6 Bahaya Alkohol Bagi Jantung Paling Fatal

By | April 14, 2018

Suka minuman beralkohol? Waspadalah karena alkohol bisa menyebabkan penyakit jantung. Di website icpcapsule.net akan membahas semua masalah jantung dan penyebabnya. Hidup di perkotaan sering kali memicu kondisi pikiran yang tidak tenang dan merasa stress. Terutama akibat kondisi jalanan yang padat dan macet termasuk juga beban pekerjaan yang berat. Akhirnya sebagian orang memilih melupakan kondisi penat tersebut dengan jalan mengkonsumsi minuman beralkohol yang sebenarnya tidak memecahkan masalah namun justru membawa masalah baru pada tubuh, terutama pada jantung dan sistem tubuh lainnya. Untuk lebih jelasnya apa saja bahaya alcohol bagi jantung yang sering terjadi, berikut ini sedikit ulasan mengenai bahaya tersebut dengan lebih terinci.

1. Meningkatkan Detak Jantung

Seseorang yang gemar minum alcohol akan membuat detak jantungnya berpacu lebih kencang daripada biasanya. Karena reaksi alcohol secara alami dapat meningkatkan pembakaran pada tubuh dan membutuhkan asupan oksigen yang tinggi untuk mendukung pembakaran energi tersebut. Akhirnya jantung bekerja keras dan berusaha mengimbangi kebutuhan oksigen pada tubuh dengan bekerja lebih berat dalam memproses sejumlah oksigen di tubuh dan disalurkan pada energi tubuh. Oleh sebab itu terlalu banyak minum alcohol akan membuat kerja jantung makin berat termasuk membuat detak jantung makin maksimal dan dapat menimbulkan resiko lain yang tidak diinginkan bagi kesehatan jantung.

Baca juga: tanaman obat jantung koroner

2. Menderita Jantung Koroner

Sudah bukan rahasia bahwa seseorang yang akrab dengan minuman keras tentunya tidak kalah akrab dengan rokok. Oleh karena itu sangat biasa terjadi seseorang yang gemar minum alcohol otomatis sekaligus gemar merokok juga. Celakanya, kedua jenis aktivitas ini tidak pernah menimbulkan kolaborasi yang cukup baik pada kesehatan tubuh. Namun umumnya jika kedua hal tersebut dikombinasikan, maka yang terjadi adanya komplikasi pada sistem tubuh menjadi tidak baik. Umumnya seseorang dengan kegemaran minum alcohol serta ditambah gemar merokok pada akhirnya beresiko lebih tinggi mengalami jantung coroner. Celakanya lagi hal ini tidak menunggu waktu yang lama dalam mewujudkannya. Sehingga tidak heran jika pada akhir-akhir ini banyak sekali orang di usia muda yang mengalami jantung coroner akibat kebiasaan yang kurang baik tersebut. Oleh karena itu pilihan terbaik yaitu dengan mencoba menghindari kebiasaan tersebut dang anti dengan kebiasaan lain yang lebih baik seperti misalnya rajin makan buah maupun jenis sayur-sayuran hijau.

Baca juga: cara mengatasi serangan jantung

Baca juga  4 Bahaya Jantung Lemah yang Mematikan dan Berbahaya

3. Melemahkan Otot Jantung

Seringkali hal ini luput dari perhatian para peminum alcohol yang berat. Alkohol tidak pernah memberi keuntungan pada jantung. Sebaliknya jika diminum dalam jumlah besar maka justru beresiko melemahkan otot jantung. Karena itu jika seringkali mengkonsumsi alcohol selama bertahun-tahun, maka lama kelamaan otot jantungnya dapat mengalami masalah dan makin lemah untuk dapat bekerja secara optimal. Hal inilah yang pada akhirnya juga dapat mengakibatkan berabagai macam resiko dari penyakit jantung yang mudah diderita para peminum alcohol daripada orang yang tidak suka meminum alkohol.

4. Aritmia Jantung

Salah satu bahaya alcohol bagi jantung yaitu dapat menyebabkan kemungkinan menderita aritmia jantung yang cukup besar. Jika hal ini sampai terjadi tentunya akan menjadi masalah bagi kesehatan jantung seseorang. Karena itu yang paling baik hindari gemar minum minuman beralkohol terutama jika sampai mabuk dan tidak ingat sesuatu. Dengan keadaan yang demikian otomatis kadar alcohol dalam tubuh cukup tinggi dan berpotensi merusak organ tubuh. Termasuk merusak jantung dan menimbulkan resiko terjangkit aritmia jantung yang lebih besar dibanding dengan yang jarang atau tidak suka mengkonsumsi alkohol. Ada baiknya hanya konsumsi alkohol sesekali dalam jumlah yang kecil tidak memabukkan.

Baca juga: penyakit jantung koroner

5. Serangan Jantung

Banyak yang kurang paham bahwa ternyata kegemaran minum alkohol dapat berakibat buruk pada jantung. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan potensi dan resiko mengalami serangan jantung. Seringkali para peminum alkohol tidak sadar akan hal ini. Padahal seringkali pula serangan jantung terjadi sewaktu-waktu. Namun rupanya tidak memadamkan niat para pecinta alkohol untuk tetap mengkonsumsi alkohol bahkan dengan kombinasi makanan tidak sehat lainnya. Oleh karena itu tidak heran bila di jaman sekarang ini makin banyak orang yang terkena serangan jantung lebih cepat di usia muda yang tidak diduga-duga. Faktornya adalah gaya hidup yang kurang sehat seperti minum minuman keras di waktu malam. baca juga artikel tentang gejala penyumbatan jantung.

6. Serangan Stroke

Baca juga  Penyembuhan Penyakit Jantung Secara Alami dan Medis

Banyak pula orang yang kurang paham bahwa minum minuman keras otomatis akan memicu terjadinya serangan stroke awal yang lebih cepat. Seringkali banyak yang kurang paham mengapa hal tersebut terjadi. Namun pada dasarnya alcohol dan makanan berlemak akan menjadi duet utama yang menghancurkan sistem metabolisme tubuh yang seharusnya. Karena konsumsi alkohol dapat menyebabkan kandungan alkohol masuk dalam darah dan membuat peredaran darah menjadi makin tidak lancar. Ditambah dengan kandungan lemak dalam pembuluh darah. Akibatnya terjadi sumbatan pada sistem peredaran darah yang tidak dapat berfungsi dengan normal kembali dan mengakibatkan terjadinya penyakit berupa serangan stroke. Tentunya jika hal tersebut terjadi akan sangat merugikan dan bahkan sangat berbahaya. Karena kebanyakan penderita serangan stroke yang tiba-tiba berujung pada kelumpuhan tubuh dan bahkan resiko menghadapi kematian yang lebih tinggi pula. Oleh sebab itu hindari kebiasaan buruk minum alkohol hingga mabuk dan ganti saja dengan aktivitas lain pengusir stress yang lebih baik, misalnya dengan melakukan yoga.

Itulah tadi beberapa bahaya alkohol bagi jantung yang sering kurang diperhatikan oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan kondisi ini tidak berbahaya padahal hal itu salah besar. Dengan konsumsi alkohol maka kemungkinan mengalami penyakit jantung tentu meningkat tajam dibanding bagi orang yang tidak suka mengkonsumsi alkohol. Sehingga ada baiknya membatasi diri minum minuman keras dan berusaha untuk hidup lebih sehat saja.

😡
☹️
😐
☺️
😍