6 Fungsi EKG Jantung Harus Anda Semua Ketahui

By | April 6, 2018

Tidak semua penyakit bisa kita deteksi sendiri ya, mungkin ada beberapa jenis penyakit yang bisa kita ketahui hanya dengan melihat gejalanya saja. Namun beberapa penyakit memerlukan tes lebih lanjut untuk mengetahui secara jelas karena beberapa penyakit itu tidak hanya bisa dikenali lewat gejala saja ya. Contohnya saja beberapa jenis penaykit jantung, penyakit jantung yang dialami oleh banyak orang itu bisa diketahui setelah Anda didiagnosis dengan beberapa tes ya. Salah satunya adalah dengan menjalani tes yang disebut sebagai EKG atau Elektrokardiogram. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai fungsi EKG jantung sehingga Anda bisa tahu infromasi lengkapnya. Tidak usah berlama-lama ya, berikut ini adalah beberapa fungsinya :

fungsi ekg jantung

  1. Untuk mengetahui aritmia secara lebih jelas

Aritmia adalah salah satu gangguan yang bisa terjadi pada jantung kita. Aritmia sendiri adalah salah satu gangguan jantung yang bisa menyebabkan jantung kita memiliki irama atau detak yang tidak normal ya. Ada orang yang mengalami aritmia ini detak jantungnya lebih cepat atau mungkin ada yang juga lebih lambat. Aritmia ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung yang lebih serius. Untuk mengetahui secara pasti mengenai aritmia biasanya dokter akan menyarankan supaya Anda mengikuti tes EKG ini. EKG jantung berfungsi untuk mengetahui apakah ada pola aktivitas listrik pada jantung yang mungkin bisa menjadi penyebab dari aritmia. Dengan menggunakan EKG jantung maka akan lebih mudah lagi mengetahui aritmia atau bukan.

  1. Untuk mengetahui kondisi otot jantung

Fungsi yang kedua dari elektrokardiogram ini adalah untuk mengetahui kondisi otot jantung. Dengan melakukan EKG maka kita bisa mengetahaui kondisi dari otot jantung kita, apakah mungkin ada penebalan otot jantung atau tidak. Penebalan otot jantung ini juga disebut sebagai hipertrofi. Mungkin Anda masih asing dengan hiperttrofi, oleh karena itu kami akan menjelaskannya secara singkat. Hipertrofi adalah kondisi dimana massa otot jantung seseorang bertambah atau bisa juga disebut dengan menebal atau membengkak. Nah, kondisi otot jantung ini jika menebal maka bisa menyebabkan jantung Anda menjadi mengalami peningkatan curah. Oleh karena itu penting sekali melakukan EKG.

Baca juga  8 Jenis-Jenis Penyakit Jantung Yang Paling Banyak Terjadi

Baca juga : Faktor Resiko Penyakit Jantung Koroner

  1. Untuk mengetahui apakah ada kelainan jantung

Fungsi EKG Jantung yang ketiga adalah untuk mengetahui apakah ada kelainana jantung pada diri seseorang. Mungkin saja kita bisa mengetahui mengalami penyakit jantung dengan mengetahui gejala sehari-hari misalnya saja seperti mudah lelah, detak jantung yang tidak normal, atau yang lainnya. Namun perlu bagi Anda untuk melakukan tes EKG jantung sehingga bisa lebih pasti untuk mengtetahui apakah benar mengalami kelainan atau penyakit jantung atau tidak. EKG ini juga digunakan untuk mengetahui kelainan pada jantung. Biasanya dokter akan mengindikasi kelainan jantung itu jika ditemukan denyut atau irama jantung yang tidak normal.

  1. Untuk mengetahui obat yang dikonsumsi seseorang dan pengaruhnya

Kita sendiri tahu jika beberapa jenis obat mungkin bisa mempengaruhi kerja seseroang. Misalnya saja jika dosis obat itu tidak cocok atau terlalu tinggi maka bisa menyebabkan denyut jantung seseorang menjadi lebih cepat dan itu bisa mempengaruhi kerja jantung kita. Untuk mengetahui itu, maka seorang dokter biasanya akan menyarankan kita untuk mengikuti EKG. EKG ini bisa melihat kondisi jantung kita dengan baik dan sempurna, bisa untuk mengetahui jenis obat tertentu yang kita konsumsi dan apa pengaruh atau efeknya kepada jantung kita. Sehingga dokter akan lebih mudah untuk mengindikasi masalah jantung yang Anda derita dan bisa mengetahui lebih mudah efek obat tertentu yang Anda konsumsi terhadap jantung Anda.

Baca juga : Obat Herbal Jantung Bengkak

  1. Untuk mendeteksi penyakit jantung Ischema

Penyakit jantung itu sangat beragam dan juga banyak sekali jenisnya. Salah satu penyakit jantung yang bisa Anda alami adalah Ischema. Penyakit ini adalah kondisi dimana ada permasalah pada pembuluh darah kita apalagi di daerah jantung. Hal ini bisa menyebabkan supply darah ke seluruh tubuh maupun ke jantung sendiri tidak berjalan baik dan tidak tercukupi. Penyakit yang disebut sebagai Ischema ini sebenarnya disebabkan karena kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh dan juga bisa karena pola hidup yang tidak sehat. Umumnya Ischema ini tidak menunjukkan gejala yang signifikan sehingga Anda harus melakukan tes EKG jantung sehingga bisa tahu apakah memang masalah kesehatan yang Anda derita itu karena Ischema atau mungkin karena lainnya.

  1. Untuk mengetahui letak jantung dengan pasti
Baca juga  Apa Itu Trombosis Vena Dalam?

Fungsi dari EKG jantung yang keenam adalah untuk mengetahui letak jantung dengan pasti. Jantung sendiri letaknya ada di dada kiri tepatanya posisinya dipeluk oleh paru-paru bagian kiri. Letak jantung yang baru saja kami sebutkan itu tadi adalah letak jantung yang normal. Namun ada beberapa masalah atau penyakit jantung yang bisa menyebabkan Anda mengalami pergeseran atau perubahan letak dan posisi jantung Anda. Dengan melakukan tes EKG Jantung ini maka dokter bisa tahu lokasi jantung Anda di rongga dada secara pasti sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam diagnosis.

Baca juga : Gejala Jantung Lemah

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai fungsi EKG Jantung. Ternyata fungsi dari EKG Jantung ini banyak sekali dan memang untuk mengetahui kondisi jantung sehingga bisa juga untuk mengetahui penyakit atau masalah jantung yang kita alami. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk Anda semuanya ya!

😡
☹️
😐
☺️
😍