Resiko Penyakit Jantung Hipertensi

By | April 6, 2018

Penyakit jantung hipertensi atau biasa disebut juga HDD (Hypertensive heart diseases) adalah salah satu istilah yang disebutkan pada kondisi terjadinya komplikasi penyakit jantung secara umum. Mulai dari bagian left verntricel hyperthrophy (LVH), hipertrofi ventrikel kiri (HVK, jantung coroner, aritmia jantung sampai jantung kronis yang diakibatkan karena tekanan darah yang tinggi, baik langsung atau tidak langsung.

Pengaruh Tekanan Darah Pada Jantung

Berikut ini adalah beberap pengaruh hipertensi pada kondisi jantung Anda:

  • Beban jantung yang semakin meningkat

Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi akan menyebabkan beban kerja jantung semakin meningkat. Jika kondisi ini terus saja berlanjut maka akan menyebabkan kondisi penebalan otot pada jantung. Ini karena jantung yang memompa darah malah melawan tekanan yang meningkat pada bagian pembuluh darah yang juga meningkat. Ventrikel kiri akan semakin membesar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung tiap menit juga malah semakin berkurang. Tanpa adanya pertolongan lebih lanjut maka resiko terjadinya gagal jantung akan semakin besar.

  • Resiko jantung iskemik

Hipertensi yang tidak terkontrol juga merupakan salah satu resiko paling besar seseorang bisa menderita jantung dan stroken. Hipertensi akan mengakibatkan seseorang mendapatkan jenis penyakit jantung iskemik atau kondisi penurunan suplai darah untuk bagian otot jantung, akibatnya akan membuat penderita merasakan nyeri pada bagian dada, angina bahkan serangan jantung secara mendadak.

  • Resiko anteroklerosis dan kematian

Kondisi tekanan darah yang sangat tinggi juga akan sangat berpengaruh pada penebalan bagian dinding pembuluh darah. Ini akan mendorong terjadinya anterosklerosis atau adanya peningkatan pada kolesterrol yang nantinya akan terakumulasi pada bagian dinding pembuluh darah. Kondisi tersebut juga akan meningkatkan adanya risioseangan pada jantung serta stroke. Sehingga penyakit jantung hipertensi bisa mengakibatkan kematian secara mendadak karena penyebab serangan jantung.

Baca juga  9 Ciri-Ciri Penyakit Jantung Iskemik (Terlengkap)

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Hipertensi

Anda juga sangat penting mengetahui apa saja sih ciri-ciri atau gejala yang bisa didapatkan oleh penderita jantung karena hipertensi tersebut? Untuk informasi pentingnya, berikut ulasannya:

  1. Penderita akan sering merasakan lelah yang sangat berlebihan dan sangat enggan melakukan aktivitas apapu.
  2. Penderita akan sering mengalami mimisan atau pendarahan pada bagian hidung.
  3. Penderita akan sering mengalami vertigo, kondisi ini disebabkan karena hipertensi yang tidak dapat dikontrol dan sangat tinggi.
  4. Penderita akan sangat sensitive bahkan mudah marah pada hal-hal yang tidak disukai atau kurang bisa mengelola emosi dengan baik, akibatnya hipertensi semakin tidak bisa dikontrol.
  5. Wajah penderita kerap kali menjadi sangat merah.
  6. Beberapa penderita biasanya akan mengalami kondisi detak jantung yang berdebar atau berdetak tidak beraturan.
  7. Pandangan mata penderita kerap kali menjadi sangat kabur atau tidak jelas, apalagi ketika tekanan darahnya semakin tinggi.
  8. Sering buang air kecil
  9. Nyeri pada bagian kepala yang tidak bisa dikendalikan dan sering sekali terjadi.

Gejala di atas juga sering menjadi gejala penyakit jantung pada wanita.

Penyebab Jantung Hipertensi

Sementara itu, berikut adalah beberapa penyebab sakit jantung karena hipertensi:

  • Faktor jenis kelamin
  • Sangat kurang dalam berolahraga
  • Pola makanan yang sangat buruk
  • Faktor usia tua
  • Faktor keturunan
  • Stress yang sangat berlebihan

Akibat Penyakit Jantung Hipertensi Bagi Kesehatan

Selain berpengaruh pada kondisi jantung itu sendiri, penyakit jantung yang disebabkan karena hipertensi juga akan mempengaruhi kesehatan, diantaranya:

  1. Kerusakan pada bagian pembuluh darah

Karena hipertensi atau tekanan darah yang sangat tinggi terus saja terjadi, hal tersebut bisa menambah beban pada bagian pembuluh arteri dengan perlahan. Akibatnya arteri malah akan mengalami proses pengerasan dan bentuknya menjadi kaku dan tebal, karena itulah tingkat elastisitanyapun akan semakin berkurang. Penyakit ini juga akan mendorong adanya plak pada bagian arteri coroner atau biasa disebut arterioklerosis, hal ini akan menyebabkan peningkatan pada bagian resistensi di aliran darah yang saat gilirannya akan menambah pada kenaikan tekanan darah. Dengan begitu, sudah sangat jelas bahwa hipertensi akan menyebabkan resiko PJK menjadi semakin berat. Baca juga pengobatan jantung koroner

  1. Terjadinya stroke
Baca juga  5 Cara Pencegahan Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Lakukan

Stroke merupakan salah satu kondisi kelumpuhan pada tubuh, baik hanya sebagian atau secara keseluruhan. Kondisi ini diakibatkan terganggunya aliran darah pada pembuluh arteri yang menuju ke bagian otak. Sementara itu dalam sebuah penelitian National Stroke Assosiation yang ada di USA menjelaskan:

  • Suplai darah pembuluh arteri dan cabangnya ke otak: Pada tiap arteri akan memberikan suplai pada area tertentu di otak. Namun ada beberapa tempat di otak yang juga disuplai darah dari beberapa arteri saja.
  • Otak manusia dibagi menjadi beberap bagian: Tiap bagian otak manusia nantinya akan mengontrol pergerakan dan sebagai fungsi sensor. Jika kondisi ini mengalami kerusakan akibat stroke, ada bagian tertentu yang tidak bisa bergerak atau dinamakan juga paralis, beberapa orang bahkan akan kesulitan saat berbicara dan hilang koordinasi tubuhnya. Sementara untuk plak yang timbul di bagian arteri yang mengganggu proses suplai darah ke otak juga akan mengakibatkan kondis stroke. Plak tersebit ada karena kolesetrol di dalam arteri yang semakin menumpuk.
  • Gagal jantung: jika tekanan darah semakin tinggi dan dibiarkan tanpa adanya perawatan maka jantung harus melakukan pemompaan semakin berat untuk mendorong ke arteri. Lama kelamaan ini akan menyebabkan otot jantung menebal.

Itulah pembahasan mengenai resiko penyakit jantung hipertensi baik untuk jantung atau kesehatan lainnya. Untuk info penyakit jantung dan pembuluh darah bisa dilihat di icpcapsule.net website resmi ICP capsule. Akar permasalahan kondisi penyakit ini sudah sangat jelas, yaitu dari tekanan darah yang tidak bisa dikontrol dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda hindari resiko-resiko yang akan membuat tekanan darah semakin tinggi, kontrol juga emosi agar hipertensi tidak datang secara mendadak.

Baca juga  6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Paling Ampuh
😡
☹️
😐
☺️
😍