Itu Trombosis? Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

By | March 28, 2018

Trombosis Berbeda dengan trombus, trombosis merupakan suatu keadaan di mana terjadi pembesaran pembuluh darah karena adanya gumpalan atau trombus yang menyumbat aliran pembuluh pada pembuluh darah. Nah dengan kata lain, trombosis adalah akibat adanya trombus pada pembuluh darah, sedangkan trombus adalah penyebab seseorang mengalami trombosis. Memang kedua nama tersebut terdengar mirip, tapi tetap memiliki makna yang berbeda. Penyakit ini sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Trombosis arteri, yaitu kelainan yang terjadi saat darah menggumpal di dalam pembuluh darah arteri.
  • Trombosis vena, yaitu kelainan yang terjadi saat darah menggumpal di dalam pembuluh darah vena dan seringkali terbentuk di sekitaran bagian bawah kaki atau paha.

Apa Saja Gejala – Gejala Trombosis

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami gejala – gejala trombosis sampai gumpalan – gumpalan darah atau trombus benar – benar menyumbat aliran darah. Sebenarnya gejala thrombosis sendiri baru akan ketahuan jika saat seseorang telah mengidap suatu penyakit yang dihasilkan dari adanya kelainan thrombosis tersebut. Dan masing – masing dari penyakit tersebut akan memberikan gejala – gejala yang berbeda. Jadi, untuk mengetahui gejala thrombosis kalian harus mengetahui dulu penyakit yang sedang kalian derita.

  • StrokeTrombosis

Karena adanya trombus inilah, trombosis di pembuluh darah otak mengalami pendarahan dan mengakibatkan sebagian besar kemampuan otak menurun yang menyebabkan seseorang terkena stroke. Gejala yang sering dirasakan penderita stroke antara lain bentuk wajah yang tidak simetris, susah berbicara ataupun ada anggota tubuh yang tidak bisa digerakkan.

Baca juga  Penyebab Stroke dan Cara Mengatasinya dengan Obat Alami Stroke
  • Serangan jantung

Pada penderita kelainan ini gejala yang muncul biasanya akan lebih terasa pada orang yang telah lanjut usia dan pada penderita diabetes. Ciri – ciri yang dirasakan oleh penderita gejala ini yaitu sesak pada dada, rasa nyeri dan jantung yang berdebar – debar. Hal ini dikarenakan adanya trombus yang menyumbat aliran pada pembuluh darah yang berada di sekitaran jantung. Selalu sedia obat herbal jantung koroner supaya anda bisa mengantisipasi saat terjadi serangan jantung ringan

  • Critical limb ischaemic

Critical limb ischaemic adalah suatu kelainan yang terjadi pada sistem aliran darah yang terdapat pada arteri perifer atau arteri yang tedapat pada aggota gerak badan. Ciri – ciri yang menandakan seseorang terkena kelainan ini adalah tungkai yang terasa nyeri, tungkai yang menjadi lebih pucat dari biasanya dan juga tungkai kaki terasa sangat dingin. Gejala pada penyakit jantung koroner seperti adanya penyempitan di sistem pembuluh darah.

Perlu kalian ketahui bahwa penyakit – penyakit di atas kemungkinan diakibatkan karena adanya trombosis yang sudah semakin parah pada diri seseorang. Namun sebenarnya ada beberapa gejala umum yang ditunjukkan oleh orang memiliki kandungan trombus berlebihan di dalam tubuhnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa trombosis ini muncul karena adanya trombus di dalam tubuh yang sudah terlalu lama. Gejala – gejala trombus antara lain:

  • Kaki membengkak sehingga penderita akan merasakan nyeri dan warna kaki berubah menjadi merah kebiruan
  • sesak pada dada, rasa nyeri dan jantung yang berdebar – debar
  • Pusing yang teramat sangat, kepala terasa berat dan seperti ada yang memukul – mukul

Cara Pencegahan Trombosis

Mengingat banyaknya orang yang tidak menyadari terjadinya penyumbatan aliran darah yang dikarenakan adanya pembekuan darah yang menyerang dirinya, berikut ini beberapa langkah terbaik untuk mencegah timbulnya trombus pada tubuh kalian, karena penyebab adanya trombosis sendiri adalah karena disebabkan oleh trombus.

  • Banyak bergerak

Jika kalian diharuskan bekerja menghadap computer dengan posisi duduk sepanjang waktu, tak ada salahnya untuk bangun dan bergerak sejenak agar tidak terjadi penumpukan darah pada kaki. Dengan bergerak seperti berjalan sebentar akan membantu melancarkan aliran darah yang menumpuk di kaki. Sehingga kemungkinan munculnya gumpalan darah yang akan menimbulkan trmobosis bisa diminimalisir.

  • Banyak minum air putih

Dengan minum banyak air putih, setidaknya asupan cairan tubuh kalian tetap terpenuhi. Dengan terpenuhinya asupan cairan akan menjaga kondisi darah kalian tetap dalam kondisi normal dan penggumpalan darah bisa diminimalisir.

  • Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan langkah paling dasar saat kalian menginginkan kondisi tubuh yang sehat. Dengan menjaga pola hidup sehat seperti berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga bisa membantu kalian terhindar dari pembekuan darah dan tersumbatnya aliran pembuluh darah.

  • Perhatikan konsumsi obat tertentu

Obat penyumbatan pembuluh darah atau Trombus terbaik adalah ICP Capsule. Konsumsi pil kontrasepsi juga ternyata dapat memicu timbulnya pembekuan darah dalam tubuh loh. Kalian bisa mengontrol konsumsi pol kontrasepsi agar bisa terhindar dari pembekuan darah. Dan yang terpenting, konsumsilah pil kontrasepsi sesuai dengan aturan pakai.

Mengingat dampak yang dihasilkan oleh trombosis sangat berbahaya sekali, maka ada baiknya supaya kalian lebih memperhatikan gaya hidup dan kebiasaan buruk kalian. Karena harga pengobatan penyakit yang diakibatkan oleh trombosis ini tergolong cukup mahal, ada baiknya supaya kalian mencegah daripada mengobati. Tapi kalian tenang saja, karena sekarang telah hadir ICP kapsul yaitu obat herbal tradisional penyumbatan pembuluh darah jantung.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2