12 Cara Mengobati Penyakit Stroke Secara Medis

By | April 4, 2018

Stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, namun tentunya sangat tidak diinginkan semua orang. Kenapa? Karena penyakit ini bisa menyebabkan tubuh seseorang mengalami lumpuh baik secara keseluruhan atau sebagian, bahkan mereka juga akan terganggu secara mental. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah pembahasan mengenai cara mengobati penyakit stroke.

  1. Mengobati stroke dengan pengobatan TPA

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan cara medis. Jika seseorang menderita penyakit stroke kemudian melakukan perawatan pada dokter, biasanya mereka akan diharuskan melakukan TPA atau yang merupakan singkatan dari plasminogen activator yaitu proses penyuntikan pada penderita stroke dengan tujuan memecahkan gumpalan yang terjadi pada darah.

Sementara itu, obat akan disuntuk lewat tabung tipis atau biasa disebut juga kateter yang dimasukan ke dalam arteri. Penyuntikan ini akan sangat membantu terutama dalam proses memecahkan pembuluh darah yang menggumpal di dalam otak.

Baca juga  Penyebab Stroke dan Cara Mengatasinya dengan Obat Alami Stroke

  1. Mengobati dengan kateter embolektomi

Jika mengatasi penyuntikan TPA juga tidak kunjung berhasil, kemungkinan besar dokter juga akan melakukan cara lain untuk membantu pemecahan pembuluh darah yaitu dengan melakukan kateter agar bisa memberikan akses pembekuan. Selain itu juga akan sangat berguna agar bisa menghapusnya dengan manual yang memanfaatkan alat khusus. Kateter akan dimasukan ke dalam darah yang membeku lewat bagian pembuluh darah di dalam tubuh, lalu akan dihilangkan.

  1. Kraniotomi

Stroke yang sudah masuk ke dalam kondisi yang sangat parah biasanya akan mengakibatkan pembengkakan sangat serius pada bagian otak penderita. Oleh sebab itu, agar bisa mengatasi hal tersebut biasanya dokter akan menanganinya dengan cara melakukan operasi. Prosedur operasi yang dilakukan dalam istilah medis dinamakan kraniektomi dekompresi dengan tujuan pembedahan nya untuk melakukan pencegahan pada tinggi tekanan darah di bagian dalam tengkorak.

Sementara itu saat proses bedahnya, bagian flap tulang yang ada pada tengkorak yang mengalami kondisi pembengkakan akan dibukan. Jika tekanannya sudah kembali turun maka flap tersebut akan dikembalikan lagi.

  1. Melakukan pembedahan oiling

Coiling merupakan salah satu cara yang dilakukan jika ternyata proses operasi untuk penderita stroke tidak berhasil dilakukan. Cara melakukan coiling adalah dengan memanfaatkan kateter. Coiling sendiri merupakan sebuah teknik dalam pembedahan. Setelah dokter menemukan dimana letak pembuluh darh yang pecah maka ia akan segera memasangkan koil yang terbuat dari kawat platinum. Sementara tujuan pemasangannya adalah untuk membentuk sebuah jaringan pada bagian pembuluh darah yang mengalami robek.

  1. Mengkonsumsi obat jenis antikoagulan

Antikoagulan merupakan salah satu obat yang akan membantu proses pengenceran darah. Obat ini dimanfaatkan untuk mengatasi jenis strong ringan. Sementara untuk jenis antikoagulan yang dapat digunakan adalah aspirin. Pengunaan obat ini juga tidak hanya digunakan untuk penderita stroke, tapi juga pada penderita jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Jika Anda memiliki penyakit jantung lemah, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsi obatnya.

  1. Wafarin dan Heparin

Selain mengkonsumsi aspirin ada obat lain yang juga sangat bermanfaat untuk penderita stroke, yaitu warfarin dan heparin. Obat ini juga masuk ke dalam jenis obat anti koagulan yang bermanfaat mengubah komposisi pada darah. Obat ini akan sangat cocok jika diberikan pada penderita jantung yang memiliki detak jantung sangat tidak teratur.

  1. Statin

Statin juga adalah salah satu obat yang bisa diberikan pada penderita stroke yang memiliki kolesterol sangat tinggi. Pemberian statin biasanya bertujuan agar mencegah enzim yang bisa menyebabkan adanya kolesterol di dalam hati. Bagi mereka yang belum menderita stroke namun memiliki kolesterol juga biasanya akan sangat dianjurkan mengkonsumsi obatnya.

  1. Mengkonsumsi obat anti hipertensi

Mengkonsumsi obat anti hipertensi biasanya akan diberikan pada mereka yang memiliki kondisi hipertensi yang memicu resiko terjadinya stroke. Karena memang pada umumnya seseorang bisa menderita stroke di picu oleh penyakit lain yang juga sangat membahayakan. Sementara itu untuk jenis obatnya diantaranya seperti obat penghambat alfat dan beta. Selain hipertensi mereka yang memiliki penyakit jantung bocor dan gangguan jantung lainnya juga sangat beresiko menderita stroke.

  1. Mengkonsumsi obat tranindine

Tranindine adalah salah satu obat yang terjadiri dari dirivar imidazole dan juga sangat bermanfaat guna menghilangkan kekuan serti membantu meningkatkan kekuatan saraf dan mengatasi otot yang semakin melemah. Obat ini biasanya hanya akan diberikan pada mereka yang menderita kondisi stroke ringan

  1. Mengkonsumsi obat dantrolene sodium

Obat selanjutnya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kondisi stroke adalah jenis hidantoin. Sementara manfaat dari obatnya sendiri adalah agar bisa mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi otot ketika tubuh penderita coba digerakan.

  1. Mengkonsumsi obat diazepam

Ini adalah salah satu jenis obat diazepam yang masuk ke dalam golongan benzodiazepine yang akan membantu menenangkan dan juga memberikan strimulus pada otot Anda agar terasa lebih rileks. Biasanya mereka yang mengalami stroke akan merasakan kaku pada bagian otot nya, dan mengkonsumsi obat ini akan sangat membantu.

  1. Mengkonsumsi baclofen

Obat selanjutnya yang bisa menderita penderita stroke ringan adalah baclofen. Ini merupakan obat yang akan memberikan efek tenang pada iritasi, serta merenggangkan kekakuan yang terjadi pada bagian otot.

Itulah 12 cara mengobat stroke secara medis. Sebenarnya bagaima cara Anda mengatasi stroke bisa ditentukan dengan tingkat keparahan nya, apakah masuk ke dalam kategori ringan? Atau memang berat? Itu akan ditentukan oleh dokter yang memeriksa Anda. Sebaiknya Anda juga jangan asal-asalan mengkonsumsi obat ya, karena ini merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan dengan sembarangan, harus ada pemeriksaan secara menyeluruh agar pengobatan bisa berjalan dengan lancar dan penderita bisa mengatasinya dengan tepat. Kalau Anda ingin mengkonsumsi obat alami stroke bisa dengan ICP Capsule terbukti ampuh untung mengatasi penyakit stroke dan penyumbatan di kepala. Beli icp capsule surabaya dengan menghubungi monica 082244667757.

😡
☹️
😐
☺️
😍