7 Ciri Penyakit Jantung Lemah pada Orang Dewasa

By | March 25, 2018

7 Ciri Penyakit Jantung Lemah pada Orang Dewasa – Seperti yang kita semua tahu, penyakit jantung adalah salah satu pembunuh nomor 1 yang ada di dunia ini. Banyak sekali orang yang nyawanya terenggut secara diam-diam hanya karena mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung.

ciri-ciri penyakit jantung koroner

Oleh karena itu jantung merupakan salah satu organ yang harus Anda waspadai karena cukup rawan. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan Anda informasi terkait penyakit jantung yaitu kami akan memberikan info mengenai ciri penyakit jantung lemah atau yang dalam dunia medis disebut sebagai kardiomiopati. Lebih dari 150 ribu orang menalami kardiomiopati tiap tahunnya, oleh karena itu simak ulasan di bawah :

  1. Batuk

Lemah jantung atau yang disebut sebagai kardiomiopati adalah salah satu penyakit yang bisa saja muncul ketika usia masih muda. Kardiomiopati adalah salah satu jenis penyakit jantung yang tidak boleh Anda sepelekan, salah satu ciri jika Anda mengalami penyakit jantung adalah Anda akan mengalami yang namanya batuk. Terutama jika Anda sedang berbaring, umumnya orang yang mengalami jantung lemah batuk ketika mereka sedang berbaring. Jika Anda mengalami batuk secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas, dan semakin parah ketika dibuat berbaring maka bisa jadi Anda memang terkena jantung lemah. Terutama ketika batuk Anda sudah diobati dan tidak sembuh sembuh. Baca juga: Ciri-ciri penyakit jantung yang tidak disadari

  1. Mudah lelah

Lemah jantung atau yang dalam dunia medis disebut sebagai kardiomiopati ini bahkan bisa menyebabkan henti jantung secara mendadak. Karena banyak orang yang tidak tahu jika ternyata selama ini mereka mengalami lemah jantung. Salah satu ciri atau gejala yang bisa Anda alami ketika Anda terkena lemah jantung adalah rasa yang mudah lelah. Jika sebelumnya Anda merasa baik-baik saja dan fit-fit saja kemudian tiba-tiba merasakan mudah lelah walau mungkin sudah konsumsi suplemen maka bisa jadi itu adalah tanda jika Anda mengalami yang namanya lemah jantung. Jika Anda merasa jadi gampang lelah maka sebaiknya perbanyak istriahat dan kurangi aktifitas yang berat dan berlebihan.

Baca juga  Gejala-Gejala Penyakit Jantung dan Pertolongan Pertama Saat Kambuh

Baca juga : Gejala Sakit Jantung

  1. Perut kembung

Gejala dari lemah jantung sebenarnya hampir sama dengan penyakit jantung lainnya. Namun ada salah satu gejala yang berbeda dan hanya bisa ditemukan di penyakit lemah jantung. Gejala atau ciri tersebut adalah perut yang kembung. Jika akhir akhir ini Anda merasa memiliki perut yang kembung padahal sudah mencoba mengkonsumsi berbagai macam obat atau mungkin sudah mengatasi dengan menggunakan ramuan herbal namun tetap kembung maka bisa jadi itu bukan kembung karena masuk angin melainkan kembung karena Anda mengalami sakit jantung. Jika orang kembung karena masuk angin, perutnya akan terisi gas. Namun jika orang yang memiliki penyakit jantung lemah maka perutnya kembung karena terisi cairan. Jadi jika kembung yang Anda alami tidak kunjung sembuh maka kami sarankan supaya Anda memeriksakan diri ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Baca juga ciri-ciri penyakit jantung koroner disini.

  1. Sesak napas

Ciri penyakit jantung lemah yang keempat adalah sesak napas. Sesak napas ini memang menjadi salah satu ciri dari penyakit jantung yang umum. Jika Anda mengalami sesak napas padahal sebelumnya tidak pernah punya penyakit sesak napas maka Anda perlu curiga jika sesak napas yang Anda alami itu merupakan gejala utama jika Anda mengalami jantung lemah. Karena biasanya orang yang mengalami sesak napas yang normal akan kambuh jika sedang melakukan aktifitas berat, namun orang yang mengalami sesak napas karena jantung biasanya akan mengalami sesak napas bahkan ketika mereka beristirahat sekalipun. Anda jangan meremehkan ciri yang satu ini ya!

  1. Pusing

Kardiomiopati atau lemah jantung ini bisa jadi merupakan penyakit turunan, bagi Anda yang mungkin memiliki keluarga yang memiliki riwayat terkena gagal jantung maka lebih memiliki resiko terkena jantung lemah yang lebih tinggi daripada yang tidak. Orang yang mengalami jantung lemah biasanya akan mengalami gejala yaitu sering merasakan pusing, selain pusing Anda juga akan sering merasakan perasaan seperti melayang dan bahkan dalam beberapa kasus orang sampai tak sadarkan diri atau pingsan. Jika Anda sudah mengalami hal ini maka sebaiknya segera memeriksakan diri, apakah itu penayakit anemia atau mungkin memang gejala lemah jantung yang perlu segera di atasi.

Baca juga  Obat Angina Pektoris

Baca juga : Penyakit Jantung Koroner

  1. Nyeri di dada

Ciri yang keenam jika memang Anda mengalami jantung lemah adalah Anda akan merasakan nyeri di dada. Salah satu ciri umum orang yang menderita penyakit jantung adalah sering merasakan nyeri pada dada mereka. Jika Anda sering merasakan nyeri di dada dan tidak kunjung membaik juga maka bisa jadi Anda mengalami penyakit jantung terutama mengalami jantung lemah. Nyeri di dada ini rasanya akan sangat sakit seperti ditusuk-tusuk, bahkan mungkin bisa sampai merambat ke daerah lain seperti bahu dan leher. Jangan abaiakan nyeri di dada karena penyebabnya bisa banyak sekali ya~

  1. Aritmia

Gejala terakhir yang Anda alami jika Anda mengidap jantung lemah atau kardiomiopati adlaah Anda akan mengalami sebuah kondisi bernama Aritmia.  Mungkin Anda belum tahu banyak mengenai aritmia, artimia sendiri adalah sebuah gejala dimana irama jantung Anda memiliki irama yang tidak beraturan atau tidak karuan. Artimia ini bisa menyebabkan jantung Anda berdetak semakin cepat dan sebaliknya bisa menyebabkan jantung Anda berdetak semakin melambat juga. Jika ingin tahu penyebab dari aritmia maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter ya.

Baca juga : Deep Vein Trombosis

Sekarang Anda sudah tahu kan informasi mengenai ciri penyakit jantung lemah? Jika ingin tahu apakah  gejala yang Anda alami merupakan penyakit jantung atau bukan maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda~

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1