Cara Mengatasi Serangan Jantung Yang Membahayakan

By | April 11, 2018

Jantung adalah salah satu organ vital paling penting yang ada di dalam tubuh manusia. Organ yang hanya berfungsi seukuran tangan ini memiliki fungsi memompa dan menyebarkan darah yang terdapat kandungan oksigen nya ke seluruh tubuh. Ukuran yang kecil faktanya berbeda dengan tugasnya yang sangat besar dan berat. Ketika jantung seseorang mengalami gangguan, maka hal tersebut bisa sangat membahayakan.

Kenapa Penyakit Jantung Berbahaya? Karena hubungan jantung sangat erat kaitannya dengan organ lain di dalam tubuh maka saat jantung terganggu kemungkinan besar beberapa organ di dalam tubuh pun akan terganggu. Seseorang juga kerap kali merasakan sesak nafas saat saluran jantungnya mengalami penyempitan. Obat jantung koroner terbaik ada pada ICP Capsule karena sudah terbukti mampu menghilangkan plak penyebab penyumbatan jantung, anda bisa membelinya disini hubungi custromer service di 082244667757. Lantas bagaimana cara mengatasi serangan jantung pada seseorang?

Baca juga: penyebab sakit jantung

Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung

Saat Anda atau ada orang disekitar Anda terserang gejala serangan jantung, maka hal yang perlu dilakukan adalah sesegera mungkin menolong dan menenangkan nya. Cobalah untuk tetap bersikap rileks dan tidak panik meskipun itu cukup menyakitkan. 3 pertolongan pertama berikut juga bisa menjadi langkah awal penanganan nya jika ternyata serangan jantung terjadi secara mendadak.

  1. Biarkan penderita serangan jantung duduk dengan bersandar, usahakan senyaman mungkin, kalau membutuhkan bantal untuk sandaran maka gunakanlah bantal. Namun, hindarilah berbaring terlentang, karena ini malah akan semakin mengganggu pernapasan penderita serangan jantung.
  2. Jangan konsumsi air minum terlalu banyak, karena pada beberapa kasus serangan jantung, konsumsi air minum malah akan membuat penderita serangan jantung semakin merasa sesak.
  3. Saat terjadi serangan jantung, hentikanlah semua aktivitas yang beresiko, seperti menyetir. Anda harus menangkan pikiran dan mengontrol napas terlebih dahulu. Anda bisa bernapas dengan rileks agar bisa memasukan oksigen ke dalam paru-paru Anda.
Baca juga  4 Pertolongan Pertama Serangan Jantung Paling Penting

Pertolongan Secara Medis Pada Penderita Serangan Jantung

Tidak ada yang menginginkan serangan jantung, benar kan? Ya, tentu saja, karena kondisi serangan jantung ini nantinya malah akan sangat mengganggu dan memberikan bayang-bayang kematian pada penderitanya. Di atas sudah disebutkan bagaimana cara menangani serangan jantung dengan pertolongan pertama, selanjutnya jika masuk ke dalam tahap medis, bagaimana pengobatannya?

  • Melakukan angioplasty coroner

Ini merupakan proses pengobatan dengan memanfaatkan kateter atau semacam pipa kecil dengan balon pada bagian ujungnya. Kateter tersebut nantinya akan dimasukkan ke bagian pembuluh darah besar di dalam pangkal paha atau bisa juga di lengan. Balon tersebut nantinya akan diarahkan ke pembuluh darah yang mengalami penyempitan di dalam jantung. Setelah berada di dalam pembuluh darah maka balon akan dikembungkan agar bisa membuka pembuluh darah dan menghancurkan plak di dalam pembuluh jantung.

Baca juga: penyebab serangan jantung

  • Prosedur bypass

Penanganan selanjutnya juga bisa dilakukan dengan melakukan prosedur operasi bypass. Prosedur ini dilakukan saat ada penyumbatan pada bagian pembuluh darah coroner. Nantinya aliran darah yang menuju jantung akan dibuatkan sebuah jalur baru. Sementara itu CABG nantinya juga akan melibatkan proses pengambilan pembuluh darah pada bagian lain di dalam tubuh yang biasanya akan diambil dari kaki atau dada yang akan dipakai sebagai cabang baru.

  • Melakukan transplantasi jantung

Sementara itu, jika ternyata jantung sudah benar-benar dalam keadaan rusak dan tidak ada jalan keluar lain untuk mengatasinya, maka yang harus dilakukan adalah melakukan prosedur transplantasi jantung. Prosedur ini nantinya akan dilakukan dengan cara menggantikan jantung dari pendonor yang sudah meninggal pada jantung rusak penderita penyakit jantung. Namun tentunya donor ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, donor harus dilakukan sesuai dengan persetujuan dari pihak keluar, apakah boleh atau tidak untuk mendonorkan salah satu bagian organ nya?

Baca juga  7 Perbedaan Pembuluh Darah Arteri dan Vena yang Harus Diketahui

Pertolongan Secara Alami Pada Penderita Serangan Jantung

Selain dengan menggunakan cara medis, sebenarnya ada beberapa cara lain yaitu cara alami yang perlu menjadi dukungan kesembuhan. Ya, penanganan secara alami ini nantinya akan berhubungan dengan gaya hidup penderita. Beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya:

  • Melakukan perubahan pada gaya hidup

Jika Anda menderita serangan jantung atau gangguan penyakit jantung lainnya, yang paling dasar harus Anda perbaiki adalah gaya hidup. Kenapa? Karena gaya hiduplah yang biasanya akan menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami masalah pada kesehatannya. Misalnya saja, kebiasaan merokok, sudah jelas bahwa merokok akan memberikan dampak sangat buruk tidak hanya untuk jantung, maka jalan keluarnya adalah berhentilah merokok. Atau Anda memiliki berat badan yang terlalu berlebihan maka jalan keluarnya adalah menurunkan berat badan karena penumpukan lemak dalam tubuh juga akan sangat mengganggu.

Baca juga: gejala-gejala penyakit jantung

  • Hindarilah kondisi stress yang terlalu berlebihan

Stress merupakan salah satu pemicu mengapa seseorang bisa mendapatkan serangan jantung yang sangat mendadak. Saat seseorang mendapatkan tekanan secara psikis maka ini juga akan mempengaruhi kinerja jantung dan hipertensi. Oleh sebab itu, jauhkanlah stress yang terlalu berlebihan.

  • Konsumsi outmeal

Selain harus memperbanyak mengkonsumsi sayur dan juga buah, kamu juga sangat dianjurkan untuk bisa menambah asupan gizi dari oatmeal. Serat di dalam oatmel cukup tinggi dan bisa menghindarkan penderita serangan jantung terkena hipertensi. Anda bisa mengkonsumsi setidaknya 6 porsi setiap minggunya, atau setiap hari juga tidak masalah.

Itulah cara mengatasi serangan jantung baik untuk pertolongan pertama, secara medis dan secara alami. Ketiga cara di atas tentunya sangat penting Anda pahami agar bisa menghindari kondisi serangan jantung yang semakin parah dan semakin beresiko menyebabkan kematian pada seseorang. Ingat, jika Anda sudah merasakan akan terkena serangan jantung sebaiknya Anda juga segera mengunjungi rumah sakit terdekat agar bisa mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

Baca juga  8 Ciri-Ciri Penyakit Jantung Pasti Tidak Disadari
😡
☹️
😐
☺️
😍