Cara Mengatasi Jantung Berdebar-Debar Secara Medis

By | April 7, 2018

Cara Mengatasi Jantung Berdebar-Debar – Pernahkah Anda mengalami jantung berdebar? Dengan sangat kencang bahkan disertai gemetar. Beberapa kondisi debar jantung yang sangat cepat sebenarnya ada yang membahayakan ada juga yang tidak. Yang tidak membahayakan, mungkin itu dipicu karena Anda sangat lelah atau baru saja berolahraga. Sementara yang membahayakan nya adalah karena itu merupakan penyebab penyakit jantung dan  Anda menderita penyakit jantung yang sudah harus segera ditangani. Lantas, bagaimana cara mengatasi jantung berdebar-debar yang masuk ke dalam kondisi penyakit jantung?

Cara Mengobati Jantung Berdebar

Berikut pembahasan mengenai cara mengatasi jantung berdebar:

1. Memanfaatkan alat pacu

Alat pacu jantung merupakan salah satu alat yang biasanya dipakai saat pasien mengalami kondisi serangan pada jantung sehingga berdedar dengan sangat cepat dan jika didiamkan akan sangat membahayakan pada jiwa penderita. Alat ini adalah stimulator detak jantung yang memanfaatkan tegangan listrik untuk memulihkan korban yang terserang serangan jantung mendadak.

2. Mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter

Saat Anda menderita gangguan atau kelainan pada jantung jangan lupa untuk rutin mengunjungi dokter agar bisa mencegah terjadinya resiko kematian. Biasanya dokter akan memberikan obat yang harus Anda konsumsi. Beberapa obat-obatan yang diresepkan seperti anti aritmia diantaranya flecainide, procainamide dan satalol. Obat-obat ini bisa membantu memberikan efek rileks pada jantung saat penderita jantung mengalami debaran yang sangat kencang. Beberapa obat jenis beta blockers dan channel blocker juga biasanya akan dokter berikan, namun tidak selalu, melainkan tergantung dengan kondisi pasien nya. Jantung berdebar juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit jantung lemah, Anda perlu berhati-hati.

3. Ablasi

merupakan salah satu cara pembedahan yang dilakukan untuk mengatasi gangguan pada jantung berdebar dengan cara memasukan kateter pada bagian bilik jantung. Nantinya kateter akan dipasangkan lewat mesin khusus untuk menyalurkan energy listrik yang bisa memutus konduksi tambahan atau fokus aritmia yang mengakibatkan penderita mendapatkan debaran yang sangat kencang. Sementara itu, metode ablasi biasanya akan diperuntukan oleh para pasien penderita jantung yang memiliki resiko serangan jantung dan aritmia.

Baca juga  Penyakit Jantung Iskemik – Bahaya, Penyebab dan Cara Mencegahnya

4. Implantable Cardioverter Defiblillator (ICD)

ICD memiliki manfaat yang sama dengan alat pacu jantung, bedanya adalah dari proses pengerjaan atau pemanfaatannya. Kalau ICD akan dipasangkan langsung ke dalam jantung pasien lewat proses pembedahan. Prosedur ini merupakan salah satu pilihan saat beberapa obat ablasi dan juga alat pacu jantung tidak bis mengatasi jantung berdebar dengan segera. Alat ini akan bekerja dengan cara memonitor aktivitas elektrik dan irama jantung, serta denyut dan temperature darah. Saat kelainan jantung terjadi maka kondisi ICD akan menuntun jantung agar bisa kembali ke detak jantung yang normal. Hati-hati jantung berdebar bisa menjadi penyebab serangan jantung.

5. Proses pembedahan

Prosedur pembedahan biasanya dilakukan guna pemasangan ICD atau bisa juga dilakukan proses pembedahan jantung secara terbuka dimana dokter akan memeriksa bagian sayatan pada bawah jantung atau disebut juga proses sternum. Tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan pada pola pemicu detak jantungnya.

6. ICP Capsule Obat Jantung berdebar

Pengobatan jantung berdebar secara alami adalah dengan minum obat herbal ICP Capsule. Tasly ICP Capsule teruji klinis mampu mengobati jantung berdebar dan semua masalah penyakit jantung lainnya. Testimoni jutaan orang sembuh jantung bisa dibaca pada halaman awal website icpcapsule.net ini.

Asupan Makanan Yang Disarankan Agar Tidak Memperparah Jantung

Saat Anda menderita kondisi jantung berdebar karena penyakit jantung, selain melakukan pengobatan jantung, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan agar kondisinya tidak semakin parah.

  • Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu yang sangat disarankan. Anda bisa mendapatkannya pada ikan seperti salmon, sarde, patin dan juga tuna. Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan ini sangatlah baik untuk kesehatan jantung termasuk juga sangat salah satunya untuk menurunkan resiko seseorang terserang jantung berdebar.

  • Serat
Baca juga  Ciri Ciri Sakit Jantung Bocor pada Bayi

Serat juga adalah kandungan dalam makanan yang sangat dianjurkan. Serat yang dimaksud ialah serat larut yang pada umumnya terkandung di dalam beras meras, oat meal, dan yang lainnya. Kenapa harus serat? Karena serat larut bisa mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat saat proses pencernaan.

  • Konsumsi sayuran dan juga buah

Anda juga sebaiknya perbanyak mengkonsumsi jenis buah dan sayuran. Sementara beberapa buah yang baik untuk jantung seperti beri, citrus, tomat dan sayur seperti polong dan jenis sayuran hijau lainnya. Sayuran merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat, mineral, vitamin sekaligus anti oksidan yang akan sangat baik terutama untuk meringankan kerja kardiovaskular tubuh Anda. Namun selain dari buah dan sayur, sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan anti oksidan dari makanan lain, seperti bubuk cocoa murni, coklat hitam yang memiliki 60% kandungan cocoa dan juga teh.

  • Kedelai

Makanan lain yang sangat dianjurkan adalah kedelai. Makanan ini tidak hanya memiliki kandungan serat, namun juga kaya akan vitamin, mineral, dan juga anti oksidan. Kedelai juga bisa menjadi minuman pengganti susu.

Namun, ada juga makanan yang perlu Anda hindari jika Anda ternyata menderita jantung berdebar yang sangat membahayakan. Yaitu, makanan dengan kandungan sodium sangat tinggi. Konsumsi yang terlalu berlebihan malah akan membuat jantung Anda semakin buruk. Penderita jantung sangatlah disarankan mengkonsumsi sodium hanya 1500 gram per hari. Makanan lain yang juga harus dihindari adalah refined grain, ini sangat berkaitan dengan makanan manis yang berlemak. Dan makanan terakhir yang jelas harus sangat dihindari adalah makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol jahat yang sangat tinggi, biasanya terdapat di dalam jeroan, kulit dan gorengan. Konsumsi lemak dan kolesterol malah akan membuat pembuluh darah Anda semakin sempit.

Baca juga  8 Buah Untuk Jantung Berdebar Yang Dapat Dikonsumsi Sehari-Hari

Itulah cara mengatasi jantung berdebar secara medis dan makanan yang dianjurkan untuk dimakan serta dihindari agar kondisinya semakin lebih baik lagi. Jika Anda sebelumnya tidak mempunyai penyakit jantung namun Anda kerap kali merasakan jantung berdebar secara tiba-tiba dan berlangsung lama, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter sebelum kondisinya semakin terlambat dan membahayakan jantung Anda.

😡
☹️
😐
☺️
😍