CARA MENGOBATI JANTUNG DENGAN DAUN KEMANGI

By | May 24, 2018

Siapa yang tidak kenal dengan daun kemangi ? Di Indonesia, daun tumbuh-tumbuhan ini pada umumnya dimakan dengan mentah sebagai lalapan beserta timun dan kubis, serta untuk menemani hidangan lauk ikan atau ayam goreng dengan sambal. Ketika dimakan, daun kemangi ini memiliki rasa dan aroma yang segar seperti campuran limau yang sedikit asam dan rasa mint yang sedikit pedas. 

 

Daun kemangi atau yang dalam bahasa latinnya Ocimum Sanctum ini merupakan spesies tanaman basil terbesar di dunia. Spesies daun kemangi ini dapat banyak ditemukan di Asia dan Amerika. Kemangi pada umumnya memiliki kemampuan untuk beradapatasi di berbagai ketinggian, dari dataran rendah sampai dataran tertinggi membuat tumbuhan tersebut dapat dengan mudah dibudidayakan. 

daun kemangi untuk jantung

 

Secara morfologis, tanaman kemangi memiliki batang dikotil yang sedikit berbulu, berbentuk bulat, tegak, berwarna hijau dan terkadang keunguan. Kemangi juga memiliki bunga yang bergerombol dan bersusun tegak di tandannya, disertai mahkota bunga yang berwarna keunguan. Selain itu, kemangi juga memiliki akar tunggang yang berwarna putih kotor dan biji berwarna coklat. Dan yang paling sering dikonsumsi dari kemangi adalah daunnya yang berwarna hijau dengan bentuk lonjong memanjang dan memiliki tepi daun yang terkadang bergerigi, terkadang rata. 

Baca juga  Pengobatan Penyakit Jantung dengan Infus, Terbukti Amankah?

 

Ternyata, selain memiliki rasa dan aroma yang khas untuk disantap, daun kemangi ini juga memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Antara lain adalah protein, magnesium, karbohidrat, kalsium, zat arginin, fosfor, flavonoid, saponin, polifenol, tanin, zat besi, betakaroten, thiamin, omega 3, kalium, riboflavin, eugenol, niasin, dan asam askorbat. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat antioksidan, antikanker, antijamur, antimikrobial. Itu sebabnya, daun kemangi dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit seperti glukoma, katarak, demam kronis, malaria, disentri, dyspepsia. Daun kemangi juga dapat menyembuhkan kemandulan karena mengandung zat arginin yang tinggi. Bau mulut dan bau badan pun dapat diatasi dengan secara rutin mengkonsumsi rebusan air daun kemangi.

Baca juga: Obat penyempitan jantung

 Selain berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan tersebut, ternyata kemangi juga dapat mengobati penyakit jantung. Kenapa? Karena daun kemangi memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu daun kemangi juga kaya akan magnesium yang dimana dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang dapat memicu serangan jantung. Mulailah konsumsi daun kemangi untuk pencegahan dan pengobatan jantung koroner.

 

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi daun kemangi, yaitu antara lain :

 

1. Daun kemangi dikeringkan, kemudian ditumbuk dan diseduh dengan air panas untuk dijadikan teh.

2. Daun kemangi direbus dengan air panas, lalu airnya diminum.

3. Dicampur dengan lemon atau buah lainnya lalu diblender dan dijadikan jus

Baca juga cara mengobati jantung dengan daun kelor

 Nah, kira-kira demikian cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengolah dan mengkonsumsi daun kemangi agar dapat menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung.

😡
☹️
😐
☺️
😍