Penyakit Jantung Tiroid – Pengertian, Penyebab dan Gejala

By | April 12, 2018

Penyakit Jantung Tiroid – Tiroid merupakan kelenjar memproduksi hormone tiroksin, letaknya ada dibagian leher. Manfaat dari hormone tiroksin sendiri adalah untuk bisa membantu mengatur kinerja pada sel tubuh manusia. Namun kinerja pada kelenjar tiroid yang terlalu berlebihan dan juga kekurangan malah akan menyebabkan adanya masalah pada kesehatan, salah satunya adalah masalah yang terjadi pada jantung atau disebut juga penyakit jantung tiroid.

Pengertian Penyakit Jantung Tiroid

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu tiroid, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa penyakit jantung tiroid merupakan gangguan atau adanya kelainan yang terjadi pada jantung karena kinerja tiroid serta hormone tiroksin yang diproduksi. Apabila saat melakukan proses produksi hormone yang dihasilkan terlalu sedikit, maka hal tersebut malah akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti penyakit hipotiroid, kondisi yang akan mengakibatkan detak jantung semakin mengalami penurunan. Sementara beberapa penyakit lain yang juga akan muncul, diantaranya kolesterol, peningkatan pada jumlah cairan yang ada disekitar jantung dan hingga menyebabkan gagal jantung.

Baca juga: penyebab sakit jantung

Lalu apa yang terjadi jika mengalami kondisi sebaliknya? Jika ternyata kelenjar tiroid memproduksi terlal banyak hormone maka hal tersebut akan memicu terjadinya hiperteroid yang mengakibatkan detak jantung semakin cepat, mengakibatkan adanya palpitasi hingga menyebabkan detak jantung yang semakin tidak teratur atau disebut juga fibrilasi atrium (salah satu jenis penyakit aritmia pada jantung).

Penyakit tersebut cukup sering terjadi, walaupun tidak semua orang bisa menyadari akan bahayanya. Penyakit ini juga bisa menyerang semua usia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa dan lanjut usia, dan juga semua jenis kelamin baik laki-laki atau perempuan. Kenapa penyakit ini sangat berhubungan sekali dengan hormone tiroksin? Ini karena hormone tersebut yang mengatur adanya konsumsi oksigen di dalam tubuh yang bisa membantu peningkatan pada metabolisme tubuh sehingga bisa membuat jantung penderita mendapatkan beban yang lebih banyak dan harus bekerja lebih keras lagi.

Baca juga  Cara Mengatasi Serangan Jantung Yang Membahayakan

Penyebab Jantung Tiroid

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa penyebab paling utama seseorang bisa menderita kelainan jantung tiroid sudah jelas karena adanya gangguan pada produksi hormon oleh tiroid. Hormon tersebut juga akan sangat erat kaitannya dengan metabolisme di dalam tubuh, kinerja intropik, kinerja kronotropik dan juga pemintasan pada arteri vena. Kelebihan dan juga kekurangan hormon tersebut akan menimbulkan penyakit yang berbeda apalagi tubuh manusia memerlukan hormon yang berbeda-beda.

Baca juga: gejala penyakit jantung pada wanita

Jika ternyata tubuh sedang membutuhkan hormone banyak namun ternyata kelenjar tiroid tersebut tidak bisa menghasilkan hormonnya sesuai dengan kebutuhan maka malah akan menyebabkan penyakit pada tubuh, begitupun sebaliknya.

Selain dari hormon, penyebab lain dari penyakit jantung tiroid adalah karena grave’s diseases, struma nodosa, struma multinoduler, tumor trofoblastik karena produksi human chorionic gonadotropin yang terlalu berlebihan dan juga mestase karsinoma tiroid folikular. Sementara itu sumber lain juga menjelaskan bahwa ternyata proses sirkulasi darah yang tak teratur bisa memicu jantung tiroid dan adanya gangguan pada plak, pembekuan saluran darah serta penyempitan pada kapilar darah.

Ada juga penyebab lain yang dihubungkan dengan kebiasaan buruk, yaitu karena merokok, pola hidup yang buruk, kurang dalam aktivitas olahraga sampai kurangnya konsumsi makanan yang mengandung nutrisi. Itulah kenapa olahraga menjadi anjuran bagi mereka yang mengalami gangguan pada jantung, namun tentunya olahraga yang ringan dan tidak memberatkan kinerja jantung ya.

Gejala Penyakit Jantung Tiroid

Semua penyakit tentunya mempunyai gejala atau ciri-ciri khusus yang dapat dianalisa apakah seseorang menderita gangguan karena kondisi tertentu, apakah gangguan tersebut membahayakan atau tidak? Dengan gejala Anda juga bisa dengan mudah menyampaikan pada dokter mengenai keluhan yang Anda alami. Begitu juga dengan penyakit jantung tiroid, tentunya sebelum Anda bisa menyadari penyakitnya pasti akan ada gejala yang timbul baik 1 minggu sebelum terjadi atau bisa juga lebih lama lagi. Gejala tersebut diantaranya:

Baca juga  10 Ciri-Ciri Jantung Lemah Yang Harus Anda Waspadai

Baca juga: penyebab serangan jantung

  • Terjadinya pulsasi pada bagian ujung jari
  • Pembengkakan pada jantung dengan gejala sesak dan nyeri pada jantung
  • Mengalami gangguan irama pada jantung, seperti fibrilasi atrium dan tarikardia
  • Bisi sistolik yang terkadang muncul
  • Mengalim pulsus denyut nadi yang terasa nyeri

Selain beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas ada juga gejala umum yang biasanya akan terjadi pada penderita jantung tiroid. Beberapa gejala mirip dengan penyakit jantung pada umumnya, misalnya saja seperti mengalami nyeri pada jantung yang disertai rasa sesak, jantung kerak kali berdebar dengan tidak teratur, mudah mengalami rasa lelah yang tidak bisa dikontrol, nafsu makan yang menurun sehingga mempengaruhi pada penurunan berat badan, terkadang penderita berkeringat dingin, mengalami rasa nyeri pada kepala dan demam.

Beberapa gejala mungkin akan sangat sulit dikenali sebagai gejala dari penyakit jantung tiroid dan hanya dianggap sebagai gejala biasa saja. Sehingga kerap kali penderita akan telat mendapatkan penanganan. Namun, akan lebih baik jika memang saat gangguan tiroid menyerang, Anda langsung mengatasi, segeralah berkonsultasi pada dokter agar bisa mengatasi kondisi Anda dengan cepat dan tepat.

Perlu Anda ingat bahwa pengaruh asupan makanan dari luar tubuh menjadi sangat berpengaruh pada kondisi tersebut. Sehingga sejak dini dan sebelum terlambat sebaiknya Anda bisa menjaga asupan makanan, hindari makanan yang malah akan memberikan efek buruk pada tubuh. Karena kesehatan itu ibaratkan investasi untuk usia tua nanti, jika tidak bisa dijaga, maka Anda sendiri yang harus menanggung akibatnya.

Itulah pembahasan mengenai penyakit jantung tiroid dari mulai penyebab dan gejalanya yang sangat penting Anda ketahui agar tidak mendapatkan bahaya penyakitnya dengan terlambat. Ada obat jantung herbal terbaik yang dapat mengobati semua masalah jantung, yaitu ICP CAPSULE herbal alami yang sudah teruji secara klinis dapat mengatasi semua penyakit jantung tanpa operasi dan tanpa efek samping.

Baca juga  6 Fungsi EKG Jantung Harus Anda Semua Ketahui
😡
☹️
😐
☺️
😍