Kenali Trombus dan Ketahui Gejala Serta Cara Mencegahnya

By | March 24, 2018

Darah sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan segala macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, sama seperti bagian tubuh yang memiliki peranan vital lainnya yang bisa terserang sebuah kelainan. Mungkin kalian sudah banyak yang tahu penyakit leukemia, anemia, hemophilia atau vol willebrand disease, namun kalian pasti masih jarang mendengar kelainan pada darah yang bernama thrombus.

Trombus sendiri merupakan sebuah kelainan berupa pembekuan darah yang terjadi pada pembuluh darah atau jantung. Pada penderita kelainan penderita ini, biasanya terjadi penggumpalan darah pada pembuluh darah atau jantung karena trombosit, protein bersamaan dengan sel – sel lain yang saling menyatu satu sama lainnya.

Pada penderita kelainan darah ini, gumpalan darah bisa saja menyumbat aliran pembuluh darah yang mengakibatkan pasokan darah ke jantung dan ke seluruh tubuh akan mengalami gangguan. Akibat yang dihasilkan dari kelainan ini yaitu, penderita bisa saja mengalami ciri2 penyakit jantung lemah dan koroner ataupun gagal jantung yang tentunya jika tidak segera diobati akan mengakibatkan kematian.

Apa Saja Gejala Trombus yang Wajib Diketahui?

Biasanya gejala – gejala yang dirasakan tak selalu sama pada penderitanya karena hal tersebut dipengaruhi oleh letak terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Simaklah beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang terkena pembekuan darah di bawah ini.

  • Pembekuan darah pada paru – paru

Penderita pembekuan darah pada paru – paru, biasanya akan merasakan dada yang skit seperti terdesak sesuatu dari dalam. Hal tersebut terjadi karena kurangnya oksigen di dalam paru – paru dan karena kerja jantung yang terlalu kuat. Itulah yang menyebabkan seseorang yang kondisi seperti ini merasakan sesak nafas dan dada yang sakit.

Baca juga  Obat Angina Pektoris
  • Pembekuan darah pada pembuluh vena di kaki

Hal ini biasanya akan membuat penderita mengalami kaki yang membengkak sehingga penderita akan merasakan nyeri dan warna kaki berubah menjadi merah kebiruan. Penderita yang mengalami gejala ini biasanya akan mengalami bentuk kaki yang membesar, dan untuk ukurannya sangat bermacam – macam tergantung dengan seberapa besar gumpalan darah yang terbentuk.

  • Pembekuan darah pada arteri jantung

Gejala ini biasanya akan lebih terasa pada orang yang teah lanjut usia dan pada penderita diabetes.Ciri – ciri yang dirasakan oleh penderita gejala ini yaitu sesak pada dada, rasa nyeri dan jantung yang berdebar – debar. Gejala ini jika tidak cepat diatasi maka akan menyebabkan penderitanya mengalami gagal jantung bahkan kematian.

  • Pembekuan darah pada otak

Jika kalian mengalami pembekuan darah pada otak, maka kalian akan merasakan pusing yang teramat sangat. Kalian merasa kepala kalian terlalu berat dan terasa ada yang memukul – mukul. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, pembekuan darah pada otak bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala stroke seperti ketidakmampuan berbicara dengan jelas atau daya penglihatan yang memudar.

  • Pembekuan darah pada pembuluh darah di usus

Ciri – ciri penyakit jantung yang dapat dirasakan antara lain seperti mual, rasa sakit perut dan feses yang bercampur dengan darah. Namun jarang sekali kasus yang ditemukan pada pembekuan darah pada pembuluh darah di usus karena ada banyak hal yang mengakibatkan seseorang mengalami pembekuan darah pada ususnya seperti infeksi virus atau jamur dan keracunan makanan.

Langkah Terbaik untuk Mencegah Trombus

Mengingat banyaknya orang yang tidak menyadari akan pembekuan darah yang menyerang dirinya, ada baiknya supaya kalian mencari cara agar tidak mudah terserang kelainan ini. Berikut ini beberapa langkah terbaik untuk mencegah timbulnya trombus pada tubuh kalian.

  • Banyak bergerak

Jika kalian diharuskan bekerja menghadap computer dengan posisi duduk sepanjang waktu, tak ada salahnya untuk bangun dan bergerak sejenak agar tidak terjadi penumpukan darah pada kaki. Dengan bergerak seperti berjalan sebentar akan membantu melancarkan aliran darah yang menumpuk di kaki.

  • Banyak minum air putih

Dengan minum banyak air putih, setidaknya asupan cairan tubuh kalian tetap terpenuhi. Dengan terpenuhinya asupan cairan akan menjaga kondisi darah kalian tetap dalam kondisi normal dan penggumpalan darah bisa diminimalisir.

  • Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan langkah paling dasar saat kalian menginginkan kondisi tubuh yang sehat. Dengan menjaga pola hidup sehat seperti berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga bisa membantu kalian terhindar dari pembekuan darah.

  • Perhatikan konsumsi obat tertentu

Konsumsi pil kontrasepsi juga ternyata dapat memicu timbulnya pembekuan darah dalam tubuh loh. Kalian bisa mengontrol konsumsi pil kontrasepsi agar bisa terhindar dari pembekuan darah. Dan yang terpenting, konsumsilah pil kontrasepsi sesuai dengan aturan pakai.

Mengingat trombus adalah penyakit yang serius, maka ada  baiknya supaya kalian lebih memperhatikan kondisi tubuh dengan cara mengikuti langkah – langkah yang tersebut di atas. Tentu mencegah lebih baik dari pada mengobati kan?. Apalagi jika penyakit seputar penyakit dalam memiliki harga yang mahal dibandingkan penyakit lainnya. Tapi jangan khawatir, kini telah hadir obat herbal tradisional penyumbatan pembuluh darah dan jantung.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍3