5 Tanaman Obat Jantung Koroner

By | April 10, 2018

Jantung koroner merupakan salah satu dari berbagai macam jenis penyakit jantung yang dapat menimpa siapa saja. Kondisi ini akan menyebabkan adanya penumpukan plak pada arteri koroner, akibatnya akan semakin menghalangi distribusi oksigen yang masuk ke dalam otot jantung. Gejala umum yang biasanya akan dirasakan oleh penderita jantung koroner adalah detak jantung yang tidak beraturan serta serangan jantung. Mengatasi kondisi ini bisa dengan perawatan medis, namun jika Anda ingin menggunakan perawatan alami atau tradisional, Anda bisa mengkonsumsi tanaman obat jantung koroner berikut ini.

1. Olahan daun sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi sehingga bisa membantu meringankan kerja jantung dan merawatnya. Kandungan di dalam daun sirsak yang sangat bermanfaat untuk jantung, diantaranya protein, fruktora, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin B, vitamin A dan juga senyawa tannin.

Baca juga : obat tradisional jantung berdebar

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk mengolah ramuan daun sirsak adalah 10 lembar daun sirsak yang tua dan 300 ml air bersih. Cara pembuatan nya, pertama Anda bisa mencuci bersin daun sirsak nya, kemudian merebus dain sirsak menggunakan 300 ml air yang sudah disiapkan. Jika sudah mendidih, Anda bisa menirskan sebentar hingga hangat, kemudian menyaring air rebusan nya agar daun nya tidak ikut terbawa. Selagi masih dalam keadaan hangat Anda bisa mengkonsumsi nya dengan rutin, sehari minimal 2 kali, pada pagi dan sore hari.

2. Olahan bawang putih

Bawang putih tentunya sudah tidak asing lagi. Ini merupakan bumbu yang biasanya tersedia di dapur dan dijual di pasar tradisional sampai supermarket. Bawang putih dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, memberikan efek anti bakter, anti kangker, anti jamur dan mengatasi masuknya kolesterol jahat ke dalam tubuh. Sementara kandungan yang dipercaya bisa mengatasi jantung koroner diantaranya, sulfur dan zat alliin.

Baca juga  8 Obat Jantung Bocor Alami Paling Ampuh

Bahan yang perlu Anda siapkan untuk mengolah bawang putih adalah 1 siung bawang putih dan ½ gelas air matang. Cara pengolan nya, pertama Anda bisa memarkan bawangnya, kemudian memblender menggunakan ½ gelas air, Anda bisa meminumnya dengan rutin beserta ampas-ampasnya. Sebenarnya jika Anda punya cara lain untuk mengolah bawang putih seperti memakannya langsung atau mencampurkan dengan kecap juga tidak apa-apa, asalkan tidak diolah dengan cara digoreng saja ya.

Baca juga: makanan penguat jantung

3. Olahan temu putih

Tanaman obat tradisional untuk jantung koroner selanjutnya adalah temu putih atau curcuma zedoaria chrism. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk pembuatan bahan dasar parfum, pewarna alami pangan dan juga campuran obat. Sementara untuk kandungannya, temu putih memiliki kandungan turunan dari Guaian, Gemakra, , seskuiterpena furanoid. Kandunagn tersebut sangat baik mengatasi jantung koroner dan berbagai macam penyakit lainnya seperti kangker, kista, dan gangguan pada pencernaan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan rimpang diantaranya, 10 gram rimpang temu putih, 15 gram rimpang temu hitam, umbi daun dewa sebanyak 30 gram dan 3,5 gelas air putih. Cara pengolahan nya, pertama cucila semua bahan. Kemudian iris temu putih dan juga temu hitam. Masukan semua bahan ke dalam panci, kemudian rebuslah menggunakan 3,5 gelas air. Tunggulah sampai mendidih dan hanya menyisakan air setengahnya saja. Tiriskan tunggu hingga hangat baru Anda bisa mengkonsumsi nya.

4. Olahan sambang darah

Pernah mendengar nama tanaman sambang darah? Mungkin sebagian orang masih sangat jarang mendengarnya terutama yang jarang menggunakan obat tradisional. Sambang darah sebenarnya nama lain dari daun remek daging. Ini merupakan obat tradisional namun juga bercun pada bagian getahnya. Bagian getah sambang darah biasanya hanya digunakan untuk ikan. Sambang darah sendiri dipercaya sangat bisa mengatasi jantung coroner dengan alami. Kandungan di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan, diantara nya seperti senyawa tannin, asam behenat, asam palmat, excoecariodes A, B, & C, asam sterat, asam shikimat, triterponoid eksokarol, excoecariodes A dan B yang berguna untuk membunuh parasite dalam tubuh serta penghilang gatal, dan hemostatis.

Baca juga  7 Gejala Pembengkakan Jantung yang Wajib Diwaspadai

Bahan yang perlu Anda sediakan untuk membuat ramuan nya adalah 15 lembar daun sambang darah dan 3 gelas air putih. Cara pengolahan nya, pertama Anda bisa mencuci bersih daun nya, kemudian memotong kecil dan merebus nya menggunakan 3 gelas air yang sudah disediakan. Tunggu hingga mendidih lalu saring lah airnya agar daun nya tidak terbawa. Tunggu sampai terasa hangat baru Anda bisa mengkonsumsi nya. Sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur.

5. Tebu hitam

Tebu sebenarnya sudah sangat terkenal, namun jenis tebu hitam berbeda dengan tebu biasanya yang pada umumnya selalu dimanfaatkan untuk pemanis alami. Beberapa kandungan yang bermanfaat di dalam tebu hitam diantaranya, senyawa octacosanol atau sejenis alkohol yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan menghambat terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan tebu hitam, diantanya: ½ genggam akar pada tanaman tebu hitam, 1 tuah pada tebu hita, biki kemukus 11 buah saja, 1 bongkah gula dan air putih 3 gelas.

Baca juga: obat tradisional penyakit stroke

Cara pengolahan nya: pertama, Anda bisa mencuci semua bahan yang sudah disiapkan kecuali gula batu, kemudian potonglah akarnya menjadi kecil, rebuslah semua bahannya sampai hanya tersisa 1 gelas air saja, biarkan sampai dingin kemudian saringlah airnya dan masukan ke dalam gelas. Selesai, Anda bisa mengkonsumsi nya.

Itulah 5 tanaman obat jantung coroner yang bisa coba Anda olah sendiri di rumah.

😡
☹️
😐
☺️
😍