Mendeteksi Gejala Serangan Jantung Pada Pria Sebulan Sebelumnya

By | April 11, 2018

Penyakit jantung merupakan bagian dari beberapa penyakit kronis yang bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Jika seseorang menderita penyakit jantung kemudian tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat tentu saja kondisinya akan semakin membahayakan. Baik wanita atau pria semuanya bisa mendapatkan resiko gangguan jantung. Lantas, bagaimana cara mendeteksi gejala serangan jantung pada pria sebulan sebelumnya? Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Serangan Jantung Pada Pria

Di usia muda, biasanya pria akan cenderung beresiko mendapatkan kondisi serangan jantung dibandingkan perempuan. Kenapa? Ini karena secara alami perempuan selalu memproduksi hormone estrogen, namun hal tersebut akan berubah jika usia perempuan tersebut sudah memasuki fase menopause. Setelah usianya di atas 60 tahun maka resiko serangan jantung akan sama-sama membahayakan baik pada pria atau wanita. Baca juga Gejala penyakit jantung pada wanita untuk mengerti perbedaan gejalanya dan dapat segera diantisipasi.

Sementara itu, untuk penyebab utama seseorang bisa menderita serangan jantung karena penimbunan lemak di dalam arteri. Selain bisa mengurangi adanya suplai darah yang menuju jantung, arteri juga bisa memicu terjadinya pembentukan gumpalan darah. Proses penggumpalan tersebutlah yang akan memicu pemblokiran suplai darah menuju jantung. Hal ini akan mengakibatkan orang jadi amat sangat rentan untuk terserang serangan jantung.

Baca juga: cara mengatasi serangan jantung

Menurut sebuah penelitian dari American Heart and Stroke Association, kondisi serangan jantung dan stroke adalah yang menyebabkan kematian nomor 1 di dunia. Sudah lebih dari 700 ribu orang menderita kondisi serangan jantung tiap hari dan 100 ribu diantaranya tidak bisa disembuhkan sehingga berujung pada kematian yang semakin cepat.

Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelum

Proses serangan jantung pada umumnya akan dialami secara mendadak. Gejala Sakit jantung biasanya dirasakan hanya saja biasanya orang cenderung cuek, misalnya saja dada terasa kurang nyaman itu salah satu gejala serangan jantung. Seseorang bisa mengalami serangannya kapan dan dimana saja. Namun, Anda tentunya bisa mengantisipasi agar bisa menghindari serangannya dengan cepat

Nah, berikut ini adalah 6 gejala serangan jantung yang sangat penting Anda ketahui agar bisa tahu dan bisa mendeteksi sebulan sebelum Anda mendapatkan serangan jantung. Dengan mengetahui beberapa hal di bawah ini, Anda bisa dengan segera menghindari kondisi yang akan sangat membahayakan nyawa.

1. Sebulan sebelum, tubuh menjadi sangat lemah

Pada penderita serangan jantung, biasanya mereka akan mengalami kondisi tubuh yang sangat lemah tepat sebulan sebelum ia mengalami serangan tersebut. Ini karena penderita kekurangan aliran darah dan juga sirkulasi udara yang masuk ke dalam tubuh. Sementara itu, bagian pembuluh arteri yang mengalami penyempitan akan mengakibatkan organ tubuh menjadi sangat terhambat dan sangat sulit mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi yang dialirkan oleh darah. Akibatnya otot tubuh tidak bisa memperoleh bantuan yang dibutuhkan untuk bisa bekerja dengan optimal. Inilah kenapa sebulan sebelum terjadi serangan penderita akan merasakan kondisi tubuh sangat lemah.

Baca juga: penyebab sakit jantung

2. Sering mengalami pusing

Saat aliran darah di dalam tubuh tidak berjalan dengan lancar, maka hal tersebut akan membuat penderita sering merasa pusing. Ini karena adanya penyempitan pada pembuluh darah sehingga beberapa anggota tubuh termasuk otak sangat sulit mendapatkan oksigen. Ini tentunya penting untuk Anda waspadai sebulan sebelumnya, apalagi Anda kerap kali mendapatkan pusing secara mendadak dan sering.

3. Sering mengeluarkan keringat dingin

Selain pusing, gejala lainnya yang juga diakibatkan karena terganggunya aliran darah yaitu penderita akan mengalami keringat dingin yang cukup sering. Saat Anda mendapatkan gejala ini dan merasakan bahwa tubuh Anda terasa aneh sebaiknya segeralah berkonsultasi pada dokter sebelum terlambat.

  1. Nyeri pada dada dan anggota tubuh lain

Deteksi lain yang bisa dilihat pada penderita serangan jantung sebulan sebelum adalah nyeri pada dada dan juga anggota tubuh lainnya. Ya, kerap kali beberapa anggota tubuh seperti punggung, lengan dan bahu akan terasa nyeri tanpa sebab, sebaiknya jika Anda mengalami kondisi ini segeralah konsultasikan pada dokter karena kemungkinan Anda bisa mendapatkan serangan jantung sangat besar.

5. Pilek dan flue

Tidak sedikit para penderita yang akan mendapatkan serangan jantung, sebulan sebelumnya mendapatkan sakit seperti sakit biasa yaitu pilek dan flue. Jika kondisi pilek dan flue tidak kunjung sembuh, bahkan sudah menggunakan beberapa obat pereda flue kondisi tinggal kunjung membaik. Sebaiknya segeralah berkunjung ke dokter, karena kemungkinan besar itu bukan flue yang normal.

Baca juga: penyebab serangan jantung

6. Sesak nafas

Sesak nafas juga adalah salah satu gejala lain yang sangat harus diperhatikan dengan baik. Sama halnya dengan bagian otot pada tubuh Anda yang sangat membutuhkan aliran darah dan juga oksigen yang cukup, begitu juga dengan paru-paru. Jika ternyata organ tersebut mendapatkan gangguan maka fungsi jantung secara tidak langsung juga akan ikut terganggu. Sebab paru-paru dan jantung adalah organ yang satu sama lainnya yang berhubungan dan ketergantungan. Jika ternyata Anda mendapatkan serangan sesak nafas secar tiba-tiba, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Bagaimana sudah bisa memahami bagaimana cara mendeteksi gejala serangan jantung pada pria sebulan sebelumnya? Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mendapatkan gejala di atas dengan sangat sering. Ini bisa menjadi langkah awal dan cepat agar bisa menghindari resikonya. Jika ternyata Anda juga sudah didiagnosa memiliki gangguan jantung segeralah ubah pola hidup Anda, hindarilah kebiasaan merokok, kurangilah konsumsi lemak berlebihan, sering-seringlah berolahraga dan melakukan aktivitas untuk memicu jantung. Namun tentunya Anda juga harus berhati-hati, hindari hal yang memang dilarang oleh dokter agar tidak memperburuk kondisi jantung karena terlalu melakukan aktivitas yang terlalu berat dan berlebihan. Jika sudah terkena penyakit jantung ada ICP Capsule obat jantung paling ampuh yang merupakan obat rahasia para dokter spesialis jantung.