4 Pertolongan Pertama Serangan Jantung Paling Penting

By | April 14, 2018

Pertolongan Pertama Serangan Jantung – Selamat datang di website kesehatan jantung icpcapsule.net membahas beragam informasi terbaru seputar jantung. Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya, dan selain itu serangan jantung adalah penyebab nomer 1 kematian di Indonesia. Oleh karena itu tentu saja akan sangat berbahaya jika kita tidak mengetahui penyakit jantung.

Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai informasi tentang penyakit serangan jantung sehingga Anda bisa melakukan pertolongan pertama serangan jantung jika ada orang di sekitar Anda yang mengalami serangan jantung. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa Anda mengerti dengan baik. Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah infromasi lengkapnya untuk Anda :

Gejala serangan jantung

pertolongan pertama serangan jantung

Untuk mengetahui bagaiamana cara pertolongan pertamanya maka tentu saja terlebih dahulu Anda harus tahu infromasi mengenai beberapa gejala atau ciri jika seseorang mengalami serangan jantung ya. Karena jika Anda saja tidak tahu infromasi mengenai apa gejalanya maka mana mungkin bisa mengetahui apakah itu gejala serangan jantung atau bukan? Maka dari itu perhatikan dahulu mengenai gejala-gejala jika mengalami serangan jantung :

  • Keringat dingin

Anda harus bisa melihat gejala seseorang mengalami serangan jantung dari fisiknya ya. Salah satu gejala dari orang yang mengalami serangan jantung adalah orang itu akan mengalami keringat dingin. Jika keluar keringat dingin setelah beraktifitas maka bisa jadi itu adalah gejala utama orang akan mengalami serangan jantung.

  • Nyeri pada dada

Gejala kedua yang harus Anda perhatikan adalah, orang yang mengalami serangan jantung secara tiba-tiba adalah akan merasakan nyeri pada dada. Perhatikanlah, jika tiba-tiba saja ada orang di sekitar Anda yang menyentuh dadanya dan mengeluh merasakan nyeri yang hebat maka bisa jadi ia memang sedang mengalami serangan jantung ya. Terlebih lagi jika memang mereka disertai gejala seperti keringat dingin dan juga wajah yang berubah.

  • Rasa mual
Baca juga  5 Cara Pencegahan Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Lakukan

Tidak hanya nyeri dan juga keringat dingin saja yang muncul, bahkan gejala dari serangan jantung itu bisa muncul beberapa hari sebelum serangan yang sesungguhnya itu terjadi. Orang yang mengalami gejala serangan jantung itu juga bisa mengalami gejala seperti mual dan muntah ya. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang mengeluh juga mengalami sakit perut ketika mengalami serangan jantung.

  • Kelelahan

Sebenarnya gejala dari serangan jantung itu banyak sekali ya. Salah satu gejalanya adalah rasa kelelahan yang berlebihan dan juga tidak biasa. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengeluh merasa kelelahan secara tidak wajar misalnya saja mereka merasa lelah walau tidak mengerjakan aktifitas yang berat maka itu bisa jadi merupakan tanda jika mengalami serangan jantung. Jadi jangan menyepelekan rasa lelah itu ya. Bisa jadi itu memang gejala atau tanda jika akan mengalami serangan jantung.

Baca juga : cara mencegah penyakit jantung

Pertolongan pertama serangan jantung

Setelah Anda semua mengetahui informasi tentang apa saja gejala atau tanda jika mengalami serangan jantung maka kali ini kami akan memberitahukan infromasi kepada Anda mengenai pertolongan pertama apa yang harus Anda lakukan jika ada orang di sekitar Anda. Sehingga Anda bisa membantu mereka, berikut ini adalah infromasi yang bisa kami berikan untuk Anda :

  1. Menghubungi nomor darurat

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Jika ada orang di sekitar Anda yang mengalami serangan jantung maka jangan biarkan saja ya, karena jika Anda membiarkannya menunggu selama 5 menit saja maka bisa fatal dan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu kami sarankan untuk segera menghubungi nomor darurat medis di daerah Anda. Atau jika tidak kami menyarankan supaya Anda menyimpan nomor kerabat terdekat sehingga bisa menghubungi jika sewatku-waktu terjadi serangan jantung.

  1. Mengkonsumsi aspirin
Baca juga  5 Penyebab Serangan Jantung Yang Paling Membahayakan

Jika Anda sendiri adalah penderita penyakit jantung atau mungkin orang atau kerabat yang Anda kenal mengalami penyakit jantung maka kami sarankan untuk selalu membawa aspirin kemana-mana ya. Bagi Anda yang tidak alergi dengan obat aspirin maka salah satu langkah yang tepat ketika Anda mengalami serangan jantung secara mendadak adalah dengan mengunyah atau menelan aspirin karena bisa membantu untuk meredakan gejala serangan jantung. Anda bisa menyarankan orang terdekat Anda untuk menelan aspirin sebelum pertolongan datang. Setidaknya dengan menelan aspirin maka gejala dan sakit serangan jantung itu akan berkurang ya.

Baca juga : Jenis jenis penyakit jantung

  1. Mengkonsumsi nitrogliserin milik sendiri

Tips ketiga untuk mengatasi serangan jantung adalah dengan mengkonsumsi nitrogliserin milik sendiri. Jika Anda pernah mengalami penyakit jantung atau punya riwayat mengalami serangan jantung maka biasanya dokter akan memberikan Anda resep nitrogliserin. Jika Anda merasakan gejala serangan jantung maka kami sarankan supaya Anda mengkonsumsi nitrogliserin yang sudah diresepkan oleh dokter sebelum mendapatkan pertolongan pertama. Jangan sampai mengkonsumsi nitrogliserin milik orang lain karena itu bisa membahayakan Anda sendiri karena resep yang diberikan oleh dokter pasti berbeda ya.

  1. Melakukan CPR

Jika orang lain mengalami serangan jantung dan kemudian mereka sampai tidak sadarkan diri maka kami sarankan supaya Anda memberinya CPR. Jika Anda bisa maka mungkin lebih baik untuk memberi mereka CPR. CPR adalh metode untuk memberikan penekanan dada sekitar 100 per menit. Tentu saja Anda harus belajar mengenai cara melakukan CPR yang baik dan benar ya. Selain itu jangan pernah untuk meningglkan penderita sendirian ketika ia mengalami serangan jantung.

Baca juga : Angina pektoris

Nah itulah infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai pertolongan pertama serangan jantung yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

Baca juga  Ciri2 Penyakit Jantung Lemah dan Koroner
😡
☹️
😐
☺️
😍