10 Makanan Yang Menguatkan Jantung Paling Direkomedasikan

By | April 7, 2018

Siapa yang tidak ingin memiliki jantung yang sehat? Pasti semuanya ingin mendapatkan kondisi jantung sehat bahkan sampai usia tua. Ya, karena memang gangguan jantung biasanya akan lebih rawa terserang pada mereka yang usianya lebih tua atau lansia. Oleh sebab itu, jika Anda belum mendapatkan serangan jantung atau bahkan sudah memiliki penyakit jantung ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi guna mendukung kekuatan jantung. Berikut adalah 10 makanan penguat jantung dan direkomendasikan sekali untuk bisa Anda konsumsi dengan rutin.

1. Mengkonsumsi ikan salmon

Manfaat salmon sudah banyak diketahui oleh banyak orang dan menurut penelitian medis sudah terbukti bahwa kandungan di dalamnya sangatlah bermanfaat. Salmon juga menjadi makanan paling direkomendasikan terutama untuk menguatkan jantung. Kandungan asam omega 3 yang ada di dalamnya sudah diketahui sebagai nutrisi utama yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Bukan hanya kolesterol jahat saja, mengkonsumsi ikan salmon dengan rutin juga diketahui sangat mampu meningkatkan kolesterol baik. Sementara manfaat lainnya adalah tentu saja menguatkan otot jantung dan juga membantu perbaikan pada sel yang rusak di dalam jantung. Konsumsi salmon sangat baik untuk penyembuhan penyakit jantung.

2. Mengkonsumsi ikan tuna

Masih makanan jenis ikan, selain salmon, ikan tuna juga dinilai sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi ikan tuna, secara tidak langsung Anda bisa menstabilkan tekanan darah tinggi Anda, menurunkan kadar trigliserida yang berlebihan hingga mengurangi resiko stroke, beberapa penyakit tersebut merupakan penyakit yang satu sama lainnya berhubungan, terutama dengan jantung.

3. Mengkonsumsi kacang almond

Setelah ikan, makanan selanjutnya yang direkomendasikan adalah dari jenis kacang-kacangan, yaitu almond. Jenis kacang ini memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk asupan jantung agar semakin sehat dan kuat. Misalnya saja, kandungan anti oksidan yang akan membantu dalam penangkalan radikal bebas di dalam tubuh serta menangkal stress yang oksidatid yang bisa merusak molekul sel. Ini juga bisa menjadi penyakit jantung bocor secara alami.

Baca juga  6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Paling Ampuh

4. Mengkonsumsi kacang kenari

Jenis kacang-kacangan selanjutnya yang dinilai sangat mampu untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah jenis kacang kenari. Anda bisa mengkonsumsi kenari sebagai cemilan. Manfaat kacang ini mampu menguatkan jantung, menurunkan kolesterol jahat sampai 16%, menurunkan tekanan darah sampai menurunkan kemungkinan terjadinya peradangan.

5. Mengkonsumsi sayuran bayam

Setelah kacang, masuk ke dalam jenis sayuran. Sayuran pertama yang sangat direkomendasikan dan sudah terkenal akan khasiat nya adalah sayuran bayam. Sayuran ini dikenal bisa menurunkan tekanan darah yang sangat tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita jantung yang mempunyai komplikasi dengan hipertensi. Kandungan kalium di dalam bayam sangatlah tinggi, sementara sodium nya sangat rendah, oleh sebab itulah sangat baik untuk tekanan darah. Ada kandungan lain yang terdapat di dalam bayam, yaitu folat. Kandungan tersebut mampu memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang juga bisa melancarkan aliran darah.

6. Mengkongsumsi paprika merah

Sayuran selanjutnya yang juga berperan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung adalah paprika, terutama jenis paprika merah. Kandungan nutrisi di dalamnya sangatlah ampuh untuk perawatan jantung baik pada penderita jantung atau pada mereka yang memiliki jantung sehat. Kandungan B6 dan juga folat di dalamnya mampu mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu, di dalam paprika merah juga terdapat kandungan likopen yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan oleh jantung. Sementara itu kandungan anti oksidan di dalamnya terkandung dalam bentuk vitamin A dan C, manfaatnya sudah jelas untuk penangkalan radikal bebas. Ini juga bisa menjadi obat herbal jantung bengkak.

7. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang masuk kedalam jenis sayur yang sangat jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Padahal perlu Anda ketahui bahwa kandungan nutrisi di dalam asparagus sangatlah melimpah dan salah satu manfaatnya bisa untuk menyehatkan dan menguatkan jantung. Folat merupakan salah satu zat yang terkandung di dalam asparagus, kandungan ini sangatlah baik untuk sistem kardiovaskulat manusia. Asparagus juga bisa berperan sebagai anti oksidan dan anti radang.

Baca juga  6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Paling Mudah

8. Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih? Ya, mungkin Anda sudah sangat umum dengan jenis sayuran ini. Ini merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dipastikan selalu ada di dalam dapur, karena memang kegunaannya untuk pelengkap pada masakan. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih sangat mampu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan kelebihan trigliserida hingga mencegah terjadinya arteriosclerosis yang tentunya bisa mengurangi resiko munculnya serangan jantung sampai stroke.

9. Mengkonsumsi tomat

Tomat salah satu sayuran yang bisa Anda olah menjadi jus atau bisa juga menjadi tambahan pada masakan. Tahukah Anda? Ternyata meskipun ukurannya kecil, sayuran ini ternyata mengandung banyak sekali nutrisi yang akan membantu untuk peningkatan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Toronto menyatakan bahwa ternyata tomat sudah sangat terbukti keunggulannya. Kandungan lycopene di dalam tomat sangat mudah di olah, kandungan vitamin C nya juga cukup tinggi dan mampu mencegah terjadinya radikal bebas.

10. Mengkonsumsi tahu

Makanan terakhir yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk Anda makan guna menjaga kesehatan jantung adalah tahu. Kandungan isoflavon di dalam tahu inilah sangat baik, terutama untuk memerangi adanya kolesterol jahat di dalam tubuh yang secara tidak langsung akan menguatkan kesehatan jantung.

Itulah 10 makanan penguat jantung paling direkomendasikan. Untuk pengobatan jantung koroner alami bisa dengan ICP Capsule. Anda bisa memilih makanan di atas, mana yang paling Anda sukai untuk dikonsumsi secara rutin. Baik yang menderita penyakit jantung atau pun tidak konsumsi makanan yang memang sangat baik untuk jantung menjadi keharusan.

😡
☹️
😐
☺️
😍